Manfaat Minyak Jahe bagi Kesehatan

Jahe merupakan konstituen penting sebagai bahan dalam pembuatan obat, terutama dalam bentuk minyak esensial. Artikel berikut ini akan menguraikan manfaat minyak jahe bagi kesehatan.

Jahe atau dalam nama latinnya Zingiber officinale, selain dapat digunakan untuk memasak, digunakan juga dalam membuat obat sejak berabad-abad. Minyak jahe diekstrak dari jahe melalui proses penyulingan, menebarkan bau yang kuat dan pedas. Minyak jahe dapat menyatu dengan minyak lainnya seperti pada minyak rosemary, cendana, jeruk, geranium, nilam, kayu putih, murad, neroli, dsb. Karena kandungan dan aroma yang kuat, maka harus digunakan dengan berhati-hati hanya bila diperlukan dan dalam jumlah yang tepat.

Manfaat minyak jahe

Berikut adalah beberapa manfaat minyak jahe untuk kesehatan yang dapat diperoleh;

Jahe mengandung zat zingibain yang memiliki sifat analgesik. Oleh karena itu, menggunakan minyak jahe dapat mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh arthritis, nyeri otot, dan nyeri pada bagian tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan di Cina, jahe terbukti efektif dalam meredakan peradangan pada testis. Menurut pakar aromatherapis, minyak jahe dapat menurunkan prostaglandin, oleh karena itu penggunaan minyak jahe dapat membantu meringankan nyeri pada otot.

Sebuah kepercayaan rakyat Cina menyatakan bahwa konsumsi jahe sangat baik untuk kesehatan jantung, dan karena itu jahe digunakan  dalam berbagai masakan. Hal ini biasanya menggunakan minyak jahe untuk meningkatkan sistem kardiovaskular, mengurangi resiko pembekuan darah dan arteriosklerosis, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Minyak jahe dipercaya dapat meredakan sakit perut, gangguan pencernaan, disentri, diare, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini dapat digunakan sebagai karminatif untuk mengurangi pembentukan gas dan perut kembung. Selain itu jahe memiliki sifat antiseptik, yang berguna untuk mengatasi infeksi usus dan keracunan makanan.

>>  Manfaat Cengkeh Khasiat Minyak Kesehatan

Minyak jahe berfungsi sebagai ekspektoran yang efektif dan berguna untuk meredakan batuk, pilek, asma, bronkitis, dan flu. Ini membantu untuk memecah lendir yang terbentuk di paru-paru dan membersihkan saluran udara serta saluran hidung.

Pijat dengan minyak jahe dicampur dengan minyak esensial lainnya akan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit dan nyeri. Hal ini juga membantu untuk meringankan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Selain itu hal ini juga dapat digunakan untuk mengeluarkan keringat pada kasus demam.

Sifat penyembuhan dari minyak jahe telah diakui dan digunakan sejak zaman kuno, sampai sekarang masih tetap juga terus dikembangkan.

 
  Incoming Keywords: manfaat minyak jahe, minyak jahe

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Jahe bagi Kesehatan & Efek Samping

    […] tetes minyak jahe dalam air hangat akan meredakan […]