Dampak Buruk Kurangnya Kalium pada Tubuh

Banyak sekali dampak buruk kurangnya kalium pada tubuh kita. Kekurangan kalium atau hipokalemia juga dapat menjadi fatal. Oleh karena itu sangat penting untuk memantau kadar kalium dalam tubuh. Kalium diperlukan oleh tubuh kita untuk kelancaran fungsi otot dan sel, fungsi jantung, kontraksi otot, transmisi saraf, untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan membangun otot, dsb. Ini adalah diuretik alami karena membantu dalam membuang kelebihan natrium dari tubuh melalui urin. Kalium memainkan peran yang sangat penting dalam mempertahankan tingkat cairan, keseimbangan elektrolit dan tingkat keasaman tubuh. Fungsi yang paling penting dari kalium dalam tubuh manusia adalah untuk menjaga tekanan darah dan membantu dalam mentransfer nutrisi. Hal ini juga membantu untuk mengatasi jerawat, alergi, kelelahan, batu ginjal, dsb.

Kalium memainkan peran penting untuk berbagai jenis enzim di dalam tubuh manusia. Dengan kata lain, hal ini membantu dalam pemijahan banyak reaksi kimia. Di samping itu juga diyakini untuk membantu dalam meningkatkan hidrolisis. Karena begitu banyaknya fungsi tubuh, tidak diragukan lagi bahwa kalium penting bagi kesehatan secara keseluruhan, sehingga jika tidak terdapat dalam jumlah yang cukup dapat menghambat fungsi tubuh dan mengakibatkan efek yang merugikan pada kesehatan kita.

Dampak buruk kurang kalium

Kondisi medis di mana tubuh kita gagal untuk mempertahankan jumlah kalium yang diperlukan untuk fungsi sehari-hari yang mengarah ke tingkat rendah kalium dalam darah disebut hipokalemia. Kalium memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, yang kesemuanya pasti akan terpengaruh oleh perubahan dari tingkat mineral ini dalam tubuh. Sementara itu tingkat kalium dalam darah berkisar 3,6-5,2 mmol/ L dianggap normal, sedangkan tingkat kalium di bawah 2,5 mmol/ L dianggap rendah dan memerlukan perhatian medis segera.

Efek buruk dari kurangnya kalium pada tubuh yang terjadi bisa ringan sampai parah. Seseorang yang menderita kekurngan kalium mungkin tidak mengalami sesuatu yang tidak biasa dengan fungsi berbagai organ tubuh pada mulanya. Anda akan bisa melihat dampak kekurangan kadar kalium dalam tubuh dalam bentuk gejala berikut:

  1. Sulit tidur dan lekas marah
  2. Nyeri otot, kelemahan otot dan kram.
  3. Hiponatremia yang disertai dengan kecemasan.
  4. Gangguan transmisi saraf yang berakibat mengalami kebingungan dan delirium.
  5. Kesemutan dan mati rasa di lengan dan kaki.
  6. Aritmia jantung yaitu tingkat abnormal kontraksi otot di dalam jantung.
  7. Masalah kulit terkait seperti kulit kering dan jerawat.
  8. Kehilangan memori sementara atau masalah lain seperti memori lemah, kesulitan dalam konsentrasi, dsb.
  9. Kelumpuhan usus dan paru-paru
  10. Masalah jantung terkait seperti kerusakan jantung.
  11. Peningkatan tekanan darah.
  12. Telinga mengalami kebisingan.
  13. Sistem pencernaan juga bisa terpengaruh dan menyebabkan sembelit.
>>  Buah-buahan Tinggi Kalium dan Menyehatkan

Kekurangan kalium juga dapat mengakibatkan hipertensi, sakit kepala, depresi, dsb. Kekurangan kalium terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otot, kerusakan ginjal, dan kelumpuhan.

Penyebab utama hipokalemia

Seseorang dapat menderita kekurangan kalium karena ekskresi berlebihan kalium atau karena asupan kalium yang rendah. Pada umumnya penyebab utama kurangnya kalium adalah sbb:

  1. Kekurangan kalium karena kurangnya makanan yang kaya kalium dalam makan sehari-hari.
  2. Penggunaan obat yang dapat mengganggu dan menurunkan kadar kalium dalam tubuh.
  3. Penggunaan diuretik dan pencahar berlebihan.
  4. Kelebihan ekskresi kalium  melalui gerakan usus atau urin.
  5. Kehilangan kalium sebagai akibat dari muntah, diare atau berkeringat berlebihan.
  6. Masalah kesehatan seperti ketoasidosis diabetik atau gagal ginjal kronis.

Mengobati hipokalemia

Jika seseorang menderita diare atau kondisi lain yang menyebabkan hipokalemia, maka dia harus dirawat sebelum masalahnya bertambah parah, untuk menghentikan kehilangan kalium berlebih dari tubuhnya. Pada saat yang sama, dokter biasanya juga bisa meresepkan obat untuk meningkatkan kadar kalium dalam tubuh. Pasien mungkin juga diminta untuk mempunyai pola makan seimbang selama berhari-hari untuk memulihkan kesehatan fisik yang berkaitan dengan tingkat kalium dan perannya dalam metabolisme. Larutan elektrolit yang mengandung kalium tinggi akan membantu dalam mengembalikan kadar kalium normal.

Mencegah lebih baik daripada mengobati dan pola makan seimbang adalah kunci untuk mencegah kekurangan kalium. Anda harus menyertakan makanan tinggi kalium, seperti jeruk, pisang, kentang, sereal, daging, anggur, susu, tomat, semangka, kacang-kacangan, yoghurt, bayam, dsb. Sementara itu suplemen kalium dipandang sebagai alat yang ideal untuk mengatasi kekurangan kalium dan kadar kalium yang rendah dalam darah. Namun sebelumnya anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

 
  Incoming Keywords: kekurangan kalium, akibat kekurangan kalium, penyakit kekurangan kalium, fungsI kalium, kalium, kurang kalium, cara mencegah dampak negatif kalium, penyebab kekurangan kalium kumpulan tips, penyakit kalium, kalium rendah

, ,

Comments are closed.