Cara Meningkatkan Penjualan Online

Pasar online terus menjadi suasana kompetitif karena semakin banyak orang beralih ke online shop untuk meringkas waktu dan membuat belanja lebih mudah. Jika anda ingin mengetahui cara meningkatkan penjualan online, berikut adalah beberapa tips berguna yang harus anda ikuti:

Cara untuk meningkatkan penjualan online bervariasi dari sumber ke sumber. Masing-masing perusahaan mempunyai keunikan dan panduan ini bertujuan untuk membantu keberhasilan penjualan omset online anda.

Cara meningkatkan penjualan online

SEO
Jika anda menginginkan toko online anda ditemukan dalam pencarian di internet, menggunakan metode SEO merupakan unsur penting untuk bisnis online anda. Menggunakan kombinasi dari internal link, outbond link, deskripsi dan tag header yang efektif, serta penggunaan kata kunci akan membuat situs toko onlincara meningkatkan penjualan onlinee anda naik ke peringkat yang lebih tinggi dalam mesin pencari. Jika anda tidak terlalu familiar dengan hal ini, pertimbangkanlah untuk menyewa spesialis SEO atau setidaknya konsultan internet marketing.

Ironinya, banyak sekali situs-situs online shop yang menduduki peringkat atas di search engine dan mendapatkan banyak trafik tetapi hanya mencapai tingkat konversi yang rendah untuk penjualan via online. Ada banyak kemungkinan dan alasan untuk ini, dari harga dan produk hingga keamanan.

Dalam upaya mendorong pengunjung untuk membeli sesuatu dari website anda, maka anda harus memperhatikan mulai dari letaknya. Navigasi adalah unsur yang sangat penting. Jika seseorang merasa susah dalam mengeksplorasi situs anda dan tidak dapat menemukan apa yang mereka inginkan, mereka akan pergi mencarinya ke tempat lain dan mereka tidak akan kembali ke tempat anda. Jika anda mengandalkan penjualan online, maka anda akan memerlukan situs yang mudah untuk dinavigasi dan menarik pelanggan ke halaman yang tepat. Website anda adalah hal yang paling penting untuk sebuah bisnis online, sehingga sangat penting untuk tidak berhemat pada langkah ini.

Anda harus menjaga semuanya terlihat sederhana, profesional, dan konsisten. Sebagai contoh, anda tidak boleh membuat kesalahan dalam ejaan. Anda juga harus menggunakan nama bagian yang jelas, untuk memberitahu pengguna di mana mereka sebenarnya berada dalam situs tersebut.  Selain itu anda juga perlu untuk meminimalkan CTR homepage. Seluruh proses pembelian harus secepat mungkin. Hal itu termasuk tidak membuat pengguna untuk membeli sesuatu dengan harus memasukkan banyak informasi yang tidak perlu.

Mobile friendly
Karena semakin banyak konsumen memiliki smartphone dan tablet, hal ini dapat membuat atau menghancurkan penjualan online anda. Menurut data yang didapat dari StatCounter, trafik mobile kini mencapai 20% dari semua trafik internet global. Untuk itu, pastikan untuk mengoptimalkan situs anda agar menjadi mudah dinavigasi, menarik, dan “fast loading site” ketika dibuka melalui perangkat mobile. Pertimbangkan untuk membuat aplikasi mobile agar belanja online lebih mudah bagi konsumen lewat mobile.

Media sosial
Pemasaran media sosial adalah salah satu cara meningkatkan penjualan online. Cobalah untuk berinteraksi melalui Facebook, LinkedIn, Twitter dan mendapatkan follower sebanyak mungkin.  Dengan menggunakan media sosial, anda dapat memposting konten setiap hari untuk memberikan informasi pada pengikut anda lebih untuk berinteraksi. Anda juga dapat menggunakan foto untuk meraih lebih banyak perhatian. Hal yang harus diingat bahwa media sosial bukan hanya mengenai posting link dan informasi tentang produk anda. Ini adalah cara untuk melibatkan diskusi dan interaksi antara anda dengan pengikut anda. Pastikan menggunakan media sosial untuk membalas pertanyaan dan komentar dan memberikan sentuhan untuk menciptakan citra yang baik pada pelanggan.

