Fungsi Kalium dan Manfaat Senyawa Terkait

Apakah fungsi kalium bagi tubuh kita? Kalium berfungsi sebagai elektrolit, bersama dengan natrium, magnesium, dan kalsium, yang menghasilkan listrik di dalam tubuh. Kalium adalah unsur logam yang termasuk dalam kelompok logam alkali dalam tabel periodik. Hal ini dilambangkan dengan karakter K. Dilihat dari sudut fisik, kalium adalah zat yang lembut dengan warna putih keperakan. Sedangkan dari sudut kimiawi, kalium merupakan unsur yang sangat reaktif dan mudah mengalami oksidasi ketika terjadi kontak dengan udara dan berubah warna menjadi abu-abu. Mineral ini bereaksi keras dengan air untuk membentuk gas hidrogen dan melepaskan sejumlah besar energi. Kalium dan senyawanya memiliki beberapa sifat unik yang digunakan untuk berbagai tujuan.

Kalium adalah unsur yang paling penting untuk mengisi ulang ion bermuatan positif dalam sel-sel tubuh. Unsur ini membantu dalam menjalankan fungsi jantung, ginjal, otak, jaringan otot, dan organ tubuh lainnya agar tetap dalam kondisi sehat. Hiperkalemia ditandai dengan adanya kalium yang berlebihan dalam darah, sedangkan kekurangan kalium menyebabkan hipokalemia.

Fungsi kalium dan senyawa terkait

Kalium tidak dapat disimpan bebas karena reaktivitasnya yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa dari fungsi kalium yang dapat digunakan:

  • Kalium klorida secara luas digunakan dalam pembuatan pupuk. Karena berfungsi sebagai bahan baku dalam penyusunan logam kalium, ini mengandung manfaat obat dan digunakan untuk mengobati hipokalemia. Hal ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti garam meja bagi penderita hipertensi.
  • Kalium permanganat memiliki sifat sebagai oksidasi yang kuat. Mak itu digunakan untuk menghilangkan besi dari air. Ini adalah disinfektan yang baik dan digunakan untuk obat berbagai infeksi jamur pada tangan dan kaki. Selain itu juga berguna sebagai pereaksi dalam proses sintesis senyawa organik seperti asam askorbat dan sakarin.
  • Kalium hidroksida sering digunakan untuk mengendalikan nilai pH zat asam. Kalium hidroksida bereaksi terhadap lemak dan minyak. Ini telah digunakan dalam penyusunan berbagai garam kalium.
  • Kalium nitrat umumnya dikenal dengan sebutan saltpeter atau sendawa. Penggunaan yang paling penting dari senyawa kimia ini adalah sebagai pupuk, selain berfungsi sebagai bubuk mesiu.
  • Kalium sianida memiliki kemampuan untuk melarutkan logam seperti emas, perak dan tembaga. Oleh karena itu, ini digunakan pada pertambangan emas atau selama proses pelapisan logam.
  • Kalium kromat memiliki beberapa manfaat yang mencakup pembuatan tinta, korek api, pewarna, dan kembang api.
  • Nama umum kalium karbonat adalah kalium, yang berguna dalam produksi kaca dan sabun.
  • Potasium klorat digunakan dalam pertanian sebagai obat pembunuh rumput liar.
  • Kalium nitrat berguna dalam industri kaca. Hal ini membantu dalam membuat kaca lebih keras dari biasanya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kalium memiliki banyak kegunaan dan fungsi yang berbeda. Reaksi unsur kalium dan air memberikan reaksi panas, yang dapat menyulut gas hidrogen yang dihasilkan selama reaksi. Api kalium tidak dapat dipadamkan dengan air. Hanya beberapa bahan kimia kering yang dapat digunakan untuk memadamkan api tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah berurusan dengan kalium.

Fungsi kalium bagi tubuh

Kalium melakukan sejumlah fungsi dalam tubuh, berikut adalah fungsi kalium tersebut;

  • Mencegah terjadinya stroke pada otak manusia.
  • Memainkan peran penting dalam fungsi otot jantung.
  • Mencegah timbulnya osteoporosis, yaitu penyakit yang ditandai dengan kepadatan mineral tulang yang berkurang, yang kahirnya mengarah pada tulang keropos.
  • Fungsi kalium adalah memainkan peranan dalam menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh, bersama-sama dengan natrium.
  • Memainkan peranan dalam menjaga tekanan osmotik dalam sel-sel tubuh.
  • Kalium berfungsi untuk menjaga tingkat pH darah, yang merupakan ukuran satuan dari keasaman.
  • Asupan kalium dalam jumlah yang cukup dapat mencegah batu ginjal.

Makanan kaya kalium

Asupan kalium harian yang terbaik adalah sekitar 3,8 gram. Sumber penting kalium meliputi daging, jenis ikan tertentu, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu, produk susu juga merupakan sumber yang kaya kalium. Diberikan di bawah ini adalah beberapa buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalium;

Sayuran: seledri, wortel, biji kering, kentang, bayam, ubi jalar, tomat
Buah-buahan: aprikot, alpukat, pisang, kurma, melon, kismis

Sekarang bahwa kita menyadari banyak manfaat dan fungsi kalium. Maka itu kita tidak boleh lupa untuk menyertakan mineral penting ini dalam menu makan harian.

 
  Incoming Keywords: kalium permanganat, fungsi kalium glutamat, kegunaan garam sendawa, kegunaan kalium, kalium karbonat, kegunaan kalium permanganat, kalium hidroksida, senyawa kalium yang digunakan untuk desinfektan, kalium permangat, definisi kalium kromat

, ,

Comments are closed.