Penyebab Gejala Kanker Rahang

Sakit pada rahang saat makan adalah salah satu gejala kanker rahang yang paling umum. Kebersihan mulut yang buruk dan kanker rahangkebiasaan mengunyah tembakau menjadi penyebab utama kanker rahang. Kanker yang menyerang jaringan rahang disebut dengan kanker rahang. Dalam jenis kanker ini, sel-sel ganas terbentuk di tulang rahang. Pertumbuhan kanker membatasi pergerakan rahang dan mengakibatkan susah untuk membuka mulut.

Setiap kanker ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel yang menyerang tubuh dan menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya. Demikian pula kanker rahang berkembang ketika terjadi pembentukan benjolan yang menyakitkan pada jaringan rahang dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh juga. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengetahui penyebab kanker rahang yang bervariasi. Dalam alinea berikut ini kita akan fokus pada penyebab dan gejala kanker rahang yang bermacam-macam dan mencoba mencermati pilihan pengobatan yang tersedia.

Gejala kanker rahang

  • Kanker rahang sangat mengganggu kebiasaan makan dengan normal. Peningkatan sel kanker secara bertahap memicu kerusakan tulang rahang yang menyebabkan rasa sakit. Orang yang menderita kanker rahang tidak bisa mengunyah makanan dengan benar karena disebabkan rasa sakit yang berlebihan. Nyeri akut pada tulang rahang sewaktu minum atau makan adalah salah satu gejala kanker rahang.
  • Adanya pembentukan benjolan pada jaringan rahang yang dapat menyakitkan dan biasanya terbentuk pada gusi. Benjolan yang berkembang pada rahang ini juga dapat menyebabkan sakit gigi terus-menerus.
  • Perkembangan tumor ganas di rahang tidak hanya menyebabkan rasa sakit yang hebat, tetapi juga mengarah pada pembengkakan rahang. Jaringan rahang terlihat bengkak dan ini tentu saja dapat mengakibatkan rasa sakit.
  • Gusi dengan pertumbuhan sel kanker tidak lagi mampu menahan gigi dengan kuat. Oleh karena itu, gigi cenderung untuk bergerak.
  • Penderita dapat mengalami kesemutan sepanjang rahang. Hal ini menunjukkan tekanan berlebihan pada saraf yang akhirnya menuju ke rongga mulut.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi perlahan.

Penyebab kanker rahang

  • Perokok kronis dan mengunyah tembakau adalah penyebab kanker rahang yang utama. Lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya dalam rokok dan sekitar 28 karsinogen dalam tembakau dapat mengganggu proses normal pembelahan sel dan meningkatkan resiko terkena kanker rahang.
  • Alkoholisme dan abses gigi yang tidak diobati juga dapat menjadi penyebab kanker rahang.
  • Studi menunjukkan bahwa virus human papilloma, yang merupakan virus PMS, adalah salah satu penyebab kanker mulut dan rahang.
  • Adanya kondisi kesehatan yang bervariasi, yang dapat menyebabkan pembentukan kanker rahang. Kondisi ini dapat mencakup leukoplakia dan erythroplakia.
  • Penyebab lain dari kanker rahang adalah paparan sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari, yang juga dapat menyebabkan beberapa resiko kesehatan lainnya. Hal ini menyebabkan mutasi sel yang dapat menyebabkan kanker rahang.

Pengobatan

  • Prosedur bedah dapat menghilangkan tumor. Namun, prosedur ini berlaku hanya bila tumor terlokalisir dan sel-sel kanker belum menyebar di luar batas tertentu. Dokter akan menghapus jaringan yang terkena dan kelenjar getah bening di dekat tulang rahang, untuk menghentikan perkembangan kanker. Prosedur ini juga bisa melibatkan pengeboran bagian dari tulang rahang untuk menghilangkan pertumbuhan kanker. Biasanya prosedur bedah digunakan ketika kanker pada tahap awal perkembangan.
  • Terapi radiasi juga digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker. Radiasi ini menembus melalui kulit dan membantu untuk mengendalikan penyebaran tumor ganas.
  • Kemoterapi dapat diberikan secara intravena untuk membunuh sel-sel kanker yang telah menginvasi jaringan organ tubuh lainnya. Metode pengobatan ini sangat membantu untuk meringankan rasa sakit yang terkait dengan kanker.

Setelah menjalani operasi dan beberapa sesi kemoterapi, haruslah rutin untuk bertemu dokter guna menjalani pemeriksaan lanjutan. Ada kemungkinan bahwa kanker dapat hilang tapi juga dapat kembali lagi. Jadi, selama pemeriksaan lanjutan, dokter akan melakukan tes darah, biopsi, dan pencitraan untuk memantau kesehatan.

Seperti disebutkan sebelumnya di atas, merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kanker rahang. Jika anda sulit untuk menghentikannya, cobalah meminta saran dari dokter dan mulai untuk mengurangi asupan obat-obatan berbahaya dan minuman. Nikotin dalam tembakau bersifat adiktif dan membuat lebih sulit untuk berhenti tetapi hal ini tidak mustahil. Untuk membuat hidup sehat dan bebas dari penyakit, lebih baik untuk melakukan tindakan pencegahan.

Ada banyak produk seperti lotion yang tersedia untuk melindungi kulit dari semakin rusak. Wajah kita yang secara langsung terkena sinar matahari, hal ini juga dapat menyebabkan kanker rahang. Oleh karena itu, terapkan perlindungan dari paparan sinar matahari berlebihan atau mungkin dengan menggunakan topi untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

 
  Incoming Keywords: tumor rahang, tanda kanker rahang, pengobatan rahang bengkak, kanker tulang rahang, kanker rahang, gejala tumor rahang bawah, ciri ciri tumor gigi, ciri ciri kanker dirahang, ciri ciri kalenjar getah bening dirahang, apakah tumor rahang itu

,

Comments are closed.