Tips Memilih Nama Domain untuk Usaha

Sebuah aspek yang paling penting dalam pembuatan suatu situs adalah alamat yang unik atau membedakannya dengan situs yang lain di World Wide Web. Artikel ini akan memberikan tips memilih nama domain untuk usaha yang anda butuhkan.

Sebuah nama domain adalah URL website yang dihasilkan dan bukan nama sebenarnya dari situs. Sebagai contoh, Google adalah nama dari suatu website, tetapi www.google.com adalah nama domainnya. Ini adalah alamat yang diperlukan untuk diketik jika seseorang ingin mengunjungi situs anda. Dengan demikian, maka perlu untuk memilih nama domain yang sederhana dan pendek.

Memilih nama domain

Riset
Alamat suatu website harus mengandung kata kunci penting yang menggambarkan jenis usaha anda. Misalnya, jika anda meluncurkan sebuah website tentang penjualan buku, maka anda perlu untuk memasukkan kata kunci di mana seseorang mungkin akan mengetiknya sambil mencari situs tersebut, seperti buku terlaris, buku, penjualan, penulis, dsb. Sekarang, anda perlu untuk bermain-main dengan kata-kata ini untuk menemukan nama domain yang tepat.

Dot Com
Banyak orang di luar sana mengetahui adanya top level domain seperti .net dan .org, tetapi lebih banyak yang tidak tahu keberadaan website tersebut. Dalam hal ini, anda mungkin akan kehilangan calon pengunjung website anda tersebut. Pilihan yang paling aman adalah dengan menggunakan .com.

Tanda hubung
Anda akan menemukan banyak situs dengan memakai tanda hubung pada alamat website mereka, tetapi apakah anda dapat selalu mengingat nama-nama domain itu dengan benar? Mungkin tidak, kecuali anda adalah seorang karyawan situs tersebut atau mungkin pemiliknya sendiri. Ini adalah sebuah masalah dimana nama domain ditulis dengan tanda hubung. Anda juga cenderung melupakan posisi tanda hubung atau mungkin lupa nama website tersebut sama sekali. Tanda hubung juga memberikan kesan bahwa situs tersebut nampak bodoh atau merupakan situs duplikat. Kemungkinan besar, anda akan lebih menyukai mengetik www.google.com daripada mengetik www.goo-gle.com.

Pendek
Nama yang panjang sulit untuk diingat dan memerlukan waktu untuk mengetik. Ini akan membuat pengguna bosan dan ada kemungkinan tidak akan mengunjungi situs anda lagi. Anda dapat dengan mudah mengingat www.google.com, akan tetapi sulit untuk mengingat www.googlesearchengine.com. Domain yang panjang ini membuat anda merasa bahwa anda cukup mengetiknya sekali saja dan untuk yang terakhir kalinya.

>>  Untung Ruginya Berbelanja Online

Nama yang jelas
Jika anda sedang mencari sebuah perpustakaan musik online, nama domain seperti www.xyz.com pasti akan membuat anda bingung, dan anda mungkin akan menghindari untuk mengunjunginya. Jadi, pilihlah nama domain yang bermakna dan menjelaskan tentang website anda.

Hak cipta
Jangan pernah menggunakan nama domain yang berada di bawah hak cipta. Hukum domain internet terlihat rumit dan pelanggaran hak cipta dapat menyebabkan kasus hukum yang panjang dan mahal. Selain itu, jika bagian dari nama domain adalah merek dagang, maka hindarilah untuk menggunakannya.

SEO friendly
Banyak mesin pencari dan direktori memuat hasil dalam urutan abjad. Ini berarti bahwa jika nama domain anda dimulai dengan huruf ‘z’, website anda dapat masuk ke halaman terakhir. Meski hal ini tidak selalu terjadi pada semua direktori. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan kata kunci.

Domain alternatif
Sebagai contoh jika anda mencermati www.google.com, maka akan ada kemungkinan bahwa juga terdapat sebuah situs alternatif bernama www.gogle.com. Jika pengunjung mengetikkan nama domain yang salah, anda akan kehilangan pengunjung yang tertarik dengan situs anda. Oleh karena itu, adalah lebih baik untuk membeli nama domain alternatif, sehingga pengunjung ke alamat situs yang salah akan diarahkan ke website anda.

Merek
Merek akan menarik trafik ke situs anda. Sebuah nama domain seperti etsy.com tidak akan memberikan ide yang jelas tentang website itu sendiri dan merupakan misteri yang terselubung. Satu-satunya hal yang dapat anda temukan bahwa itu merupakan tempat untuk berjualan. Di sisi lain, nama domain seperti lowongankerja.com akan memberikan gambaran yang jelas tentang tujuan dari situs tersebut.

Faktor yang paling penting untuk diingat saat memilih nama domain untuk usaha adalah harus unik, mudah diingat, singkat, dan relevan dengan apa yang akan dijalankan.

Comments are closed.