Cara Mengatasi Rematik

Rematik adalah istilah umum yang digunakan dengan mengacu pada kondisi medis yang mempengaruhi sendi, serta jaringan ikat. Artikel berikut memberikan informasi dan tips berguna mengenai faktor yang menjadi penyebab, gejala, dan cara mengatasi rematik.

Rematik adalah istilah umum yang sebelumnya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit, kekakuan, nyeri pada tulang, otot, dan sendi. Sebenarnya istilah ini tidak lagi digunakan oleh para ahli medis. Bahkan, para ahli medis menggunakan istilah lain yang disebut gangguan rematik untuk merujuk kepada berbagai kondisi seperti yang ditandai oleh peradangan pada sendi, otot, atau jaringan ikat. Ini adalah beberapa kondisi medis yang dikategorikan dalam penyakit rematik. Hal ini termasuk rematik arthritis, osteoarthritis, fibromyalgia, asam urat, dsb. Cara mengobati rematik dapat bervariasi tergantung pada kondisi medis yang mendasari.

Faktor penyebab dan gejala

Faktor genetik, faktor imunologi, konsumsi secara berlebihan dari makanan pembentuk asam, ketidakseimbangan hormon, dan akumulasi racun tertentu dalam tubuh merupakan beberapa faktor yang menyebabkan penyakit rematik. Gejala kondisi ini meliputi peradangan dan pembengkakan dalam satu sendi atau lebih, rasa nyeri dan kemerahan. Seseorang yang mengalaminya dapat mendengar suara dari sendi yang meradang saat bergerak. Kondisi tersebut juga dapat mempengaruhi mobilitas seseorang. Mereka yang menderita rematik otot atau fibromyalgia dapat mengalami nyeri kronis dan kekakuan pada otot yang terkena. Rasa sakit meningkat seiring dengan gerakan otot-otot yang terkena. Rematik jaringan lunak, yang disebabkan karena peradangan pada otot, tendon, dan ligamen menimbulkan gejala seperti pembengkakan, nyeri dan rasa hangat di area tubuh yang terkena. Intensitas nyeri pada umumnya meningkat bila terjadi pada saat cuaca dingin atau lembab. Telah dicermati bahwa stres juga dapat memperburuk gejala rematik.

Cara mengatasi rematik

Pengobatan dapat bervariasi tergantung pada kondisi yang mendasari atas diagnosis penderita rematik. Kebanyakan kondisi ini tidak dapat disembuhkan dengan sepenuhnya. Tujuan utama dari pengobatan ini adalah untuk membantu pasien menjalani kehidupan normal. Jika pasien telah mengalami nyeri di sendi, otot atau tulang, bersama dengan pembengkakan dan kekakuan, maka tes darah dan pemeriksaan X-ray akan dilakukan untuk menentukan jenis rematik. Pengobatan rematik biasanya meliputi terapi obat, yang akan melibatkan penggunaan analgesik, obat anti inflamasi non steroid ataupun steroid.

>>  Rematik pada Anak-anak

Pengobatan rematik otot(muskular) pada umumnya melibatkan penggunaan relaksan otot. Mereka yang terkena dampak rematik arthritis biasanya diberikan obat untuk menurunkan peradangan dan mengurangi gejala yang disebabkan karena peradangan. Olahraga harian atau melakukan yoga juga telah terbukti bermanfaat. Mengatur pola makan juga dapat membantu mengatasi rematik. Terapi penyembuhan alternatif lain seperti akupuntur, akupresur, pijat, dan aromaterapi juga dapat membantu dalam mengatasi rematik. Menerapkan kompres air panas ke daerah yang terkena juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi.

Oleh karena stres dapat menjadi pemicu dalam kondisi penyakit autoimun seperti rematik arthritis, maka sangatlah penting untuk menjaga tingkat kestablian emosi. Pada kasus tersebut, terapi relaksasi tertentu dapat membantu mengobati rematik. Anda juga dapat mencoba beberapa pengobatan di rumah sendiri. Hal yang banyak diyakini adalah bahwa dengan minum 2 sendok teh sari kentang mentah sebelum makan dapat bermanfaat bagi orang yang terkena penyakit rematik.

Rematik tidak mengacu pada penyakit tunggal, tetapi sekelompok kondisi medis yang ditandai dengan nyeri pada persendian dan jaringan ikat. Jika anda pernah mengalami salah satu dari gejala tersebut, carilah bantuan medis segera. Sebuah diagnosis dini pasti akan membantu dalam mengendalikan penyakit rematik. Terapi obat ditambah dengan perubahan gaya hidup merupakan bagian penting untuk mengobati penyakit rematik.

 
  Incoming Keywords: akupresur untuk rematik, cara mengatasi nyeri karna rematik, cara menghilangkan rasa sakit pada rematik, cara menghilangkan rasa sakit reumatik, menghilangkan rematik, penghilang rasa nyeri rematik, terapi penyakit rematik

Comments are closed.