Sakit Punggung Sebelah Kanan

Sakit punggung sebelah kanan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Ini adalah penyakit yang sering terjadi pada orang dewasa. Dalam artikel ini kita akan melihat beberapa kemungkinan penyebab sakit punggung di sisi kanan.

Pada umumnya nyeri punggung sulit untuk didiagnosa dan diobati, karena terdapat banyak alasan di balik ketidaknyamanan ini. Nyeri punggung di sisi kanan yang kebanyakan dialami oleh orang dewasa ini setidaknya terjadi sekali dalam seumur hidup mereka. Penyebab paling utama dari nyeri punggung disebabkan karena posisi tubuh yang salah atau karena mengangkat beban yang berlebihan. Meski begitu, ada penyebab tertentu dari nyeri punggung sebelah kanan yang akan memerlukan perawatan darurat. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk mengetahui semua kemungkinan yang dapat menyebabkan nyeri punggung di sisi kanan.

Penyebab sakit punggun kanan

Nyeri di sisi kanan punggung, hal ini dapat terjadi secara akut ataupun kronis. Nyeri akut adalah nyeri yang tajam ditandai dengan tiba-tiba, dan ini berlangsung dalam waktu yang singkat. Sedangkan nyeri kronis akan bertahan dalam waktu yang lama. Berikut di bawah ini adalah daftar penyebab nyeri punggung pada sisi kanan;

  1. Vertebra adalah rantai tulang kecil yang melindungi sumsum tulang belakang. Di antara setiap tulang belakang terdapat cakram yang terdiri dari jaringan tulang rawan. Cakram bertindak sebagai peredam kejut dan memberikan fleksibilitas pada tulang belakang. Jika cakram mengalami gangguan, di mana jaringan dalam cakram menonjol melalui jaringan tulang rawan luar(herniasi), hal ini akan menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang, yang lebih mengarah pada peradangan dan rasa sakit di sisi kanan atau kiri punggung.
  2. Posisi tubuh yang tidak tepat adalah salah penyebab sakit punggung kanan. Duduk di kursi selama berjam-jam dapat menyebabkan nyeri punggung di sisi kanan. Bahkan postur tubuh yang salah saat berjalan atau tidur dapat menyebabkan nyeri punggung di sisi kanan.
  3. Sindrom iritasi usus adalah gangguan usus yang menyebabkan masalah dalam usus besar. Penyebab sebenarnya tidak begitu jelas, tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dapat memicu kondisi ini. Faktor-faktor ini dapat meliputi stres, alergi makanan, dan gangguan hormonal. Nyeri perut, diare, sembelit, sakit kepala dan sakit punggung adalah beberapa gejalanya.
>>  Penyebab Sakit Punggung Kiri Setelah Makan

Selain beberapa penyebab di atas, ada beberapa kemungkinan penyebab lain dari nyeri punggung di sisi kanan;

  • Infeksi saluran kemih
  • Batu ginjal
  • Obesitas
  • Skiatika

Karena banyaknya penyebab nyeri punggung sebelah kanan, maka hal ini perlu diagnosis yang teliti. Nyeri punggung di sisi kanan biasanya dapat hilang dengan sendirinya jika penyebabnya bukan hal yang parah. Akan tetapi, jika rasa sakit berlangsung dalam jangka waktu yang lama, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan mempelajari riwayat kesehatan dan melakukan beberapa tes untuk menemukan penyebab pasti sakit punggung tersebut. Pengobatan sepenuhnya tergantung pada penyebabnya. Penyebab tertentu seperti halnya masalah pada usus (sindrom iritasi usus) akan diperlukan perubahan pada pola makan dan gaya hidup, sedangkan nyeri punggung akibat herniasi dapat diatasi dengan terapi. Hal ini juga sangat penting bagi anda untuk melakukan tindakan pencegahan sehingga tidak akan mengalami rasa sakit lagi nantinya.

Ini adalah ulasan mengenai penyebab dan pengobatan untuk sakit punggung sisi kanan. Jika anda mengalami rasa sakit pada punggung yang serupa, segera konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan menjalani pengobatan yang tepat.

 
  Incoming Keywords: sakit punggung sebelah kanan, punggung kanan sakit, nyeri punggung sebelah kanan gejala sakit apa, sakit punggung kanan, nyeri punggung kanan, punggung sebelah kanan sakit, kenapa punggung kanan terasa ngilu?, sakit di punggung sebelah kanan, penyebab sakit punggung sebelah kanan, panas dan sakit pada punggung bagian kanan

, , , ,

Comments are closed.