Manfaat Daun Kemangi & Minyak Kemangi untuk Kesehatan

Manfaat daun kemangi dan minyak kemangi dalam artikel ini akan memberikan informasi akurat dari khasiat daun kemangi untuk kesehatan. Kemangi adalah tumbuhan yang biasanya mempunyai daun berbentuk oval, dengan aroma yang tajam dan manis. Nama botani daun kemangi adalah Ocimum basilicum. Beberapa varietas kemangi yang terkenal seperti kemangi Perancis, Amerika, dan Mesir. Daun kemangi dipercaya berasal dari daerah tropis Asia, namun, tanaman ini sekarang dapat ditemui di berbagai belahan dunia.

Kemangi telah digunakan di seluruh belahan dunia karena sifat obatnya. Ini adalah obat herbal sederhana untuk mengobati berbagai penyakit, dan digunakan untuk mengatasi gangguan penyakit seperti batuk, pilek, dan bronkitis. Kemangi juga telah digunakan sejak berabad-abad sebagai obat untuk mengobati penyakit epilepsi. Kepopuleran dari manfaat daun kemangi bagi kesehatan mulai melonjak tinggi selama Perang Dunia II, ketika rempah-rempah saat itu menjadi barang langka.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Daun kemangi telah digunakan sebagai rempah-rempah dalam kuliner, dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan telah ditemukan. Pada beberapa jenis kemangi, daunnya kadang menyerupai daun peppermint. Daun kemangi ini menjadi berwarna coklat setelah mengering. Daun kemangi mengandung vitamin A dan vitamin K dalam jumlah besar. Selain itu daun kemangi juga kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, kalium, mangan, dan serat makanan. Berbagai sifat obat daun kemangi membuatnya menjadi unsur penting dari berbagai obat herbal. Beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang paling menonjol tercantum di bawah ini;


  • Ramuan dari ekstrak daun kemangi dicampur dengan kapulaga, gula, susu 1/2 liter, dan air mendidih dapat membantu untuk mengobati sakit demam dengan menurunkan suhu tubuh. Ekstrak daun kemangi juga dapat digunakan sebagai bahan obat batuk dan ekspektoran. Hal ini karena kecenderungannya yang mempunyai manfaat untuk membersihkan lendir pada saluran pernafasan.
  • Manfaat daun kemangi tidak hanya berguna untuk mengobati demam. Mengunyah daun ini sehari-hari juga dapat membantu dalam membersihkan darah dan mencegah gangguan psikis yanmanfaat kemangig berhubungan dengan stres. Secara luas, kemangi mempunyai sifat anti stres dan merupakan salah satu unsur penting dari pengobatan alternatif.
  • Manfaat daun kemangi yang lain adalah membantu dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai penyakit, ini dapat termasuk rheumatoid arthritis dan radang usus.
  • Dengan meminum 2 sampai 3 cangkir teh kemangi setiap hari dapat bermanfaat dalam mencegah beberapa penyakit seperti sakit tenggorokan, sembelit, diare, kram perut, ulkus lambung, ulkus mulut, dan infeksi saluran kencing. Satu hal yang mungkin perlu ditambahkan adalah madu dan pemanis. Namun, pemanis tidak dianjurkan bagi orang yang menderita diabetes.
>>  Tanaman Obat Herbal untuk Mengobati Kanker

Manfaat minyak kemangi

Minyak kemangi juga diekstrak dengan destilasi uap, menghasilkan cairan tipis transparan yang ringan dan berwarna hijau kekuningan. Aromanya manis dan segar dan sedikit pedas. Manfaat minyak kemangi ini dapat digunakan sebagai obat untuk melawan stres dan gangguan saraf. Hal ini dianggap sebagai tonik alami untuk saraf dengan kemampuan stimulan. Selain itu minyak kemangi juga diketahui dapat membantu dalam merangsang menstruasi.

Manfaat kemangi sangat berguna untuk digunakan dalam pengobatan alternatif dan gaya hidup sehat. Anda dapat membuat ekstrak daun kemangi atau teh setiap hari, untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Namun, jika anda mengkonsumsinya untuk mengobati suatu penyakit, anda perlu berhati-hati dalam memantau kondisi selama beberapa waktu. Jika penyakit ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang lebih baik atau jika berulang, selayaknya anda berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut untuk mendapatkan pertolongan medis.

, , ,

Comments are closed.