Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Ada banyak hal yang menghambat atau mendukung pertumbuhan tanaman. Hal-hal tersebut tergantung pada sumber-sumber yang tersedia untuk kelangsungan hidup tanaman. Sama seperti tubuh manusia yang membutuhkan gizi, lingkungan, dan berbagai kondisi untuk pertumbuhan, tanaman juga memerlukan kondisi tertentu yang mendorong pertumbuhannya.

Ada beberapa aspek nutrisi tanaman, yang perlu dipertimbangkan agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Nutrisi dasar yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman dibagi menjadi dua kategori utama yaitu makronutrien dan mikronutrien. Berikut adalah informasi tentang faktor-faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman;

Faktor pertumbuhan tanaman

Makronutrien
Ini adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah besar. Ada 6 unsur dalam tanah yang termasuk makronutrien meliputi nitrogen, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan sulfur.

Mikronutrien
Ini adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah kecil. Terdapat 8 elemen yang meliputi boron, zat besi, seng, molibdenum, mangan, klorin, tembaga, dan kobalt.

Air
Sebagian besar tanaman mengandung air sebanyak 90%. Air merupakan salah satu faktor paling penting yang diperlukan dalam pertumbuhan tanaman. Air memainkan peran penting untuk fotosintesis, respirasi, transpirasi, dan transportasi mineral atau nutrisi lainnya.

Pengaruh lingkungan pada pertumbuhan tanaman

Selain faktor nutrisi, ada berbagai faktor lingkungan yang memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Suhu
Suhu merupakan elemen penting yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Suhu yang ideal adalah salah satu prasyarat untuk proses tanaman termasuk fotosintesis, respirasi, germinasi, dan berbunga. Kisaran suhu optimal untuk fotosintesis dan respirasi bervariasi sesuai dengan spesies tanaman dan kebutuhan masing-masing.

Cahaya
Cahaya yang cukup merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Sumber cahaya buatan dapat dimanipulasi untuk menyesuaikan intensitas cahaya. Sedangkan sumber cahaya alami seperti matahari merupakan pilihan terbaik.

>>  Manfaat Daun Pandan Selain untuk Memasak

Kelembaban
Kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman dan didefinisikan sebagai rasio dari uap air di udara. Kelembaban digunakan oleh tanaman dan sangat penting untuk transpirasi tanaman.

Karbondioksida dan Oksigen
Produksi gula oleh tanaman membutuhkan adanya karbondioksida yang merupakan salah satu elemen penting untuk pertumbuhan tanaman. Ini adalah fakta bahwa tanaman dapat menggunakan sebanyak 1500 bagian/ juta karbondioksida. Sementara itu oksigen sangat penting untuk respirasi tanaman dan pemanfaatan produk sampingan fotosintesis.

Tanah
Tanah dengan kelembaban dan keseimbangan yang tepat dari semua mineral dan nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang berperan dalam pertumbuhan tanaman. Jenis tanah, kualitas tanah, dan nutrisi yang diperlukan di dalamnya bervariasi sesuai dengan jenis tanaman.

 
  Incoming Keywords: faktor-faktor yg mempengaruhi pertumbuhan tanaman, faktor mempengaruhi pertumbuhan tanaman, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman faktor iklim, faktor yg p penting untuk pertumbuhan selain kelembapa, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, faktor yang dapat mempengaruhi tumbuhan tumbuhan, faktor pertumbuhan tanaman, Faktor faktor yang menghmbat tananan obat, faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, Faktor faktor mempengaruhi pertumbuhan tanaman

Comments are closed.