Nutrisi & Manfaat Asparagus bagi Kesehatan

A sparagus sejak zaman dahulu kala selalu dianggap makanan lezat, di samping karena manfaat asparagus bagi kesehatan. Asparagus merupakan anggota dari keluarga Liliaceae yang meliputi bawang perai, bawang putih, dan bawang merah. Ini berasal dari kata Yunani yang berarti ‘menembak’ atau ‘tumbuh’. Pada sekitar 20 abad yang lalu di Mediterania timur, hal ini dikenal karena teksturnya yang unik, mempunyai sifat untuk mengobati dan aphrodisiacal. Sayuran ini mengandung banyak vitamin K dan folat. Meskipun terdapat lebih dari 300 jenis asparagus, hanya 20 jenis yang dapat dimakan.

manfaat asparagus bagi kesehatanAlam telah menyediakan bermacam tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Asparagus adalah salah satu tanaman yang tertua dalam peradaban manusia. Pada mulanya, asparagus dapat ditemukan dengan mudah di daerah Asia barat dan beberapa negara Eropa, serta beberapa daerah di Afrika Utara. Akan tetapi, pada saat ini asparagus dapat ditemukan di hampir semua belahan dunia sebagai tanaman sayur.

Menyadari semakin pentingnya kesehatan di dunia modern, orang-orang telah mulai melakukan penelitian tentang tanaman herbal dengan nutrisi tinggi. Asparagus merupakan salah satu topik dalam penelitian yang ditujukan untuk mengetahui semua fakta gizi dari asparagus.

Kandungan nutrisi asparagus 100 g

  • Air 93 gram
  • Kalori 20 kcal
  • Karbohidrat 3,8 gram
  • Protein 2,2 gram
  • Lemak jenuh 0,12 gram
  • Lemak poli 0,23 gram
  • Serat gula 1,8 gram
  • Serat larut 1,15 gram
  • Serat tak larut 1,75 gram

Selain di atas, asparagus juga merupakan sumber yang kaya mineral seperti fosfor, magnesium, kalsium, selenium, seng, sodium, besi, tembaga, dan mangan. Vitamin yang terdapat dalam asparagus meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, tiamin dan niacin.

Manfaat asparagus

Jantung
Asparagus mengandung folat yang penting bagi sistem kardiovaskular. Dengan meminum jus asparagus yang dicampur dengan madu mentah 3 kali sehari, membantu untuk memperkuat jantung yang lemah.

Natural diuretik
Mineral yang dikombinasikan dengan asparagin, asam amino aktif, membuatnya menjadi obat diuretik yang efektif. Oleh karena itu, hal ini sangat berguna dalam mengurangi pembengkakan pramenstruasi dan perut kembung. Selain itu juga membantu dalam mengurangi iritabilitas, kelelahan, dan depresi.

Kesehatan bayi
Folat adalah nutrisi yang dianggap penting dalam pertumbuhan bai dalam kandungan. Tanpa folat, sel-sel saraf janin tidak tersusun dengan benar. Oleh karena itu, asupan folat dapat membantu mengurangi resiko bayi lahir cacat dan menurunkan kemungkinan berat badan bayi yang baru lahir rendah.

Khasiat asparagus yang lain

  • Jus asparagus membantu mengurangi keasaman darah, dengan membersihkan jaringan otot dan juga membantu dalam melarutkan batu ginjal.
  • Asparagus mengandung phytochemical yang menghasilkan anti inflamasi, ini membantu dalam mengatasi arthritis dan rematik.
  • Asparagus adalah anti oksidan yang baik dan dapat membantu dalam mencegah kanker, katarak dan gangguan pada mata lainnya.
  • Asparagus bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga berguna untuk penderita diabetes.
  • Asparagus berkhasiat meningkatkan tingkat keberhasilan dari kemoterapi.
  • Bagi ibu menyusui, asparagus mempunyai manfaat untuk membantu dalam merangsang produksi ASI.
    Asparagus juga ditemukan dapat untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Sekarang anda telah memahami beberapa kegunaan asparagus bagi kesehatan tubuh. Asparagus adalah tanaman yang menguntungkan disamping memiliki banyak manfaat kesehatan. Oleh karena itu, pastikan bahwa menu makan anda mengandung jumlah asparagus yang cukup, atau anda juga dapat mencoba resep asparagus yang berbeda untuk membuatnya menjadi makanan yang menarik. Sertakan sayuran ini dalam menu makan anda setiap hari dan anda akan merasakan banyak sekali khasiat asparagus.

 
  Incoming Keywords: kandungan asparagus bawang, manfaat asparagus bagi tubuh

Comments are closed.