Beberapa Penyebab Sakit Punggung Tengah

Rasa sakit punggung tengah merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Punggug merupakan bagian dari tempat tulang belakang. Penyebab dan gejala sakit punggung di bagian tengah tidak selalu sama pada setiap orang. Bagi sebagian orang, rasa sakit punggung ini dapat menjadi tajam dan berlangsung dalam jangka waktu pendek. Namun, bagi beberapa orang yang lain dapat mengalami nyeri untuk jangka waktu yang lebih lama. Pada umumnya, sakit punggung tersebut disebabkan oleh masalah-masalah tertentu yang melibatkan otot, persendian, atau ligamen di sekitar itu. Selain ini, ada juga berbagai alasan lain yang dapat menjadi penyebab sakit punggung tengah.

Penyebab sakit punggung tengah

Sebagaimana telah disebutkan seperti di atas, bagian punggung tengah terdiri dari tulang belakang dan berbagai struktur lain seperti pembuluh darah, ligamen, otot, dan tendon. Setiap masalah pada struktur ini dapat menyebabkan nyeri punggung bagian tengah. Kondisi ini juga dapat terjadi dikarenakan adanya gangguan medis yang mempengaruhi bagian lain dari tubuh, dan menyebabkan rasa sakit di tengah punggung. Faktor gaya hidup juga bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan ini.

  • Menurut berbagai penelitian, otot terkilir dan keseleo adalah penyebab utama dari sakit punggung tengah. Otot-otot dan ligamen di bagian belakang melakukan fungsinya untuk mendukung tulang belakang dan tulang rusuk. Peregangan otot-otot yang berlebihan ini dapat menyebabkan jaringan robek, yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Duduk dalam waktu yang cukup lama, berolahraga berat, dapat menyebabkan nyeri di daerah tulang belakang bagian tengah, yang dapat menyebar ke daerah-daerah lainnya juga. Pada kondisi normal, rasa sakit akibat keseleo dapat berlangsung sampai sepuluh hari. Pada kasus keseleo yang diakibatkan oleh trauma atau cedera, hal ini mungkin akan diperlukan waktu antara dua sampai tiga hari hingga rasa sakit ini berkembang. Jika rasa sakit menjadi tak tertahankan atau berlangsung selama lebih dari sepuluh hari, konsultasikanlah dengan dokter segera mungkin. Kejang otot dapat berkembang sebagai akibat dari keseleo dan terkilir. Kontraksi tak terkendali dari jaringan otot dapat menyebabkan sakit punggung tengah.
  • Nyeri punggung tengah juga dapat disebabkan karena hernia. Tulang belakang dipisahkan satu sama lain dengan cakram tulang rawan. Menonjolnya cakram yang terselip dari posisi normal memberikan tekanan pada saraf-saraf yang berdekatan. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan nyeri yang dapat menyebar ke kedua sisi tulang belakang dan juga ke bawah.
  • Cedera pada bagian punggung seperti kecelakaan atau terjatuh juga dapat menyebabkan rasa sakit. Cedera tersebut dapat mencakup kondisi serius seperti halnya patah tulang belakang. Tulang rusuk dan tulang belakang yang patah dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam saat bernafas.
  • Penyebab lain nyeri punggung bagian tengah termasuk masalah struktural seperti scoliosis dan kyphosis. Otot perut yang lemah terkadang juga dapat menyebabkan masalah ini. Sebagian orang yang menderita tumor tulang belakang atau kanker sumsum tulang, hal ini dapat menjadi alasan di balik rasa sakit punggung bagian tengah.
  • Gangguan persendian seperti arthritis dan osteoarthritis adalah salah satu penyebab sakit punggung tengah. Dalam kondisi semacam ini, rasa sakit dapat menjadi parah jika bergerak atau selama cuaca dingin.
  • Kondisi medis seperti osteomyelitis, osteoporosis, stenosis tulang belakang, dan spondilitis, dapat juga menyebabkan rasa sakit di punggung tengah.
  • Penyebab nyeri punggung tengah meliputi faktor-faktor gaya hidup seperti posisi tubuh yang tidak pas dan kurangnya aktivitas fisik. Pada kondisi tertentu, obesitas dan merokok juga terkait dengan sakit punggung.
  • Kehamilan adalah kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa sakit di punggung tengah. Keausan sendi yang disebabkan oleh penuaan dapat memburuk kondisi tulang.
  • Gangguan pada ginjal seperti batu ginjal dan infeksi ginjal, rasa sakit akibat kondisi ini dapat menyebar sampai ke punggung dan pangkal paha.
  • Kecemasan dan stres juga terkait dengan sakit punggung. Kurang tidur dapat menjadi penyebab sakit punggung tengah.
  • Beberapa orang mengalami rasa sakit di punggung bagian tengah setelah makanan. Hal ini dapat disebabkan karena ulkus lambung. Kelebihan produksi gas di perut dapat memberikan tekanan pada daerah punggung tengah yang dapat mengakibatkan rasa sakit.
>>  Sakit Otot Punggung Atas

Jika gejala yang terjadi relatif ringan, istirahat adalah obat terbaik untuk mengatasi sakit punggung tengah. Kompres es terbukti bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit punggung. Hindari aktivitas seperti membungkuk, mengangkat beban berat, berlari dan bersepeda yang dapat memperburuk kondisi. Fisioterapi, pijat, dan terapi panas juga dapat digunakan untuk memperkuat otot-otot pada punggung. Perubahan gaya hidup juga diperlukan. Namun, jika kondisi ini disebabkan oleh adanya suatu penyakit, maka pengobatan harus ditujukan pada penyebab utama dari sakit punggung itu sendiri. Anda dapat mencegah sakit punggung tengah sampai batas tertentu dengan mempraktekkan gaya hidup sehat dan dengan mengendalikan berat badan.

 
  Incoming Keywords: tulang tengah belakang sakit, sakit punggung sebelah kiri tengah, sakit di tengah punggung belakang, sakit di bagian punggung bagian tengah atas, punggung belakang tengah sakit, pertengahan tulang punggung sakit, penyebab nyeri punggung tengah sampai dada, nyeri punggung ketika makan, mengapa punggung sebelah kiri tengah sakit, Keseleo otot punggungsebelah kiri

, , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sakit Punggung di Pagi Hari Sewaktu Bangun Tidur

    […] herniated disc juga dapat menyebabkan sakit punggung waktu bangun tidur di pagi hari. Mendiagnosis penyebab nyeri punggung secara tepat merupakan kunci untuk mengakhiri ketidaknyamanan pada […]