Keuntungan + Kerugian dari Investasi Bitcoin

B itcoin dapat menjadi sarana investasi yang memberikan banyak keuntungan selama dalam waktu yang tepat, namun, di sisi lain juga dapat menyebabkan kerugian karena kehilangan banyak uang, waktu, dan tenaga. Berikut di bawah ini adalah informasi berguna tentang keuntungan dan kerugian investasi Bitcoin.

Akhir-akhir ini, banyak orang dari seluruh dunia berinvestasi ke dalam Bitcoin dan memanfaatkan Bitcoin untuk bertransaksi. Ada banyak keuntungan dan kerugian dari Bitcoin. Hal ini dapat dikatakan bahwa Bitcoin akan tumbuh dan berkembang lebih lanjut, sehingga dimungkinkan menjadi alat pembayaran e-commerce. Satu hal yang sangat menarik adalah bahwa transaksi tersebut tidak didukung oleh bank sentral dan masih diperdagangkan di pasar bursa serta banyak ditransaksikan di seluruh dunia. Yang perlu diingat, berhati-hatilah karena selama investasi di Bitcoin membawa peningkatan profitabilitas, maka hal itu juga memungkinkan peningkatan risiko. Beberapa keuntungan dan kerugian dari jenis investasi bitcoin adalah sebagai berikut;

Keuntungan Bitcoin

Jangkauan global
Untuk mentransfer uang dalam jarak jauh, anda tidak perlu khawatir karena Bitcoin akan melakukannya untuk anda dengan mudah. Semua yang anda perlukan adalah akses internet, Bitcoin wallet, dan alamat Bitcoin di mana anda ingin mentransfer uang. Bahkan, anda tidak perlu memakai alat pembayaran elektronik lainnya seperti PayPal, Moneybooker, Payza dan segala macam. Anda dapat dengan mudah mentransfer ke rekening pengguna Bitcoin lainnya.

Minimnya sentralisasi otoritas
Tidak adanya otoritas yang terpusat, perantara, atau orang yang terlihat dalam transaksi Bitcoin. Transaksi dilakukan secara langsung melalui jaringan. Bahkan, banyak para pengembang mempromosikan hal ini. Oleh karena itu, ada banyak kebebasan finansial yang terlibat dalam transaksi. Hal ini membuatnya menjadi pilihan populer untuk investasi dengan banyak investor.

Transaksi lebih cepat
Transfer uang terjadi dalam hitungan beberapa menit. Ini tidak harus melalui sistem yang memakan banyak waktu dari lembaga keuangan lainnya. Hal ini memungkinkan para pengguna dengan mudah melakukan diversifikasi modus transaksi.

Anonim
Identitas para pengguna Bitcoin tetap anonim. Sangat disarankan bahwa pengguna membuat alamat baru untuk setiap transaksi dan menyembunyikan alamat IP. Melakukan hal ini tidak akan memungkinkan seseorang untuk melacak alamat IP dan mengungkapkan identitas anda. Salah satu manfaat utama dari Bitcoin adalah bahwa tak seorang pun akan dapat mempertanyakan tentang sumber dana yang digunakan untuk pengadaan Bitcoin.

Transaksi yang aman
Transaksi Bitcoin dijamin aman. Hal ini karena adanya kunci pribadi yang hanya diketahui oleh pengguna tertentu, oleh karena dia yang hanya berhak untuk melakukan pembayaran. Anda dapat yakin bahwa uang anda aman karena Bitcoin menggunakan kriptografi dalam bertransaksi.

Transparansi
Dengan adanya sistem yang transparan, anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah Bitcoin yang dimiliki oleh pengguna tertentu. Anda juga bisa mendapatkan ringkasan dari semua transaksi.

Tidak dikuasai oleh Pemerintah
Bitcoin tidak dimiliki, tidak dioperasikan, tidak diatur oleh suatu pemerintah, dan tidak mengalami perubahan apapun dari akibat dari kegagalan yang dibawa oleh suatu pemerintahan. Jika suatu pemerintahan telah gagal, maka hal ini dapat membawa kehancuran total dari mata uang. Dengan Bitcoin, resiko ini menjadi hilang karena tidak berurusan dengan pemerintah bahkan manipulasi akibat terlalu banyak birokrasi.

Jumlah Bitcoin yang sangat terbatas
Bitcoin telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga jumlahnya tidak akan melebihi 21 juta. Oleh karena itu, pasokan menjadi sangat terbatas untuk permintaan yang tidak terbatas. Ini akan memastikan bahwa harga sebuah bitcoin tunggal tidak akan pernah jatuh melebihi tingkat tertentu. Oleh karena itu, tambahan baru pada Bitcoin dalam kisaran 21 juta tidak akan lebih rendah dari harga yang sudah ada.

Biaya transaksi
Dengan memakai Bitcoin, hanya akan terdapat nol atau jumlah yang sangat terbatas dari biaya transaksi. Ketika anda mentransfer Bitcoin pada orang lain, kemungkinan besar anda tidak akan membayar biaya. Pada umumnya, bank dan lembaga pembayaran lainnya mengenakan biaya untuk memproses transaksi. Bahkan, beberapa pedagang sudah mulai menerima Bitcoin untuk pembayaran karena biaya transaksi yang relatif lebih rendah dibandingkan pembayaran seperti kartu debit atau kartu kredit.

