Tips Mengobati & Menghilangkan Ketombe pada Kucing

Ketombe pada kucing adalah kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering dan gatal. Hal ini dapat diobati secara efektif dengan pengobatan yang sederhana. Hewan seperti kucing juga rentan terhadap kondisi kulit berketombe. Ketombe pada kucing juga menjadi masalah besar bagi pemilik kucing. Kulit yang kering dan terkelupas sering berbentuk bintik-bintik putih. Menemukan penyebab ketombe adalah langkah yang paling penting dalam menyembuhkan masalah ini. Setelah itu, dokter hewan dapat memutuskan pengobatan yang tepat untuk mengobati infeksi kulit ini. Ketombe merupakan salah satu masalah kesehatan pada kucing yang memerlukan perhatian medis segera. Perubahan perilaku pada kucing dapat dilihat karena timbulnya masalah kulit ini. Dalam kondisi ini, kucing biasanya menghabiskan sebagian besar waktu untuk menggaruk kulit.

Mengobati kucing berketombe

Masalah kulit kering pada kucing dapat diatasi dengan bantuan humidifier. Hanya dengan memasang humidifier di rumah, hal ini dapat berguna untuk melembabkan kulit kucing. Hal ini memang dapat membantu untuk menghilangkan ketombe. Selain itu, menyikat bulu menggunakan sikat atau sisir yang lembut juga akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan memungkinkan pemiliknya untuk mengangkat sel kulit kering.

>>  Perilaku Kucing yang Bermasalah


Terjadinya masalah kulit ini sering dikaitkan karena gizi buruk. Makanan kucing tanpa nutrisi penting merupakan penyebab utama dari masalah ketombe. Memberi makan hewan peliharaan anda sehari-hari dengan makanan kualitas tinggi dapat menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi ketombe pada kucing. Ikan kaleng tuna yang tinggi asam lemak omega 3 adalah pilihan yang paling bagus tapi juga mahal bagi kucing. Komsumsi ikan tuna setiap hari dapat membersihkan ketombe dalam waktu singkat. Pola makan yang kekurangan asam lemak omega 3 sering menyebabkan ketombe pada kucing. Banyak dokter hewan juga menyarankan untuk memasukkan suplemen seperti minyak ikan dalam diet untuk menghilangkan ketombe. Perubahan diet pasti dapat membantu untuk memperbaiki bulu-bulu kucing agar sehat. Makanan kering juga dapat menyebabkan ketombe. Jadi pastikan bahwa kucing anda juga mendapatkan makanan yang memiliki kadar air yang cukup.

Kucing berketombe juga dapat disebabkan karena adanya parasit. Jika kulit kucing terinfeksi oleh parasit ini, anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menemukan solusi tepat. Kulit kering pada kucing juga dapat disebabkan dari sinar ultraviolet berlebihan. Untuk menghilangkan masalah yang disebabkan oleh sinar UV yang merusak, pastikan bahwa hewan peliharaan anda tetap berada dalam ruangan, ketika matahari berada pada puncaknya.

Dapat diamati bahwa biasanya ketombe pada kucing mempengaruhi pangkal ekor, pantat atau punggung bawah. Kucing dengan kelebihan berat badan merasa sulit untuk menjangkau daerah-daerah tertentu untuk membersihkan kulit mereka. Oleh karena itu, hal ini dapat menyebabkan ketombe. Dalam kasus seperti itu, kucing harus mengikuti proses penurunan berat badan.

Memandikan kucing terlalu sering tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulitnya. Minyak ini penting untuk menjaga kesehatan pada kulit kucing. Ada beberapa shampoo yang tersedia dan khusus dibuat untuk menghilangkan ketombe pada kucing. Anda bisa memandikan kucing dengan shampoo untuk mengontrol ketombe, tapi pastikan bahwa shampoo dibilas sampai bersih sepenuhnya. Jika sejumlah shampoo tetap pada tubuh setelah mandi, maka dapat menyebabkan kulit kering yang dapat memperburuk masalah. Obat untuk kucing berketombe juga dapat menggunakan minyak pohon teh. Sifat-sifat penyembuhan minyak ini memungkinkan untuk mengobati berbagai kondisi kulit yang terkait dengan kucing. Sebelum menggunakannya, minyak harus diencerkan terlebih dulu agar aman. Pengobatan ini membantu untuk menghilangkan perasaan gatal dan mengurangi gejala ketombe.

Ini adalah beberapa pengobatan yang efektif untuk mengobati ketombe pada kucing. Pada kebanyakan kasus, makanan yang kaya nutrisi seperti asam lemak omega 3 dapat menjadi solusi untuk masalah kulit.

 
  Incoming Keywords: mengatasi ketombe pada kucing, Pangkal ekor kucing berketombe, bulu kucing ada bintik putih, cara menghilangkan kutu atau ketombe pada kucing, cara menghilangkan ketombe pada kucing, cara menghilangkan ketombe kucing, cara menghilangkan bintik hitam di bulu kucing, cara alami menghilangkan ketombe yang berjalan pada kucing persia, bulu putih putih pada kucing, tips cara menghilangkan ketombe pada sapi

,

Comments are closed.