Beberapa Kegunaan Akar Jahe bagi Tubuh

Apakah akar jahe mempunyai kegunaan bagi kesehatan secara optimal? Akar jahe mempunyai rasa dan aroma yang khas, dan digunakan sebagai bahan penting dalam mengobati berbagai masalah kesehatan. Mari kita lihat rinci apa saja kegunaan akar jahe bagi tubuh manusia.

Meskipun jahe merupakan tanaman asli Asia sejak beberapa abad yang lalu, saat ini jahe telah dibudidayakan di hampir setiap negara di dunia. Akar tanaman jahe telah digunakan sejak ribuan tahun untuk pengobatan efektif dari gangguan kesehatan fisik dan mental. Pada awalnya akar jahe dibuat sebagai ramuan obat kemudian berkembang dan digunakan sebagai bumbu karena rasanya yang khas. Tanaman jahe tumbuh dengan baik di daerah tropis di mana tanaman ini membutuhkan tanah lembab yang subur untuk pertumbuhan yang tepat. Jahe merupakan bagian dari bahan makanan yang populer dalam masakan Barat dan digunakan dalam membuat kue dan biskuit. Jahe baik untuk banyak hal meliputi peningkatan sirkulasi darah dan obat yang efektif terhadap diabetes. Penelitian masih berlangsung dan para ilmuwan mencoba untuk membuktikan keefektifan jahe untuk masalah fisik dan emosional.

Kegunaan akar jahe

Banyak sekali kegunaan dari akar jahe yang diberikan. Berikut adalah beberapa kegunaan akar jahe;

  • Pada zaman dulu, pelaut Asia menggunakan akar jahe untuk menghindari mabuk laut. Bahkan saat ini, akar jahe adalah salah satu obat yang paling direkomendasikan untuk mengobati mabuk darat. Ramuan akar jahe jauh lebih baik dari semua obat anti mabuk yang membawa efek samping bagi penggunanya.
  • Berbagai universitas fakultas kesehatan mengklaim bahwa dengan meminum 1 cangkir teh jahe setiap hari berfungsi sebagai obat untuk arthritis. Membuat pasta dari akar jahe segar atau menggosok dengan minyak jahe juga merupakan obat yang baik untuk meredakan nyeri sendi.
  • Akar jahe sering digunakan untuk pengobatan dispepsia.
  • Akar jahe mempunyai sifat antispasmodic yang berguna untuk meringankan kram perut pada wanita akibat haid.
  • Akar jahe dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah mual yang timbul akibat kemoterapi, mabuk, operasi dan kehamilan.
  • Mengkonsumsi 4 gram akar jahe setiap hari, baik dalam bentuk bubuk atau ekstrak cair akan mengurangi gangguan pencernaan dan juga membantu mencegah muntah.
  • Akar jahe mengandung senyawa aktif yang disebut gingerol yang digunakan sebagai obat anti kanker dan membantu mengurangi resiko kanker kolorektal.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa akar jahe sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah pada hewan yang menderita diabetes. Meskipun tidak ada tes resmi yang pernah dilakukan pada manusia.
  • Jika seseorang telah melakukan aktivitas fisik berat atau menderita arthritis, menggosokan pasta akar jahe pada sendi berguna untuk meringankan peradangan pada sendi dan menenangkan otot-otot.
>>  Manfaat Minyak Jahe bagi Kesehatan

Wanita hamil harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi akar jahe. Selain itu, hal yang perlu diingat adalah mengkonsumsi jahe hanya dalam jumlah kecil yang tidak lebih dari 4g/ hari.

 
  Incoming Keywords: manfaat akar jahe, akar jahe dimanfaatkan, kegunaaan akar jahe, kasiat akar jahe untuk obat, bagian jahe yang dimanfaatkan, bagian akar jahe kegunaanya, akar jahe dimanfaatkan manusia utk, akar jahe dimanfaatkan manusia untuk?, akar jahe dimanfaatkan manusia untuk, penjelasan akar jahe

,

Comments are closed.