Kerugian Bitcoin


Konsep baru
Konsep cryptocurrency masih relatif baru. Meskipun Bitcoin adalah yang pertama dari jenisnya, namun itu sudah memiliki banyak pesaing. Seiring dengan waktu, ada kemungkinan akan muncul pesaing baru bahkan lebih sukses dari Bitcoin. Tidak banyaknya sejarah untuk memprediksi tren cryptocurrency di masa depan, menungkinkan anda untuk mengambil resiko yang sangat besar dengan berinvestasi di dalamnya saat ini.

Penelusuran
Transaksi Bitcoin tidak mudah dilacak dan sumber dana tidak mungkin diketahui. Hal ini dapat menyebabkan kegiatan ilegal dan kejahatan, seperti memperoleh dan menjual obat-obatan terlarang, senjata, menghindari pajak, penyelundupan, dsb. Hal ini juga dapat digunakan untuk transaksi di pasar gelap sehingga dapat menimbulkan ancaman bagi masyarakat serta perekonomian.

Investasi dengan resiko tinggi
Pada akhir tahun 2013 ini, harga sebuah Bitcoin melejit tinggi bahkan sampai 10 juta rupiah. Inilah yang membuat pemerintah Cina melarang bank dari perdagangan transaksi Bitcoin. Karena Bitcoin tidak diatur oleh pemerintah pusat, maka berada pada resiko yang sangat besar dan juga ketidakstabilan. Nilainya tidak ditentukan oleh otoritas namun berdasarkan kapasitas pembelian dari jaringan. Anda mungkin berakhir dengan kehilangan sejumlah besar uang jika anda membeli dengan harga lebih tinggi.

Transaksi tidak dapat diubah
Anda harus memastikan bahwa anda telah mengirimkan Bitcoin ke alamat yang tepat, karena transaksi tidak dapat dibatalkan setelah konfirmasi diterima. Jika anda ingin membatalkan transaksi, anda dapat melakukannya pada 10 menit pertama saat anda sedang menunggu konfirmasi dari jaringan. Pada kebanyakan kasus, Bitcoin akan memperbaiki kesalahan pengetikan pada alamat, namun bagaimanapun juga, jika anda ditipu oleh pengguna lain karena mengirimkan uang ke alamat yang salah, maka uang anda pasti akan langsung hilang.

Proses yang rumit
Sebagaimana yang telah disebutkan di atas sebelumnya, transaksi tidak dapat dikembalikan kecuali pihak lain memutuskan untuk mengembalikan Bitcoin anda. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa anda memasukkan alamat Bitcoin dengan tepat. Ini berarti bahwa anda harus mempelajari proses transaksi secara menyeluruh sebelum anda mulai menggunakannya. Hal ini akan meliputi membuat wallet baru, alamat terpisah untuk transaksi baru, mengamankan transaksi anda, dan menyembunyikan IP.

Penerima
Bitcoin mungkin saja dapat menjadi mata uang alternatif di masa depan. Akan tetapi, saat ini tidak ada banyak penjual atau pedagang yang akan menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin. Oleh karena itu, orang seringkali masih hanya menggunakannya sebagai investasi.

Kehilangan Wallet
Tidak ada cara untuk mengambil wallet yang hilang. Jika anda kehilangan kunci wallet atau mungkin hard disk komputer di mana anda pernah menyimpannya, sama sekali tidak ada kemungkinan bahwa anda akan dapat mengambilnya kembali. Uang akan tetap terkunci dan tidak akan digunakan untuk setiap jenis transaksi. Hal ini akan membuat harga Bitcoin yang masih akan beredar meningkat.

Batasan di masa depan
Sampai saat ini, Bitcoin tidak tercampuri oleh peraturan atau campur tangan dari badan pemerintah. Oleh karena itu, harganya juga makin yang meningkat. Namun, pada saat pemerintah memulai mengendalikan Bitcoin, maka harga Bitcoin mungkin akan terpengaruh. Jenis intervensi juga dapat menerapkan berbagai macam pajak, meminta sumber keuangan dan mengungkapkan identitas pengguna.

Legalitas
Di sebagian besar negara tertentu, pemerintahnya memutuskan dan mengatur mata uang. Namun, Bitcoin hanya berdasarkan pada jaringan. Hal ini tidak diatur oleh pemerintah. Oleh karena itu, status legalitas Bitcoin tidaklah pasti.

Menurut Market Oracle, pendukung Bitcoin mengatakan bahwa hal ini dapat digunakan di masa depan sebagai alat tukar utama dalam ekonomi pada tingkat global. Hal ini karena Bitcoin menjadi mata uang yang independen, transparan dan membawa revolusi keuangan.

Selain dapat digunakan dengan mudah oleh semua orang di seluruh dunia, Bitcoin juga dapat disalahgunakan untuk tujuan pencucian uang. Namun, akan relatif lebih mudah untuk membawa Bitcoin. Misalnya, anda dapat dengan mudah membawa ribuan Bitcoin pada perangkat mobile tanpa harus khawatir akan pencurian. Sekarang anda telah mengetahui berbagai keuntungan dan kekurangan Bitcoin, jangan lupa untuk menggunakan kebijaksanaan anda dan mencari nasihat keuangan sebelum berinvestasi di dalamnya.

 
  Incoming Keywords: dampak negatif dan positif bitcoin, apa untungnya bitcoin, dampak positif dan negatif bitcoin, dampak positif dan negatif bitcoint, dampak positif negatuf bitcoint, investasi bitcoin, investasi di bitcoin, kelemahan bid coin, penjelasan dampak negatif dan positif dari bitcoin

,

Comments are closed.