Pengertian Uang Elektronik

Uang elektronik pada dasarnya digunakan untuk mentransfer uang dengan cara yang mudah. Pada saat ini, beberapa dari kita mungkin membayar barang hanya dengan menggesek kartu kredit. Meskipun orang-orang akrab dengan manfaatnya, banyak dari mereka yang tidak menyadari tentang pengertiannya.

Pada beberapa waktu yang lalu, orang pergi ke bank, berdiri dalam antrian untuk mendepositkan atau menarik uang dari rekening bank mereka. Sekarang ini, adalah mungkin bagi siapa saja untuk dapat mengakses uang di rekening bank mereka melalui bantuan komputer. Hal ini dimungkinkan karena nilai moneter saldo bank tersimpan secara elektronik pada komputer bank. Bentuk uang elektronik ini disebut dengan e-cash atau uang digital. Hal ini meningkatkan daya beli dengan menyediakan uang yang dapat tersedia untuk anda 24 × 365. Selain itu, uang digital ini juga dapat dibelanjakan lewat akses online ataupun offline.

Uang elektronik online

Teknologi menggunakan komputer, jaringan area lokal, dan internet untuk melakukan transfer uang yang dibayarkan sebagai imbalan jasa yang diperoleh. Proses ini melibatkan 3 entitas yaitu; pembeli, penjual, dan penyedia layanan. Dengan menggunakan teknologi ini, uang dapat ditransfer secara online maupun offline. Ada organisasi tertentu yang memfasilitasi transfer uang secara aman melalui internet antara penjual dan pembeli. Hal ini memungkinkan seseorang untuk melakukan belanja online dan melakukan transaksi melalui internet sambil duduk di rumahnya, kantor, bahkan di tempat manapun. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga daripada kita harus pergi keluar dan membeli sesuatu.

Penggunaan uang elektronik offline

Jika anda dapat mengingat hari ketika anda sedang antri untuk deposit dana atau menarik uang dari rekening bank anda, maka kemungkinan besar anda tidak menggunakan debit atau kartu kredit. Kartu ini memiliki microchip yang tertanam di dalamnya untuk menyimpan informasi rekening bank pengguna. Setiap kali pengguna menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk membayar pembeliannya, informasi dalam chip diperbarui secara offline. Penggunaan kartu ini telah membebaskan orang dari membawa uang asli. Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga merupakan bagian dari penggunaan uang secara offline dan dapat pula menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk menarik uang.

Keuntungan dan kekurangan uang elektronik

Anda tidak bisa memperlakukan uang elektronik sama halnya seperti uang kertas atau koin. Seseorang dapat meretas dan mentransfer uang dari rekening anda serta mencuri password dan identitas anda. Hal ini adalah kejahatan internet yang melibatkan akun anda mengalami masalah karena kerugian finansial ataupun pencurian identitas.

Dengan menggunakan sistem ini, anda dapat mengakses uang dari mana saja. Namun, teknologi uang digital dapat memberikan anda kerugian. Kerugian dari sistem pembayaran elektronik adalah bahwa uang anda menjadi sia-sia, jika server dari sistem ini tidak dapat diakses dengan mudah. Dalam kasus serangan virus komputer, komputer dapat mengunci dan membuat persentase yang signifikan dari keuangan anda. Tentu saja, kemungkinan terjadi hal semacam ini semakin kecil dan lebih kecil seiring dengan kemajuan teknologi internet yang digunakan.

Jika anda ingin mengetahui sejarah uang elektronik, anda akan tahu bahwa uang elektronik kali pertama digunakan oleh Western Union di tahun 1980-an. Saat ini, konsep uang elektronik telah menjadi begitu berkembang, dan cepat atau lambat hal ini akan menggantikan uang kertas dari perekonomian dunia. Sekarang, kebanyakan dari kita menggunakannya dalam bentuk debit dan kartu kredit. Bersiap-siaplah untuk mendapatkan keuntungan dan kekurangan dari seperti yang kita lakukan dalam setiap setiap sistem. Uang elektronik telah memainkan peran besar dalam dunia keuangan, dan secara perlahan akan merayap ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

 
  Incoming Keywords: uang elektronik, apa yang dimaksud uang elektronik, pengertian e-cash, apa yang dimaksud dengan uang elektronik, pengertian e cash, apa yang dimaksuddegn uang elektronik, yang di maksud uang elektronik, contoh-contoh e-cash, fungsi uang elektronic, pengertian dari elektronic cash

,

Comments are closed.