Manajemen Stres di Tempat Kerja Efektif

Adanya manajemen stres di tempat kerja adalah sangat diperlukan guna mengurangi tingkat stres, yang dapat memberikan dampak buruk pada produktivitas karyawan.

Stres adalah suatu hal yang tak dapat dihindari oleh kita dalam kehidupan. Akibat stres, akan timbul banyak masalah kesehatan dan psikologis. Hal ini akan dapat mempengaruhi kehidupan pribadi kita. Rasa tertekan akibat stres juga dapat menghalangi kita dalam memanfaatkan keterampilan dan kemampuan dengan sepenuhnya. Mengingat bahwa stres dapat memberikan dampak buruk, banyak perusahaan mencanangkan berbagai program dan pelatihan tentang manajemen stres di tempat kerja. Melalui beberapa tips dan teknik sederhana untuk mengelola stres, hal ini dapat untuk meredakan stres, tanpa mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan ataupun produktivitas karyawan. Alinea di bawah ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu anda untuk mengelola stres di tempat kerja, sehingga membuat tingkat stres anda berkurang.

Manajemen stres di tempat kerja

  • Kegiatan yang membuahkan tawa dan menyenangkan merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres di kantor. Jika anda bekerja selama berjam-jam terus menerus, alangkah baiknya jika anda meluangkan waktu selama beberapa menit untuk berbicara secara informal dengan rekan lainnya. Anda bahkan dapat berbincang tentang pengalaman lucu yang pernah anda alami dihari sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa anda tidak akan membuat kegaduhan dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dalam aktivitas semacam ini.
  • Jika anda seringkali bekerja dengan duduk di tempat yang sama selama berjam-jam, situasi ini akan membuat anda mengalami stres secara fisik. Pemecahan untuk masalah ini adalah dengan menjaga tubuh anda untuk bergerak sesekali. Cobalah untuk meregangkan tubuh, lengan, dan kaki secara berkala, atau mungkin anda dapat berjalan-jalan di sekitar tempat kerja untuk membuat minuman. Kegiatan ini juga menjadi cara yang terbaik sebagai penghilang stres, yang dapat digunakan untuk memanajemen stres di tempat kerja.
  • Gaya hidup anda juga dapat memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap stres yang anda alami di tempat kerja. Untuk meredakan atau pula mencegah stres di tempat kerja, anda perlu menjaga pola hidup anda. Selain dari itu, perlu bagi anda untuk menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok, minuman alkohol, dsb.
  • Stres seringkali disebabkan karena pekerjaan yang tertunda. Oleh karena itu, agar pekerjaan tidak banyak yang tertunda, anda perlu untuk mengatur waktu dengan cara yang benar. Hal yang dapat anda lakukan adalah dengan memilah-milah semua pekerjaan sesuai dengan prioritas, dan membagi waktu pada masing-masing pekerjaan. Pastikan juga untuk tidak terlalu berkomitmen pada tugas dan tanggung jawab yang tidak mungkin masuk dalam jadwal harian anda. Manajemen waktu secara efektif dapat mengurangi stres, bahkan juga dapat meningkatkan kinerja karyawan.
  • Fakta membuktikan bahwa bekerja dalam sebuah tim benar-benar membuat tugas jauh lebih mudah terselesaikan. Jika anda bekerja dalam sebuah tim, anda dapat membagi tugas sesuai dengan keterampilan masing-masing karyawan. Di samping itu, anda juga akan dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan lebih lanjut.

Hal penting yang perlu untuk diperhatikan bahwa manajemen stres di tempat kerja hanya dapat berlaku secara efektif ketika karyawan dan manajemen perusahaan mempunyai inisiatif untuk melakukan hal yang sama.

 
  Incoming Keywords: manajemen stress karyawan

Comments are closed.