Gejala Penyakit Kanker Telinga

Kanker telinga adalah adalah jenis kanker kepala dan leher yang berkembang pada lapisan kulit telinga, dan terjadi di dalam lapisan epitel saluran telinga. Kanker yang tumbuh di dalam telinga ini dapat menimbulkan rasa sakit yang berlebihan dan penderita kanker telinga harus mendapatkan banyak perawatan untuk melawan rasa sakit tersebut.

Keganasan dari kanker telinga mengganggu organ yang berfungsi sebagai pendengaran, dan dapat menyebabkan kehilangan pendengaran. Meskipun kanker telinga sering terlihat pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun, hal ini juga dapat terjadi kepada siapa pun tanpa memandang usia. Kanker telinga secara umum terdiri dari dua jenis; kolesteatoma dan karsinoma sel skuamosa. Kedua kanker tersebut tumbuh secara bertahap di dalam telinga, dan dapat berkembang lebih dalam ke dalam tubuh. Kanker telinga dapat diobati baik melalui operasi, kemoterapi, atau terapi radiasi, tergantung pada tingkat keganasan kanker telinga yang diderita. Pada alinea berikut adalah gejala kanker telinga dijelaskan secara rinci lewat ciri-cirinya.

Gejala kanker telinga

Meskipun penyebab pasti dari kanker telinga belum diketahui, banyak dokter meyakini bahwa paparan debu berlebihan ataupun bahan kimia dari industri menyebabkan paparan ini diam menetap di dalam telinga, sehingga menyebabkan masalah serius pada telinga.

Cairan telinga
Seseorang dapat mengalami pendarahan di telinga atau cairan kotor keluar dari telinga yang dapat disebabkan oleh iritasi atau infeksi telinga.

Gendang telinga pecah
Dalam kondisi keluarnya cairan putih atau kuning dari telinga, kanker dapat didiagnosis, karena pecahnya gendang telinga. Hal ini dapat disebabkan karena suara keras, benda asing di dalam telinga, trauma pada telinga, atau perbedaan tekanan antara bagian dalam dan luar dari gendang telinga. Celah dalam membran timpani merupakan ciri-ciri kanker telinga.

Sakit telinga
Salah satu gejala utama dari kanker telinga adalah terjadinya sakit di dalam atau di sekitar telinga, yang memakan waktu lebih dari satu bulan. Ini bisa menjadi benjolan merah muda dan dapat dengan mudah berdarah.

>>  Tanaman Obat Herbal untuk Mengobati Kanker

Gangguan pendengaran
Jika seseorang kebetulan susah untuk menangkap suara, atau mengalami kedutan terus-menerus di dalam telinga, ini dapat menjadi tanda kanker telinga. Dalam kasus seperti itu, orang tersebut juga dapat mengalami sakit kepala terlalu sering.

Gejala lain dapat meliputi kerak kulit yang berkembang menjadi borok, suara berdengung pada telinga, dan benar-benar kehilangan pendengaran.

Jika terdapat gejala kanker telinga di atas, penderita harus dibawa ke dokter yang nantinya akan melakukan tes seperti biopsi, MRI Scan, dan CT Scan untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari masalah telinga. Jika terbutki terkena kanker, dokter biasanya akan menyarankan kemoterapi, terapi radiasi, dan pembedahan. Pembedahan adalah pengobatan yang sering digunakan untuk mengobati kanker telinga, dan pada saat yang sama tergantung pada stadium atau tingkat keparahan kanker.

Meskipun kanker telinga jarang terjadi, hal ini dapat terjadi pada siapa saja. Jika terdapat sesuatu yang ganjil pada telinga, hal yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter segera untuk mencegah hal buruk yang dapat timbul lebih lanjut. Menjaga telinga tetap bersih dapat meminimalkan resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan telinga.

 
  Incoming Keywords: kanker telinga, ciri ciri kanker telinga, kanser telinga, kangker telinga, kanker telinga hidung tenggorokan, Ciri kanker telinga, gejala kanker telinga, kanker telinga bagian dalam, gejala tumor kuping, gejala kanker telin

, , , ,

Comments are closed.