>>  Kesempatan Peluang Bisnis Rumahan

Salah satu cara yang dapat membuat penjualan online anda meningkat adalah dengan membuat kode diskon khusus untuk jejaring sosial tertentu. Misalnya hal sederhana seperti tweet di Twitter tentang “Dapatkan diskon 20% dengan menggunakan kode TWEET20”, akan menyebabkan omset penjualan online anda bertambah.

Beriklan
Beberapa orang mungkin akrab dengan konsep search engine. Namun jika tidak, anda bisa beriklan di Google, yang juga merupakan cara yang efektif untuk mengarahkan trafik ke situs anda.

Email marketing
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa hampir 60% dari konsumen yang menerima email pemasaran lebih cenderung melakukan pembelian. Membuat daftar email adalah kunci untuk membangun hubungan dan mempertahankan kontak teratur dengan pelanggan anda. Anda dapat menyajikan penawaran eksklusif, menampilkan item terbaru dan memberikan informasi kepada pelanggan tentang sesuatu hal yang mampu membuat mereka ingin mengunjungi situs anda dan mulai berbelanja. Cobalah untuk mengirimkan email kualitas tanpa spamming ke inbox mereka.

Pengiriman
Anda wajib untuk memberikan informasi pengiriman yang jelas dan mungkin dapat mencoba untuk menawarkan gratis ongkos kirim untuk jumlah tertentu. Setiap harga tambahan akan tercantum ketika konsumen melihat harga akhir pada keranjang belanja. Akan tetapi jika mereka tahu bahwa mereka hanya perlu menambahkan sedikit uang untuk mencapai pengiriman gratis, maka mereka akan bersedia untuk berbelanja lebih banyak.

Membangun kepercayaan untuk meningkatkan pejualan online

Bisnis online tidak memiliki wajah atau tatap muka langsung dengan pelanggan sehingga anda harus menemukan cara lain untuk dapat menyampaikan fakta bahwa anda dapat dipercaya. Anda harus mencoba untuk mendapatkan akreditasi sebanyak mungkin. Bergabung dengan kelompok bisnis lokal menunjukkan anda adalah bagian dari masyarakat.

  • Keamanan adalah bagian penting dari kepercayaan. Hal terbaik adalah pembayaran anda bekerja dengan sertifikat SSL.
  • Kejujuran dan keterbukaan sangat penting. Jadilah jelas tentang semua biaya dan harga pengiriman, tak seorangpun menyukai biaya tersembunyi. Sertakan rincian lengkap tentang pengiriman. FAQ adalah cara yang baik untuk menjawab pertanyaan pelanggan.
  • Pikirkan tentang target pasar anda. Anda harus selalu ingat kepada siapa anda menjualnya.
  • Pada saat yang sama, anda perlu untuk melacak dan menganalisa website anda dan para pesaing. Tanyakan kepada pelanggan untuk umpan balik, survei pengguna, membangun database dan menghubungi mereka dengan informasi yang relevan dan bukan spam. Cobalah untuk mencari tahu apa yang pelanggan suka dan tidak suka.
  • Menambahkan ulasan dan testimonial memberikan kredibilitas instan bagi konsumen yang membuat mereka memutuskan untuk membeli. Jika konsumen tahu bahwa orang lain juga menyukai suatu produk, kemungkinan mereka akan seperti itu juga.

Ini adalah beberapa cara meningkatkan penjualan online dari sekian banyak cara yang dapat anda gunakan. Dengan menggunakan beberapa tips di atas, anda dapat mulai menarik banyak orang untuk menjadi konsumen loyal.

Comments are closed.