Sejarah Piala Dunia FIFA World Cup

P iala Dunia adalah sebuah kompetisi internasional untuk olahraga sepakbola, di mana terdapat beberapa negara dari seluruh dunia bermain dalam turnamen kejuaraan sepakbola dunia. Sejarah Piala Dunia ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1930, ketika kompetisi pertama diadakan di Uruguay. Sejak saat itu Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali, dan selama delapan dekade terakhir, satu-satunya pengecualian adalah di tahun 1940, dimana turnamen Piala Dunia terhenti akibat berlangsungnya Perang Dunia kedua.

Sejarah piala dunia

Federasi internasional asosiasi sepakbola atau FIFA lahir pada tahun 1904, meski begitu, Piala Dunia diselenggarakan kali pertama setelah 25 tahun. Gagasan kompetisi internasional ini diprakarsai oleh kongres FIFA di bawah kepemimpinan Jules Rimet. Uruguay yang telah memenangkan turnamen sepakbola di olimpiade pada tahun 1924 dan 1928, terpilih menjadi negara tuan rumah penyelenggara Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Piala Dunia yang pertama diadakan pada tanggal 13 Juli-30 Juli tahun 1930. Sebanyak tiga belas negara bermain sepakbola, dari Amerika Selatan terdapat 7 tim, Eropa 4 tim, dan Amerika Utara 2 tim. Turnamen ini dimulai dengan dua pertandingan yang dimainkan secara bersamaan, yang pertama antara Prancis dan Meksiko 4-1, sedangkan yang kedua antara Amerika Serikat dan Belgia 3-0. Gol yang dicetak oleh Lucien Laurent untuk Perancis menjadi gol pertama dalam sejarah Piala Dunia. Pada akhirnya, empat tim berhasil mencapai semi final,  Amerika Serikat, Argentina, Uruguay, dan Yugoslavia. Di semifinal Argentina mengalahkan Amerika Serikat 6-1, sedangkan Uruguay mengalahkan Yugoslavia 2-1. Pada pertama kalinya di final Piala Dunia, Uruguay mengalahkan Argentina dengan skor 4-2, dan menjadi juara pertama Piala Dunia.

Dua kompetisi Piala Dunia berikutnya diselenggarakan di Italia (1934) dan Perancis (1938). Selama periode ini, perjalanan lintas benua merupakan kendala utama yang mengakibatkan rendahnya partisipasi dari negara-negara Amerika Selatan dalam dua Piala Dunia ini. Brazil adalah satu-satunya negara dari Amerika Latin yang berpartisipasi dalam Piala Dunia kedua ini. Kejuaraan dunia yang dijadwalkan pada tahun 1942 dan 1946 ditolak sebagai akibat dari wabah Perang Dunia kedua. Piala Dunia keempat akhirnya diadakan pada tahun 1950 di Brazil. Sejak tahun 1950, FIFA telah berhasil menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun, dan yang terakhir diadakan di Afrika Selatan pada tahun 2010.

>>  Sejarah Sepakbola Dunia Internasional

Sampai saat ini, Brazil telah memenangkan sebanyak 5 dari 19 Piala Dunia sejak 1930. Salah satu fakta yang paling menarik tentang sepakbola Piala Dunia adalah bahwa Brazil merupakan satu-satunya negara yang selalu berpartisipasi pada masing-masing 19 Piala Dunia ini. Kemudian yang kedua adalah Italia, dengan kemenangan 4 kali. Jerman telah memenangkan tiga kali, sementara Uruguay dan Argentina telah memenangkan masing-masing dua kali, disusul oleh Inggris, Perancis, dan Spanyol pernah menang sekali. Brazil juga memegang rekor mencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia, dengan jumlah saat ini 210 gol.

Sepanjang sejarah sepakbola Piala Dunia, tidak pernah ada turnamen yang paling menarik seperti Piala Dunia, dengan pemirsa yang berkisar mulai dari 700 juta orang di seluruh dunia.

 
  Incoming Keywords: piala dunia di lakukan setiap

Comments are closed.