Mengatasi Sakit Punggung di Awal Masa Kehamilan

Sakit punggung pada awal kehamilan adalah salah satu keluhan yang sering diderita oleh ibu hamil. Jika anda ingin mengetahui cara mengatasinya, maka artikel berikut ini akan membantu anda dalam mengatasi masalah sakit punggung sewaktu hamil.

Sakit punggung dapat terlihat pada wanita di awal kehamilan. Sakit punggung di bagian bawah merupakan pertanda awal selama kehamilan. Banyak wanita cenderung mengalami sakit punggung dalam periode ini.

Sembelit, mual, muntah, dan berbagai rasa tidak nyaman adalah gejala umum dari kehamilan. Akan tetapi, sakit pada bagian punggung merupakan salah satu hal utama yang menyebabkan ketidaknyamanan untuk ibu di awal masa kehamilan.

Penyebab umum

  • Alasan umum penyebab sakit punggung pada wanita hamil adalah adanya peregangan ligamen di sekitar daerah perut. Ini adalah hal alami yang dipersiapkan tubuh dalam proses¬† pertumbuhan janin yang akan berlangsung dari waktu ke waktu.
  • Pusat gravitasi tubuh mulai bergerak maju bersama dengan perkembangan uterus. Hal ini menyebabkan perubahan postur tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada wanita hamil.
  • Janin memberikan tekanan dan berat tambahan pada sumsum tulang belakang. Bagi beberapa wanita hamil juga cenderung terjadi penambahan berat badan. Punggung menopang badan ibu dan berat badan bayi, hal ini menimbulkan rasa nyeri di daerah punggung.
  • Hormon memainkan peran penting dalam tubuh seorang ibu hamil. Hormon progesteron melunakkan ligamen di daerah panggul dan membuat sendi menjadi longgar. Hal ini berfungsi untuk mempersiapkan tubuh dalam menampung pertumbuhan bayi di dalam rahim. Pergeseran ligamen dan persendian ini dapat menyebabkan sakit punggung saat hamil.
  • Wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih selama kehamilan. Infeksi bakteri dapat menyebabkan kondisi ini di awal kehamilan.
  • Ibu hamil cenderung menekuk tubuhnya ke arah belakang atau ke depan karena berat perutnya. Posisi tubuh seperti ini menyebabkan rasa sakit di punggung.
  • Stres mental dan fisik mempengaruhi daerah panggul yang lemah dari tubuh. Stres ini menyebabkan sakit punggung tersebut.

Tips mengatasi

Kondisi semacam ini tidak mungkin untuk dapat dicegah sepenuhnya, tetapi anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi intensitas dan frekuensi sakit punggung ketika hamil. Jika anda mengalami sakit punggung ketika hamil, anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikut berdasarkan naungan dari dokter:

  • Dengan meminum banyak cairan, hal ini dapat untuk menjaga saluran kemih bebas dari bakteri. Sering buang air kecil akan membantu dalam mengurangi infeksi saluran kemih yang menyebabkan sakit punggung waktu hamil.
  • Jangan membungkuk untuk mengambil sesuatu dari lantai. Sebaliknya, berjongkoklah untuk mengurangi tekanan pada punggung anda. Hindari memilih atau mengangkat benda yang berat karena hal ini tidak hanya berbahaya bagi punggung tetapi juga janin anda.
  • Lebih sering mengistirahatkan punggung dan menghindari berdiri atau duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang panjang.
  • Anda dapat menggunakan sabuk pada perut bagian bawah.
  • Berhenti memakai sepatu yang tidak begitu sesuai dengan punggung anda.
  • Berguling ke samping saat bangun tidur. Tekuk lutut dan pinggul, kemudian dengan lengan dorong tubuh anda sendiri untuk bangun dari tempat tidur.
  • Duduk di kursi yang mampu menopang punggung dengan baik dan tempatkan bantal kecil di belakang punggung bawah. Buat kaki anda dalam posisi yang sedikit lebih tinggi. Istirahatkan kaki pada bangku yang rendah.
  • Gunakan kompres untuk punggung anda. Anda dapat meminta seseorang untuk menggosok punggung anda untuk membantu mengurangi rasa sakit.
  • Olahraga seperti berenang, berjalan, dan aktivitas fisik lainnya dapat membantu membuat anda lebih kuat dan mengurangi rasa sakit. Sangat penting untuk melakukan segala bentuk olahraga kehamilan di bawah bimbingan dokter.

Anda dapat meminta dokter untuk memberikan obat untuk menghilangkan rasa sakit. Jangan mengkonsumsi obat apapun tanpa persetujuan dokter karena dapat berbahaya bagi janin anda. Sakit punggung adalah hal umum yang dihadapi oleh para ibu hamil. Meski begitu janganlah menganggap remeh sakit ini. Jika anda merasa ragu mengenai hal ini, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

 
  Incoming Keywords: pinggul terasa nyeri apakah pertanda hamil?, punggung bawah sakit tanda hamil, sakit punggung apakah gejala hamil, sakit punggung bawah tanda apa, sakit punggung awal hamil, sakit punggung apakah hamil, tanda hamil sakit punggung, apakah sakit punggung bagian bawah tanda hamil, Apakah sakit punggung adalah gejala hamil m, apakah nyeri punggung sampai pinggang pertanda hamil

,

Comments are closed.