Binatang Koala Mirip Hewan Beruang

K oala yang terlihat lucu, merupakan hewan berbulu yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik, yang dapat membantu mereka untuk bertahan hidup di suatu lingkungan.

Koala adalah hewan yang menarik dengan beberapa kemampuan yang luar biasa. Binatang ini berasal dari daerah tertentu di koalaAustralia. Menurut Yayasan Koala Australia, hanya kurang dari 100.000 koala yang tersisa di negara itu. Koala(Phascolarctos cinereus) adalah marsupial, yang menjalani hidupnya di pohon. Koala terkadang disebut juga dengan beruang koala, karena kemiripannya dengan beruang. Koala adalah marsupial dan menghabiskan banyak waktu mereka untuk tidur di pohon-pohon. Untuk batas tertentu, hewan ini telah membantu perekonomian Australia dengan menarik wisatawan dan penggemar satwa liar dari seluruh dunia.

Dengan tubuh bulat, bulat hidung datar dan telinga yang besar sering mengingatkan kita pada beruang setiap kali kita melihat koala. Mungkin itu sebabnya hewan-hewan ini sering disebut juga dengan beruang koala. Meskipun begitu, mereka tidak bisa disebut beruang. Mereka adalah marsupial dan lebih erat hubungannya dengan kanguru daripada beruang. Koala telah ada sejak 25-40 juta tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari catatan fosil dan mereka adalah satu-satunya anggota yang hidup dari keluarga Phascolarctidae.

Fakta menarik tentang koala

  1. Nama koala berasal dari bahasa Dharuk Gula, bahasa Aborigin Australia yang sekarang telah punah.
  2. Nama genus adalah Phascolarctos dimana phaskolos berarti kantong dan arktos berarti beruang.
  3. Meskipun koala terlihat lembut seperti teddy bear, mereka tidak sama dengan beruang. Mereka adalah marsupial yang berarti mereka membawa anak-anak mereka dalam kantong.
  4. Koala tidur di siang hari dan bisa tidur selama sembilan belas jam sehari.
  5. Hewan ini tidak membuat sarang dan malah lebih suka tidur secara terbuka di pohon kayu putih.
  6. Sidik jari koala hampir mirip dengan manusia.
  7. Koala adalah satu-satunya marsupial arboreal tanpa ekor.
  8. Koala mendengus dan meratap untuk berkomunikasi satu sama lain.
  9. Hewan ini dibunuh setiap tahun oleh anjing, kucing, elang, dan burung hantu. Ketika koala menjadi stres dan marah, mereka dapat mengalami infeksi yang disebut dengan Chlamydia.
  10. Saat bayi koala saat lahir, panjangnya hanya mencapai 2cm.
  11. Ketinggian maksimum koala adalah 86cm dan berat maksimum koala jantan adalah sekitar 14kg. Koala betina beratnya hanya sekitar 1kg saja.
  12. Koala dapat hidup selama sekitar 15 tahun.

Makanan koala

Koala mendapatkan air yang mereka butuhkan dari daun kayu putih yang mereka makan. Koala adalah satu-satunya mamalia dengan sistem pencernaan yang kuat dalam memakan daun kayu putih, karena sebenarnya daun ini sangat beracun jika dimakan oleh manusia. Meskipun ada sekitar 600 jenis pohon kayu putih, koala memakan daun hanya dari sekitar 120 jenis. Koala makan seringkali di malam hari dan makan setidaknya 500 gram daun perhari untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Binatang ini menghabiskan sekitar 1 sampai 3 jam untuk makan. Kadang juga, mereka memakan daun tumbuhan lain seperti mistletoe, pohon pial, teh, dsb.

Sistem pencernaan koala memiliki kemampuan untuk menetralisir racun yang terdapat dalam daun. Koala juga menghindari pohon-pohon kayu putih tertentu dengan kandungan toksin yang lebih tinggi. Meningkatnya kadar CO2 dapat mempengaruhi kualitas dan nilai gizi daun kayu putih. Hilangnya habitat dan nutrisi membuat koala semakin sulit untuk menemukan makanan. Para ahli percaya bahwa koala menjadi semakin rentan terhadap kekurangan gizi dan kelaparan.

 
  Incoming Keywords: binatang koala, koala adalah hewan yang, makanan koala berupa tumbuhan

Comments are closed.