Sakit Otot Punggung Atas

Sakit pada otot punggung bagian atas yang terasa kaku dan tegang dapat terjadi kapan saja tanpa peringatan apapun. Kadang kala, faktor usia dapat menjadi penyebab dari sakit pada otot punggung ini, sedangkan gangguan tertentu  juga dapat menjadi alasan munculnya sakit punggug pada bagian atas.

Sakit otot punggung atas dapat terjadi dengan secara tiba-tiba, dan bagi kebanyakan orang, gejalanya akan makin memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Otot punggung yang terasa kaku ini akan mengacu pada terjadinya kontraksi otot yang tiba-tiba terjadi tanpa disengaja. Kontraksi ini sering mengakibatkan sakit punggung yang tajam. Selain faktor usia, terdapat pula beberapa faktor yang menjadi alasan dalam menyebabkan sakit otot punggung sakit otot punggungatas.

Penyebab utama dari sakit otot punggung atas meliputi ketegangan pada otot, dan cedera punggung yang dialami selama aktivitas tertentu, atau mungkin karena akibat dari kecelakaan. Pembentukan tumor di dekat otot, infeksi, dan iritasi saraf diketahui pula sebagai penyebab yang kurang umum dari kondisi ini. Pada sebagian orang tertentu, kekurangan nutrisi yang penting dalam tubuh juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit otot punggung. Sebagai contoh, pelari maraton seringkali mengalami otot kaku yang menyakitkan dan parah di bagian punggung atas dan leher. Hal ini dapat disebabkan oleh tidak adanya elektrolit dalam tubuh mereka. Kelebihan berat badan atau masalah obesitas, duduk dan tidur dalam posisi yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab sakit otot punggung atas.

Gejala yang dialami saat punggun sakit

Sakit pada bagian punggung yang terjadi mungkin akan menyebar ke daerah lain, rasa nyeri tak tertahan ini akan berjalan melalui jalur saraf. Kebanyakan orang akan mengalami ketidakmampuan untuk memutar tubuh mereka dengan nyaman, ketika mereka menderita sakit otot pada punggung. Karena alasan yang jelas, rasa sakit menjadi lebih intens pada gerakan seperti berjalan dan berlari. Pada beberapa kasus, gerakan kecil dari kaki dan lengan dapat menambah rasa sakit.

Tips mengobati

  • Sakit pada otot punggung dapat diatasi dengan menggunakan kompres hangat. Kehangatan membantu mengendurkan otot-otot dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, berendam di dalam air panas juga akan membantu. Metode pijat dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk mengendurkan otot-otot dan menetralisir rasa sakit untuk sementara waktu.

  • Bagi dokter, penderita biasanya akan diobati dengan obat relaksan untuk menghentikan otot punggung yang sakit. Acetaminophen adalah pereda nyeri yang sudah umum diresepkan. Obat anti inflamasi juga dapat mengatasi pembengkakan.

  • Di waktu sedang dalam tahap penyembuhan, penderita harus menahan diri dari kegiatan yang dapat membuat kondisi menjadi lebih buruk. Setelah rasa sakit pada otot punggung sudah mulai mereda, penderita dapat berkonsultasi dengan dokter.

  • Yoga dianggap sebagai salah satu aktivitas yang paling aman dan efektif untuk membantu dalam menjaga otot punggung agar rileks, longgar dan bebas dari rasa kaku. Kebanyakan sakit pada otot punggung juga terjadi ketika seseorang mengabaikan pemanasan sebelum berolahraga. Maka itu lakukanlah peregangan sebelum berolahraga.

Sakit otot punggung atas merupakan manifestasi dari cedera atau ketegangan otot dan merupakan hal yang sudah umum. Akan tetapi, jika terdapat kondisi kesehatan yang mendorong terjadinya sakit otot punggung secara terus-menerus, maka hal ini merupakan suatu masalah yang wajib kita berikan perhatian ekstra.

 
  Incoming Keywords: mengatasi kaku otot di punggung atas, punggung atas tiba2 sakit

Comments are closed.