Kadar Kalium Normal dalam Darah

Kadar kalium normal dalam darah sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Kadar kalium yang tidak seimbang di dalam darah dapat menjadi faktor adanya masalah kesehatan. Hampir 98% kalium ditemukan dalam tubuh kita, di dalam sel-sel kita. Disamping itu, tingkat kalium yang tinggi atau rendah dapat berbahaya. Ginjal akan menjadi terpengaruh dengan kedua kondisi tersebut. Inti dari masalah ini adalah bahwa tingkat kalium normal sangat penting.

Kadar kalium normal

Secara ideal, kadar kalium dalam darah harus antara 3,7-5,2. Angka ini mungkin sedikit berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. Dalam kasus lain, 3,5-5,0 mEq/ l juga dianggap normal pada orang dewasa.

Tingkat kalium normal juga berpengaruh pada jantung kita agar dapat berfungsi dengan baik. Jika kadar kalium tidak mencukupi, kontraksi jantung dapat menjadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan denyut jantung yang tidak teratur, denyut nadi juga dapat menjadi lambat dan dalam kasus kronis, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung. Oleh karena itu untuk mencegah segala jenis masalah jantung, maka perlu untuk mengkonsumsi mineral ini melalui sumber makanan yang tinggi kalium.

Tes darah adalah cara terbaik dan cara termudah untuk mengetahui apakah kita berada dalam tingkat yang aman ataukah tidak. Jika tes darah menunjukkan bahwa tingkat kalium berada dalam kisaran normal, maka hal ini tidak ada masalah. Hal ini pada dasarnya disebut dengan tes tingkat elektrolit. Dalam kasus anak-anak, tingkat normal adalah antara 3,4 dan 4,7 mEq / L. Namun terdapat beberapa kondisi di bawah ini, yang kemungkinan tidak memberikan tingkat yang tepat dalam darah:

  • Mengkonsumsi suplemen kalium
  • Penggunaan obat pencahar berlebihan
  • Antibiotik, kortikosteroid, obat non steroid anti inflamasi, dan obat-obatan lain untuk pengobatan hipertensi dan penyakit jantung
>>  Fungsi Kalium dan Manfaat Senyawa Terkait

Selain itu, hal penting yang perlu untuk diingat bahwa pada sebagian besar orang sering menunjukkan hasil tes dengan kadar kalium darah yang rendah daripada tinggi. Tingkat kalium yang rendah dalam darah dapat merusak kontraksi otot-otot jantung.

Kadar kalium abnormal

Tingkat kalium yang abnormal dapat menyebabkan hiperkalemia atau hipokalemia. Hiperkalemia adalah kelebihan kalium dalam darah, yaitu 7,0 mEq/ L atau lebih tinggi. Dalam kondisi ekstrim, hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian. Tingginya kadar kalium juga mengganggu dan mengganggu irama listrik jantung. Hiperkalemia disebabkan oleh disfungsi ginjal, masalah yang berhubungan dengan kelenjar adrenal.

Sebaliknya, jika tingkat kalium rendah, kondisi ini disebut dengan hipokalemia. Beberapa alasan penyebab masalah ini meliputi muntah, diare, peningkatan tingkat kortikosteroid, penggunaan obat-obat pencahar, asidosis tubulus ginjal, tingkat magnesium yang rendah dalam tubuh, dsb.

Mengkonsumsi buah-buahan terutama pisang, sayuran, dan kacang-kacangan akan dapat membantu dalam menjaga kadar kalium dalam jumlah sehat dan normal dalam tubuh. Berkonsultasilah dengan dokter, jika anda menyadari bahwa terdapat perubahan kadar kalium dalam dalam tubuh.

 
  Incoming Keywords: nilai normal kalium dalam darah

,

Comments are closed.