Kelebihan dan Kelemahan Uang Elektronik

Teknologi uang elektronik dengan merayap cepat menggantikan uang tunai yaitu uang kertas dan uang logam yang kita gunakan sehari-hari. Uang elektronik adalah teknologi yang sangat modern dan cepat berkembang, namun hal ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan.

Uang elektronik seringkali digunakan seiring dengan meningkatnya penggunaan komputer. Western Union memperkenalkan transfer dana elektronik pada tahun 1860 dan ini menandai awal dari sejarah uang elektronik. Pada tahun 1964, sistem reservasi maskapai penerbangan yang didirikan oleh SABRE beroperasi penuh dengan sistem transaksi real time. Saluran telepon yang terhubung ke terminal dipasang di bandara dan pemesanan dilakukan atas dasar kredit, ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pada tahun 1970, semua cabang bank di Eropa yang terkait menggunakan mainframe.

Pada akhir era 90-an, teknologi yang berkaitan dengan uang elektronik seperti cek elektronik dan smart card menggunakan kriptografi untuk mentransfer uang. Dengan adanya e-mail, transaksi uang elektronik mulai mengalami peningkatan. Orang-orang mulai mengirimkan rincian kartu kredit mereka melalui e-mail untuk membeli barang. Kemudian, para pembeli mulai memiliki akun online untuk menghindari biaya transaksi.

Uang elektronik mencakup berbagai transaksi moneter. Uang yang ditransfer dapat menjadi debit ataupun kredit. Uang elektronik ini juga disebut dengan uang digital, yang juga meliputi penggunaan jaringan komputer seperti internet dengan nominal yang tersimpan dalam sistem digital. Kriptografi keuangan dan teknologi yang terkait lainnya termasuk dalam uang elektronik.

Kelebihan uang elektronik

Sistem uang elektronik online yang dioperasikan melalui internet, memberikan kemudahan kepada para pengguna dan bankir. Sistem online dapat diakses melalui internet dari mana saja di dunia. Oleh karena itu, pengguna tidak harus pergi ke bank untuk melakukan transaksi bisnis apapun. Sistem online juga memberikan kemudahan kepada bankir, karena dia tidak harus berhadapan langsung dengan nasabah. Hal ini meningkatkan kecepatan bertransaksi dalam organisasi keuangan. Kelebihan uang elektronik ini dilengkapi dengan akurasi yang sangat baik karena transaksi dilakukan dengan bantuan mesin dan komputer. Tenaga kerja manual yang melibatkan kasir dan staf bank lainnya jadi berkurang.

Para pedagang lokal juga dapat mengakses dan bertransaksi di pasar global. Hal ini dapat dengan mudah dicapai melalui fasilitas belanja online. Keuntungan lain dari belanja online adalah bahwa pembeli bisa sambil duduk di rumah dan membeli barang yang diinginkannya hanya dengan bantuan kartu kredit. Kelebihan lain dari uang elektronik adalah bahwa semua transaksi tersimpan dalam database, sehingga kita tidak perlu mengingat dan bertanya kapan dan untuk tujuan apa kita mengeluarkan uang.

>>  Pengertian Uang Elektronik

Konsep smart card juga mengurangi kemungkinan perampokan. Smart card untuk penarikan seperti kartu ATM juga dilindungi oleh password. Secara keseluruhan, konsep uang elektronik memberikan kemudahan bagi pengguna dalam bertransaksi. Pengguna teknologi uang elektronik tidak selalu harus membawa uang fisik.

Kelemahan uang elektronik

Sistem uang elektronik sangat nyaman, tapi hal ini bukan sistem yang sangat mudah. Sistem uang elektronik online dapat memiliki masalah yang melibatkan akun email dan komputer anda. Fasilitas online dapat juga diretas atau juga dapat terinfeksi virus, jika tidak diberikan keamanan yang memadai. Penjahat yang memiliki pengetahuan yang kuat dari sistem teknologi ini dapat dengan mudah menyalahgunakannya, jika sistem keamanannya tidak handal.

Kartu debit dan kredit membantu dalam mentransfer uang dengan cara mudah dan cepat. Namun, ada beberapa kelemahan uang elektronik. Penipuan dan kegagalan sistem adalah kelemahan yang signifikan dari uang elektronik. Pembajakan rekening bank telah sering terjadi. Kegagalan software dan kehilangan koneksi internet kadang-kadang dapat menyebabkan betapa berbahaya dalam mentransfer uang secara elektronik.

Meskipun ada kelemahan dari uang elektronik, ada langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi malpraktek ini. Perlindungan identitas memainkan peran yang sangat penting dalam sistem kerja uang digital. Untuk melindungi kepentingan pengguna, perlindungan terhadap pencurian identitas telah menjadi fungsi yang paling penting dari penyedia layanan.

Banyak pro dan kontra yang muncul seiring teknologi uang elektronik yang makin berkembang lebih jauh. Uang elektronik telah mengubah teknik bisnis dan perbankan. Uang elektronik telah memungkinkan transaksi terjadi setiap saat dan memberikan fasilitas perbankan kapan dan di mana saja.

 
  Incoming Keywords: kelemahan uang elektronik, kelemahan elekeronik, sejarah uang elektronik, bahaya uang elektronik, dampak buruk uang elektronik, kekurangan non tunai, kelemahan nontunai, kelemahan uang non tunai

Comments are closed.