Bunga Lili Air

Bunga lili air adalah tanaman air yang tumbuh di air tawar. Bunga ini lebih menyukai air yang tenang seperti kolam, danau, danbunga lili air rawa-rawa di mana tidak ada arus air. Bunga lili terdiri dari beberapa kelopak dengan benang sari emas di tengahnya. Tunas bunga baru mulai terlihat pada bulan April. Meski begitu, bunga ini benar-benar mekar pada bulan Juni sampai dengan bulan September. Pada umumnya, bunga lili hidup hanya sampai lima hari.

Bunga lili

Bunga lili adalah termasuk keluarga nymphaeaceae. Nama latinnya adalah nymphaea. Nama ini diperoleh dari kata Yunani nimfa, yang menurut mitologi Yunani berarti feminin supranatural yang menghuni air. Dengan demikian, nama ini benar-benar cocok untuk bunga ini.

Bunga lili memiliki makna spiritual dan estetika nilai tersendiri pada umat manusia. Telah digunakan secara luas dalam berbagai lukisan sejak zaman peradaban kuno. Seniman terkenal Perancis, Claude Monet (1840-1926) menggunakan bunga lili sebagai objek dalam lukisan untuk mengekspresikan tanggapan emosionalnya terhadap lingkungan. Sedangkan tato bunga lili sangat populer di kalangan wanita di seluruh dunia. Dalam konteks tato, bunga lili menggambarkan kemurnian hati.

Menurut bukti-bukti sejarah yang digali dari strata kuno, bunga lili diyakini berasal dari Amerika Selatan. Namun, berbagai macam bunga lili dengan warna yang berbeda telah banyak tumbuh di berbagai belahan dunia. Bunga lili hanya cocok untuk daerah beriklim sedang. Pada kondisi iklim ekstrim, dedaunan bunga ini cenderung mati, meski akarnya terus bertahan di dalam tanah. Di daerah yang beriklim tropis maupun subtropis, bunga lili dapat mekar selama cuaca dingin.

Ketika kita mencermati bunga air ini, terlihat bahwa bunga ini berkembang dari permukaan air itu sendiri. Meskipun kenyataannya adalah bahwa bunga tersebut hanya mengambang di atas badan air dan akar yang sebenarnya tetap melekat ke bagian bawah tanah. Dengan kata lain, hal ini benar-benar tumbuh di dalam air. Akarnya dapat tumbuh sedalam 6-7 meter dan menyebar ke segala arah hingga 4,5 meter. Kondisi ini menyebabkan tangkai yang panjang dan memungkinkan daun atau bunga untuk tetap dalam kondisi mengapung di permukaan air.

>>  Arti Bunga Kamboja Simbol Keabadian

Lili dapat dengan mudah ditanam sebagai tanaman hias di kolam kecil. Caranya dengan menanam umbi lili air ke dalam wadah dan menenggelamkannya ke dalam air. Untuk pertumbuhan yang tepat, ini membutuhkan banyak sinar matahari.

Terlepas dari warna dan keindahan, lili memberikan beberapa manfaat yang lain. Naungan yang disediakan oleh bunga ke air mencegah pertumbuhan ganggang. Maka itu, lili membuat air menjadi lebih bersih. Selain itu, bunga ini melindungi berbagai jenis ikan kecil dan hewan air yang hidup di air dari para pemangsanya.

Bunga air ini memiliki banyak jenis yang berbeda. Warna yang paling umum dari lili adalah putih, tetapi selain itu juga dapat ditemukan dalam warna lain seperti ungu, kuning, oranye, merah anggur, merah muda dan sebagainya. Kebanyakan dari jenis bunga ini membuka kelopaknya di pagi hari dan terutup di malam hari. Namun, ada beberapa jenis bunga lili tertentu yang hanya mekar di waktu malam hari.

 
  Incoming Keywords: aejarah bunga lily, tumbuhan yg hidup dalam air rawa

,

Comments are closed.