Penyebab Insomnia dan Efeknya Terhadap Kesehatan

Apakah anda termasuk orang yang menderita insomnia? Artikel berikut ini adalah informasi tentang penyebab insomnia dan efeknya terhadap kesehatan.

Tubuh kita memiliki cara sendiri untuk membuat pola tidur yang teratur. Saat malam tiba, baik tubuh ataupun pikiran bekerja bersama-sama untuk menginduksi tidur. Setiap kali ritme sirkadian ini terganggu, maka dapat menyebabkan insomnia. Karena tubuh kita membutuhkan tidur yang cukup untuk memperbaiki dan meremajakan diri, kekurangan tidur atau insomnia memiliki efek buruk pada kesehatan. Kurang tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Banyak sekali penyebab insomnia dan efek buruknya terhadap tubuh. Efek insomnia bervariasi tergantung pada seringnya kurang tidur.

Jenis insomnia

Insomnia adalah suatu kondisi medis yang dapat menyerang siapa saja. Meskipun sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami serangan singkat dari insomnia, gejala kurang tidur biasanya menghilang ketika hal yang menyebabkan masalah tidur teratasi. Insomnia dapat dikategorikan ke dalam insomnia primer dan sekunder. Ketika kurang tidur tidak terkait dengan kondisi medis yang mendasari, maka ini disebut dengan insomnia primer. Ketika insomnia berhubungan dengan kondisi medis lain atau faktor-faktor yang dapat diidentifikasi, maka ini disebut dengan insomnia sekunder.

Penyebab insomnia dan efeknya

Apakah anda menyadari efek buruk insomnia? Insomnia selalu mengalami susah tidur di malam hari. Bangun di malam hari dan tidak bisa tidur dengan cepat mempengaruhi kehidupan seseorang dan merugikan. Orang-orang seperti ini merasa mengantuk di siang hari. Tubuh kita membutuhkan tidur yang cukup untuk meremajakan diri, kurang tidur menyebabkan kelelahan. Mereka yang menderita insomnia parah merasa sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan mereka di siang hari. Kelelahan, sakit kepala, lekas marah dan kehilangan fungsi mental akan terjadi pada mereka yang menderita insomnia. Tidak cukup tidur juga dapat membuat tertekan. Insomnia primer pada umumnya berhubungan dengan pola tidur maladaptif. Seringkali, siklus tidur akan terganggu karena adanya rutinitas tidur yang tidak teratur. Sedangkan pada insomnia sekunder dapat disebabkan karena beberapa alasan tertentu.

Salah satu penyebab paling umum dari insomnia adalah stres atau masalah psikologis. Mereka yang melalui fase sulit di tempat kerja atau memiliki masalah pribadi sering mengalami kesulitan tidur. Kecemasan dan depresi juga dapat menjadi penyebab insomnia. Banyak kondisi medis juga dapat menyebabkan kurang tidur. Kurang tidur dapat disebabkan karena gangguan tidur seperti sleep apnea. Banyak kondisi medis lain seperti arthritis, hipertensi, asma, dsb, juga dapat mempengaruhi siklus tidur. Nyeri dan ketidaknyamanan fisik yang disebabkan karena masalah kesehatan juga dapat mengganggu siklus tidur. Penggunaan obat-obatan tertentu dan konsumsi kafein berlebihan atau stimulan lainnya, makan larut malam dan bekerja lembur juga dapat menyebabkan insomnia.

Cara mengobati insomnia

Insomnia kronis dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, oleh karena itu, harus diperhatikan dengan seksama. Hal ini sangat penting untuk menentukan faktor yang menyebabkan gangguan tidur ini. Biasanya, gangguan tidur disebabkan karena stres. Jika anda dapat menyelesaikan masalah yang menyebabkan stres, ini dapat membantu dalam mengobati insomnia. Anda harus mencari tahu cara untuk menghilangkan stres. Cobalah teknik relaksasi untuk menenangkan pikiran anda.

Meditasi, latihan pernapasan, terapi musik dan terapi perilaku kognitif dapat membantu dalam menenangkan pikiran yang bermasalah. Tenangkan diri anda sebelum tidur. Cobalah untuk membentuk pola tidur. Jika anda tidak merasa mengantuk, jangan berbaring di tempat tidur sembari memikirkan masalah yang anda alami. Cobalah membatasi waktu yang dihabiskan di tempat tidur hanya untuk di mana anda dapat benar-benar tertidur. Ikuti rutinitas ini sampai pola normal tidur tercapai. Jika sulit tidur disebabkan karena kondisi medis, merawat kondisi kesehatan akan membantu dalam mengobati insomnia juga. Anda dapat mencoba obat herbal untuk insomnia. Konsumsi stimulan atau alkohol sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur dan harus dihindari.

Ini adalah gambaran singkat tentang penyebab insomnia dan efeknya terhadap kesehatan tubuh. Sekarang anda telah mengetahui tentang sebab dan akibat dari insomnia. Menanamkan kebiasaan tidur yang baik akan mendapatkan tidur yang cukup setiap hari. Membuat pilihan gaya hidup yang tepat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dengan baik.

, ,

Comments are closed.