Penyebab Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Sebagian besar dari kita mungkin pernah menangis saat memotong dan mengiris bawang merah. Artikel berikut akan menginformasikan penyebab menangis saat mengiris bawang merah.

Bawang merah merupakan salah satu sayuran tertua yang dikenal oleh manusia. Hal ini digunakan dalam berbagai macam masakan dan resep untuk menambah rasa tertentu. Bawang merah memiliki beberapa sifat obat herbal, yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Bawang merah terbukti efektif untuk mengobati kondisi medis seperti flu, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, dan penyakit lainnya. Bawang merah mengandung bahan kimia yang mengandung zat anti kolesterol, anti inflamasi, antioksidan dan sifat antikanker. Di banyak negara, bawang merah digunakan untuk menyembuhkan bisul dan lecet. Produk yang mengandung ekstrak bawang merah dapat digunakan untuk mengobati luka topikal. Bawang merah juga mempunyai efek menurunkan kadar gula darah, manfaat bagi kardiovaskular, menjaga kesehatan pada pencernaan, memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker dan menjaga kesehatan tulang.

Mengapa bawang merah membuat menangis

Banyak orang menggunakan bawang merah untuk memasak sehari-hari. Anda pasti pernah mengalaminya bahwa anda meneteskan air mata saat memotong bawang merah. Hal ini karena reaksi bahan kimia tertentu yang terdapat dalam sel-sel bawang.

Seperti kebanyakan tanaman lainnya, bawang merah terdiri dari sel-sel. Sel-sel ini dipisahkan oleh sebuah membran menjadi dua bagian. Salah satu sisi membran terdiri dari enzim, sementara di sisi lain berisi molekul yang terdiri dari senyawa sulfur. Ketika anda memotong bawang merah, sejumlah sel bawang merah pecah dan isi dari kedua sisi membran bercampur. Enzim menyebabkan senyawa sulfur dan asam amino sulfoxides mengalami serangkaian reaksi kimia. Selama reaksi ini, asam sulfenic terbentuk dan diubah menjadi gas, propanethial S-Oxide yang mudah menguap. Gas mencapai mata dan bereaksi dengan air yang terdapat pada mata. Perubahan kimia tertentu terjadi di dalam mata dan terdapat pembentukan asam sulfat ringan. Hal ini menyebabkan iritasi pada mata. Ujung saraf pada mata sangat sensitif dan oleh karena itu mata terasa tersengat saat memotong bawang merah. Saluran air mata di mata dirangsang untuk menghasilkan lebih banyak air untuk mengencerkan asam, sehingga mata menjadi terlindungi.

>>  Obat Hipertensi dari Bawang Putih

Cara mencegah iritasi

Anda dapat mencegah iritasi mata saat memotong bawang merah dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Sebuah tips yang sederhana adalah untuk menjaga kepala anda tetap menjauh dari bawang merah sebisa mungkin. Ini akan dapat menghindari sebagian gas sebelum mencapai mata anda. Solusi sederhana lainnya adalah dengan memakai kacamata selagi memotong bawang merah. Namun, jika dapur anda penuh dengan uap, maka anda mungkin tidak dapat melihat dengan jelas melalui kacamata. Jika anda menyimpan bawang merah dalam kulkas sebelum mengirisnya, hal ini dapat meminimalkan pelepasan gas hingga batas tertentu. Perubahan suhu mengubah senyawa yang terkandung di dalam bawang. Anda juga dapat memotong bawang merah di bawah air yang mengalir seperti dari kran wastafel. Setelah anda memasaknya, hal ini menyebabkan inaktivasi enzim. Oleh karena itu, meski terdapat bau yang kuat, tetapi tidak dapat mengiritasi mata.

 
  Incoming Keywords: mengapa orang menangis saat memotong bawang merah, Kenapa mengupas bawang jadi menangis, kenapa bawang merah menyebabkan menangis, kenapa bawang merah dapat membuat mata pedih, kenapa bawang merah buat kita menangis, kenapa bawang merah bisa bikin nangis, bawang yang bikin nangis, bawang merah mata, Bawang menangis, zat yang terkandung dalam bawang yang menyebabkan menangis