Cara Membuat Minyak Zaitun Sendiri di Rumah

M inyak zaitun pada umumnya dibuat dalam unit besar untuk produksi. Namun, minyak zaitun juga bisa dibuat dalam jumlah kecil. Artikel berikut akan memberikan tips dan informasi seputar cara membuat minyak zaitun sendiri di rumah.

Bangsa Yunani kuno menyebut minyak zaitun sebagai cairan emas, dan memang terlihat sedemikian rupa. Minyak zaitun diekstrak dari buah cara membuat minyak zaitunzaitun, tanaman asli dari Basin Mediterania. Minyak ini sangat terkenal, sehingga saat ini terdapat lebih dari 750 juta pohon zaitun telah dibudidayakan di seluruh belahan dunia, terutama untuk dibuat minyak.

Minyak zaitun telah meningkat sebagai konsumsi karena manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Maka itu banyak sekali pembuatan minyak zaitun dalam skala besar. Anda bisa mendapatkan minyak zaitun dari toko atau mencoba membuat minyak zaitun sendiri. Setelah anda tahu bagaimana cara membuat minyak zaitun di rumah, anda dapat selalu yakin akan kemurniannya.

Cara membuat minyak zaitun dengan metode sederhana

Alat dan bahan:

Alat penggiling (millstone)
Zaitun 20 kg untuk 1 galon minyak
Pipa sifon
Alas plastik atau tikar
Drum plastik
Botol dan kayu gabus
Corong
Lap

Cara mengekstrak:

  1. Minyak zaitun dapat diperoleh dari buah zaitun mentah dan matang. Minyak yang diekstrak dari buah zaitun mentah berwarna hijau bening, sedangkan yang diperoleh dari buah zaitun matang berwarna kuning atau keemasan. Jika anda ingin mendapat sifat penyembuhan yang lebih baik, maka gunakan zaitun yang matang.
  2. Jika anda memiliki pohon zaitun di kebun anda sendiri, anda dapat memanen buahnya dengan menekan cabang atau ranting dengan tongkat panjang. Siapkan jaring di tanah sebelum memukul ranting sehingga buah zaitun dapat jatuh di atasnya.
  3. Cuci buah zaitun dengan air untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan daun serta ranting yang melekat pada buah-buahan.
  4. Buat pasta zaitun menggunakan alat penggiling.
  5. Sekarang sebarkan pasta yang diperoleh dari langkah sebelumnya di atas tikar. Pada kondisi ini, jus akan mengalir keluar dari pasta.
  6. Pindah jus ke dalam drum plastik dan diamkan selama 1-2 jam. Minyak sekarang akan memisahkan diri dari air.
  7. Gunakan pipa sifon untuk memindahkan minyak ke dalam wadah lain, dan biarkan dulu sehingga partikel yang tidak diinginkan dapat menetap di bagian bawah.
  8. Tempatkan corong di atas botol dan perlahan-lahan tuang cairan dalam wadah untuk mendapatkan minyak zaitun siap pakai. Bersihkan botol menggunakan handuk dan tutup dengan gabus, simpan di tempat sejuk dan kering.
>>  Manfaat Minyak Lemon

Cara membuat minyak zaitun dengan mesin press minyak

Alat dan bahan:

Zaitun matang 4-5 kg untuk 1 liter minyak
Mesin press kecil
Botol berwarna gelap
Corong

Cara mengekstrak:

  1. Pisahkan ranting dan daun jika ada dan cuci buah-buahan dengan bersih.
  2. Tempatkan zaitun dalam mesin press dan biarkan proses ekstraksi berlangsung.
  3. Minyak akan terkumpul dalam ember yang nanti akan dipindah.
  4. Pindah minyak ke dalam botol menggunakan corong.
  5. Tutup botol dengan gabus dan simpan di tempat yang sejuk jauh dari sinar matahari.

Cara membuat minyak zaitun ini cocok untuk mengekstrak minyak secara alami di rumah karena melibatkan sedikit tenaga kerja. Namun, kita harus menghabiskan sejumlah besar uang untuk membeli kualitas buah zaitun yang baik dan juga mesin press minyak. Minyak yang diperoleh dari buah zaitun sangat berguna. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pelembab atau menuai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dengan menggunakannya sebagai minyak goreng. Jadi sekarang anda telah mengetahui bagaimana membuat minyak zaitun. Berlatihlah beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna untuk menikmati minyak zaitun buatan anda sendiri.

 
  Incoming Keywords: cara membuat minyak zaitun, cara membuat minyak dari tumbuhan, cara membuat minyak zaitun alami, membuat minyak zaitun, cara bikin minyak zaitun, cara daun dijadikan minyak, minyak zaitun terbuat dari bahan apa, bikin minyank saitun, bgaimana membuat minyak zaitun, Bahan pembuat minyak zaitun

, ,

Comments are closed.