Manfaat Minyak Zaitun & Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan telah sangat dikenal di masa ini karena berbagai kegunaannya. Pada artikel ini, anda akan menemukan manfaat minyak zaitun dan efek sampingnya bagi tubuh.

Jika anda melihat pada setiap tabloid kesehatan atau program diet penurunan berat badan, anda akan menemukan betapa pentingnya minyak zaitun manfaat minyak zaitunseperti yang disebutkan di dalamnya. Bahkan, para ahli gizi di seluruh dunia menyarankan orang untuk menggantikan minyak sayur biasa dengan minyak zaitun. Mungkin anda juga pernah menemukan beberapa masker wajah dan rambut yang mengandung minyak zaitun. Hal ini karena ada beberapa manfaat kesehatan yang berhubungan dengan minyak zaitun. Tapi, pada saat yang sama, apakah mungkin juga terdapat efek samping dari minyak zaitun ini? Di sini, kita akan menelaah pada manfaat dan efek samping dari minyak zaitun secara rinci.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Jenis minyak zaitun yang paling populer adalah virgin dan extra virgin yang digunakan dalam berbagai tujuan. Kita semua tahu bahwa minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak, sebagai campuran salad, dan bahkan sebagai saos dalam beberapa resep masakan di seluruh dunia. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun yang membuatnya menjadi salah satu produk terbaik, yang dapat digunakan secara internal maupun eksternal.

  • Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu produk terbaik untuk jantung. Hal ini karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol berlebih.
  • Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung.
  • Selain minyak zaitun membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, secara tidak langsung juga membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Manfaat minyak zaitun lainnya bagi kesehatan adalah membantu dalam menjaga saluran pencernaan. Mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tepat dapat membantu untuk mengatasi sembelit.
  • Penggunaan lain dari minyak zaitun untuk kesehatan adalah untuk membantu dalam melembabkan kulit. Minyak zaitun diiringi dengan pijat secara teratur atau menambahkan minyak zaitun sebagai masker membantu untuk memiliki kulit halus nan lembut.
  • Kegunaan lain dari manfaat minyak zaitun adalah membuat rambut tumbuh sehat. Menggunakan minyak zaitun dapat mencegah rambut rontok dan juga membantu dalam membuat rambut lembut dan mengkilap.
  • Minyak zaitun juga berguna untuk menurunkan gejala diabetes parah, asma, arthritis, dsb. Minyak zaitun juga bermanfaat dalam mencegah kanker usus besar.
  • Menggunakan minyak zaitun untuk kuku pada saat tidur juga merupakan cara terbaik untuk dapat memiliki kuku yang sehat.
>>  Manfaat Minyak Bunga Matahari bagi Kesehatan

Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan juga digunakan untuk memasak, sebagai obat, serta untuk penggunaan eksternal. Akan tetapi, seiring dengan manfaat minyak zaitun bagi tubuh, ada kalanya terdapat efek samping yang terkait dengan minyak zaitun.

Efek samping minyak zaitun

Sebenarnya tidak ada efek samping berat terkait dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Namun, dalam beberapa kasus terdapat gangguan pada beberapa orang. Seperti disebutkan di atas bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tepat dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Sedangkan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka seseorang dapat menderita diare. Kemudian, jika seseorang mengalami alergi terhadap minyak zaitun, orang tersebut mungkin menderita efek samping seperti ruam kulit, setelah menggunakan minyak zaitun secara eksternal maupun internal. Orang yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi juga harus berkonsultasi pada dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsi minyak zaitun.


Memahami tentang manfaat minyak zaitun dan efek samping minyak zaitun akan sangat membantu jika anda ingin beralih pada minyak sehat ini untuk tujuan memasak atau pengobatan. Karena terdapat jumlah manfaat kesehatan yang lebih tinggi daripada efek sampingnya, kita dapat menyimpulkan bahwa menggunakan minyak zaitun jelas merupakan suatu pilihan yang sehat.

 
  Incoming Keywords: manfaat minyak zaitun, efek minum minyak zaitun, efek samping minum zaitun, efek samping minyak zaitun, kegunaan minyak zaitun, mamfaat minyak zaitun, manfaat minum minyak zaitun, manfaat minyak zaitum

, , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

    […] dengan banyak manfaat kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, anda dapat membaca manfaat minyak zaitun untuk kesehatan secara […]