Cara Mencegah Diabetes

D iabetes merupakan suatu kondisi kesehatan yang ditandai dengan gejala tingkat gula darah yang tinggi. Meski begitu, hal ini akan dapat dihindari dengan mengikuti artikel tentang beberapa cara mencegah diabetes ini. Gaya hidup sehat dalam alinea di bawah memberikan beberapa tips sederhana dan langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menghindari diabetes.

Diabetes adalah suatu kondisi medis dimana kadar gula darah lebih tinggi dari kisaran normal secara konsisten. Kondisi ini berhubungan erat dengan sekresi insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas. Hormon ini memainkan peran penting dalam mengendalikan tingkat gula darah. Diabetes tipe 1 terjadi karena jumlah insulin dalam tubuh tidak mencukupi, sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena resistensi insulin dalam tubuh.

Di seluruh dunia terdapat sekitar 300 juta orang yang terkena penyakit diabetes, yang membuat orang untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dalam mengendalikan diabetes.

Cara mencegah diabetes

Olahraga secara teratur
Ketika seseorang melakukan olahraga, kemampuan tubuh untuk mengeluarkan dan menyerap insulin menjadi lebih kuat. Seseorang yang berolahraga secara teratur, berada pada resiko 30% lebih rendah terkena diabetes. Bahkan berjalan selama setengah jam setiap hari dapat mencegah dampak dari diabetes.

Diet sehat
Salah satu cara menghindari diabetes dengan cara yang terbaik adalah dengan meningkatkan kebiasaan makan. Makan makanan sehat adalah salah satu alasan utama di balik penyakit diabetes di seluruh dunia. Untuk mempertahankan gaya hidup sehat diperlukan diet yang tepat. Poin terpenting adalah harus menyertakan makanan dengan serat tinggi, buah-buahan, dan sayuran yang dapat sangat berkontribusi dalam menyeimbangkan tingkat gula dalam darah. Hindari asupan makanan kaya akan gula. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan gula juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Konsultasikan kebutuhan anda dengan ahli gizi dan membuat rencana yang tepat untuk diet, yang mencakup semua nutrisi tinggi yang diperlukan bagi tubuh. Selain itu minumlah banyak air, istirahat yang cukup dan makan secara teratur.

Berhenti merokok
Orang yang merokok lebih mudah untuk mengembangkan diabetes. Kekurangan insulin dalam tubuh dapat terkait dengan merokok berlebihan, dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi asupan tembakau.

Bantuan medis
Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa. Gaya hidup cenderung mempengaruhi kondisi ini yang juga meliputi anak-anak dan remaja. Mencegah terjadinya diabetes pada anak-anak, remaja dan wanita selama kehamilan dapat ditanggulangi dengan segera mengunjungi dokter spesialis, dan melakukan pemeriksaan rutin. Kondisi medis lebih mudah untuk dipecahkan ketika ditemukan pada tahap awal. Tes kesehatan dapat membantu dokter menentukan status kesehatan.

Untuk mencegah diabetes diperlukan beberapa perubahan gaya hidup, membutuhkan pengendalian diri dan kemauan yang kuat. Menerapkan langkah-langkah sederhana untuk mencegah diabetes akan memastikan bahwa anda akan hidup sehat dan tidak mengembangkan diabetes. Setiap individu yang mempunyai sejarah keluarga dengan kondisi diabetes harus mengikuti langkah-langkah pencegahan, karena mereka berada pada resiko terkena diabetes yang lebih besar.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Diabetes, Gejala Diabetes, dan Jenis Diabetes

    […] masalah diabetes atau tidak. Diet yang tepat, mengontrol berat badan, dan olahraga dapat menjadi cara untuk mencegah diabetes. Tingkat glukosa darah juga harus dipantau secara teratur dan obat diabetes yang diresepkan harus […]