Gangguan Kepribadian Abrasif

Pernahkah anda bertemu dengan seseorang yang terus-menerus mengeluh hingga mengganggu anda, sampai anda sendiri berbalik memusuhinya? Jika ya, maka anda harus mengetahui lebih banyak tentang kepribadian seperti ini dalam artikel berikut.

Orang dengan kepribadian semacam ini, mengintimidasi kepada semua orang di sekitarnya dan sarkastik, sombong dan argumentatif. Perilaku semacam ini disebut dengan gangguan kepribadian abrasif.

Gangguan kepribadian abrasif

Orang abrasif adalah seorang pekerja yang baik tetapi sangat ambisius. Orang abrasif tidak pernah mampu mencapai apa yang mereka inginkan dan merasa frustrasi. Mereka menjadi marah, kesal dan tidak mampu untuk mengendalikan diri. Mereka menjadi lebih suka untuk mengendalikan dan tidak siap untuk menerima tanggung jawab terhadap setiap masalah, dan hal ini dapat membuat masalah dalam hubungan interpersonal.

Mereka terus-menerus menyalahkan orang lain atas masalah mereka dan ingin mendengarkan suara mereka sendiri. Mereka mengembangkan kecenderungan untuk mengganggu orang di sekitar mereka yang menciptakan perasaan bermusuhan bagi mereka. Hal ini menyebabkan permusuhan dan hubungan yang buruk. Mereka berada di sana untuk menghisap segala sesuatu yang menyenangkan dalam hidup anda seperti lintah. Ada banyak ciri dari kepribadian abrasif yang dapat anda amati di sekitar lingkungan anda. Alinea berikut akan membantu untuk mempelajari beberapa ciri-ciri kepribadian orang yang abrasif.

Karakteristik abrasif

Terdapat karakteristik yang menyusun kepribadian abrasif. Di bawah ini adalah beberapa rincian tentang ciri-ciri dari orang abrasif:

  1. Terus-menerus menyalahkan orang lain untuk penderitaannya. Dia tidak pernah merasa ada yang salah dengan dirinya, dan selalu mengeluhkan bahwa orang lain yang menyebabkan masalah. Dia tidak pernah berani bertanggung jawab atas masalah dalam hidupnya.
  2. Orang dengan kepribadian abrasif akan terus mengganggu anda dengan segala macam kesengsaraannya, mulai dari masalah keuangan, masalah keluarga, masalah hubungan, dsb. Pusat setiap pembicaraan dari orang abrasif adalah dirinya sendiri, dia ingin tetap menjadi pusat perhatian dari setiap percakapan.
  3. Orang abrasif akan menghisap kehidupan anda. Orang abrasif membutuhkan bantuan konstan dari anda. Dia akan menghubungi anda untuk meminta bimbingan dan saran untuk apa pun, dan segala sesuatu. Memang wajar jika seseorang meminta bantuan dari teman-temannya, akan tetapi orang abrasif akan menimpakan seluruh masalahnya di bahu anda. Masalahnya juga akan menjadi milik anda dan orang ini tidak akan pernah mempertimbangkan efeknya pada anda.
  4. Mereka mengolok-olok orang lain dan bahkan hubungan pribadi, sering melintasi batas-batas dan seolah-olah menikmati untuk menyakiti harga diri orang lain. Dan di atas semua itu, dia akan membuat orang merasa bahwa kritikannya adalah untuk kebaikan anda sendiri.
  5. Orang abrasif akan menantang semua yang anda katakan atau ingin lakukan. Orang ini akan memasang argumen yang begitu kuat dan berusaha untuk menemukan kesalahan dengan segala sesuatu. Orang ini membuat anda ingin menyerah dan menyerah.
  6. Mereka berbicara tentang siapa saja dan semua orang. Mereka akan mengumpulkan potongan-potongan dari orang lain dan bergosip dengan versi mereka sendiri. Namun, satu hal yang mencolok adalah bahwa mereka jarang berbicara tentang diri mereka sendiri atau kehidupan pribadi mereka.
  7. Mereka akan merusak acara yang telah terorganisir dengan memaksa orang lain untuk mengikuti cara mereka. Mereka akan terus berpendapat bahwa mereka benar dan permintaan mereka harus dipertimbangkan terlebih dahulu.
>>  Penyebab dan Gejala Gangguan Depersonalisasi

Orang-orang abrasif sangat ambisius, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk mencapai semua impian mereka. Hal ini membuat mereka frustrasi dan menjadi agresif untuk menyembunyikan kegagalan mereka. Orang-orang ini mungkin dapat terlihat seperti komunikator yang baik. Namun dalam kenyataannya, pembicaraan mereka adalah cara untuk menutupi rasa frustrasi mereka.

Dalam bermasyarakat, anda akan bisa menemukan seseorang dengan gangguan kepribadian abrasif. Semua dapat anda lakukan adalah mencoba untuk menasihati mereka dengan cara yang lembut dan penuh perhatian. Jelaskan kepada mereka bahwa kedekatan mereka akan memberi beban pada anda. Jika anda tidak melihat banyak perubahan, hal yang dapat anda lakukan adalah meninggalkan mereka untuk selamanya. Jika anda tidak dapat memutuskan hubungan dengan mereka, anda harus belajar untuk mengontrol hidup anda. Anda perlu untuk mengurangi kontak dengan mereka dan menjaga hubungan platonis anda.

Comments are closed.