Diabetes Melitus pada Anak Gejala Penyebab

D iabetes adalah suatu kondisi patologis yang ditandai dengan sekresi insulin yang menurun oleh pankreas. Diabetes secara ilmiah juga dikenal dengan istilah diabetes melitus, yang juga dapat terjadi pada anak-anak. Diabetes biasanya disebabkan oleh kurangnya insulin atau resistensi insulin. Jika terjadi diabetes pada anak, maka anak itu mungkin mengalami beberapa gejala yang mirip dengan gejala yang dialami oleh orang dewasa.

Terdapat beberapa alasan mengapa penyakit diabetes ini dapat menyerang anak-anak dengan cepat. Virus seperti coxsackie atau kondisi lingkungan tertentu dapat memicu kondisi diabetes pada anak-anak. Masa yang paling rentan tertular penyakit ini adalah sekitar usia sekolah dasar atau tahun-tahun awal sekolah menengah.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2

2 varietas utama dari diabetes adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa, namun makin lama juga dapat terjadi pada anak-anak. Sedangkan diabetes tipe 1 ditandai dengan tingkat insulin yang sangat rendah. Pada kondisi tersebut, penderita diabetes mungkin akan memerlukan suntikan insulin ke dalam tubuhnya. Pada diabetes tipe 2, tubuh penderita menjadi kebal terhadap efek insulin.

Penyebab diabetes pada anak

Penyebab diabetes pada anak-anak seringkali karena adanya gaya hidup yang relatif tidak aktif ditambah dengan makanan yang tidak sehat. Selain itu, kecenderungan untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam dan menonton TV dalam jangka waktu lama adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab kondisi ini.

Secara umum, diabetes tipe 1 dianggap karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini berarti sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin dari pankreas. Beberapa orang anak dapat memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan kondisi ini, terutama ketika mereka terpengaruh oleh faktor lingkungan tertentu seperti virus dan tingkat vitamin D yang rendah. Selain itu, riwayat keluarga, pola makan yang buruk, dan gaya hidup dapat menempatkan seorang anak pada peningkatan resiko terserang diabetes.

Gejala diabetes melitus pada anak-anak

Gejala diabetes pada anak-anak ditandai dengan gejala spesifik tertentu yang meliputi;

  1. Rasa haus yang berlebihan
  2. Penglihatan kabur
  3. Proses penyembuhan luka yang sangat lama
  4. Mati rasa di tangan dan kaki
  5. Seringkali buang air kecil
  6. Menurunnya kekebalan tubuh
  7. Rasa lapar yang berlebihan
  8. Penurunan berat badan secara drastis
>>  Makanan Ringan Sehat untuk Penderita Diabetes

Gejala-gejala diabetes pada anak-anak ini terlihat seperti bagian dari proses pertumbuhan, oleh karena itu orang tua cenderung mengabaikannya. Selain itu, masing-masing dari gejala diabetes pada anak-anak ini tidak terjadi secara konsisten, sehingga sulit bagi orang tua untuk dapat mendeteksinya. Sebagai contoh, seorang anak mungkin akan merasa kelaparan, besok dapat lekas marah, dan di hari berikutnya mengalami gangguan penglihatan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memantau anak-anak dengan teratur.

Gejala diabetes pada anak-anak yang lebih serius dapat meliputi gejala seperti muntah dan sakit perut, pernapasan yang berat, mulut bau aseton, dan bahkan mengalami koma.

Tips mengobati diabetes pada anak

Jika anda kebetulan menyadari akan salah satu dari gejala-gejala diabetes pada anak anda, maka segeralah untuk melakukan tes. Prosedur pengujian sangat mudah dan tidak sakit. Akan lebih baik jika anak anda didiagnosa sedini mungkin sebelum penyakit diebetes berkembang menjadi lebih parah. Meskipun diabetes tipe 2 tidak dapat disembuhkan, anak-anak dapat mengontrol penyakit ini melalui diet yang tepat dan olahraga yang memadai. Namun, setelah penyakit ini menjadi lebih parah, maka suntikan insulin dan obat-obatan mungkin akan diperlukan untuk lebih dapat mengendalikannya. Orangtua perlu untuk mengatur suntikan insulin untuk anak sampai si anak mampu untuk mengurus dirinya sendiri. Dibandingkan dengan injektor jarum suntik tradisional, injector pena dirasa lebih nyaman untuk digunakan.

Pengobatan harus selalu diikuti dengan pemantauan rutin dari tingkat glukosa darah. Selain insulin, dokter biasanya juga mungkin meresepkan obat lainnya setelah benar-benar mengevaluasi kondisi yang terjadi. Manajemen yang efektif dari diabetes membutuhkan diet yang sehat untuk penderita diabetes meliputi makanan kaya serat, buah-buahan dan sayuran dalam diet, dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak hewani. Aktivitas fisik secara teratur juga penting untuk mengatasi penyakit diabetes.

 
  Incoming Keywords: diabetes melitus pada anak usia dini, diabetes melitus pa, kenapa penyakit diabetes militus tidak menyerang pada anak, makalah diabetes pada anak

Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh

    […] Air kelapa muda juga membantu mengendalikan diabetes. […]