Dada Sesak Selama Hamil

Dada sesak merupakan hal yang sudah umum untuk dihadapi dari kebanyakan wanita hamil. Kondisi ini mungkin saja tidak begitu mengancam, meskipun hal ini sangat membuat rasa tidak nyaman. Oleh karena itu sesak dada selama kehamilan perlu mendapatkan perhatian dan perawatan. Artikel berikut adalah informasi mengenai penyebab dan gejala sesak dada selama hamil.

Kehamilan dapat membawa banyak sekali perubahan pada tubuh wanita. Hormon mengalami perubahan dengan pesat dan ini merupakan alasan utama terjadinya perubahan. Trimester pertama kehamilan membawa berbagai perubahan internal dan eksternal bagi wanita hamil. Tetapi ini adalah hal yang normal dan pasti akan terjadi sewaktu hamil. Masalah yang paling umum dengan wanita hamil batuk dan pilek. Gejala-gejala ini menyerang ibu hamil selama trimester pertama. Batuk dan pilek selama kehamilan tidak akan membahayakan janin atau menyebabkan komplikasi. Akan tetapi ddada sesak waktu hamilada sesak dan hidung tersumbat dapat membuat frustasi selama kehamilan. Karena adanya perubahan hormonal pada tubuh, maka pada saat ini ibu hamil lebih sensitif terhadap rasa sakit. Para ahli medis menyatakan bahwa batuk, pilek, dan sesak pada dada tidak berbahaya selama kehamilan, asalkan tidak terkait dengan kondisi medis tertentu. Kita akan melihat lebih rinci pada penyebab, gejala dan pengobatan untuk dada sesak selama kehamilan.

Penyebab sesak dada selama hamil

  1. Penyebab utama adalah ditinjau dari pilek dan hidung tersumbat selama kehamilan. Menurut penelitian, kadar estrogen dan progesteron meningkat selama kehamilan. Akibatnya selaput hidung membengkak dan mengering dengan mudah. Sementara itu batuk pilek, dapat membuat hidung dan dada terasa pengap dan menyebabkan dada terasa sesak.
  2. Selama kehamilan berlanjut, bayi tumbuh dan mulai menempati ruang yang lebih luas, mendorong diafragma. Kondisi ini membatasi paru-paru lebih kecil dari ukuran normal ruang, dan mengurangi kapasitasnya. Maka itu, hal tersebut menyebabkan pernafasan yang tadinya normal menjadi tidak nyaman bagi ibu hamil.
  3. Volume darah dalam tubuh selama kehamilan mengalami peningkatan, sehingga pembuluh darah dan kapiler dipompa lebih sering daripada sebelumnya, ini membuatnya membengkak. Kondisi ini dapat menyebabkan sesak di bagian dada.
  4. Perubahan hormon juga melemahkan sistem kekebalan tubuh sewaktu kehamilan. Sistem kekebalan tubuh melemah selama kehamilan tidak berarti kekurangan gizi. Namun pada kenyataannya hal ini sangatlah normal, karena tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dengan rendahnya tingkat kapasitas imun tubuh, penyakit seperti batuk dan pilek dapat dengan mudah membuat ruang selama kehamilan.

Gejala yang dapat diamati

Gejala yang paling sering dapat dialami seperti halnya sesak nafas, pergelangan kaki bengkak, saat bernafas dada terasa berat, batuk terus-menerus, mengeluarkan suara saat bernafas, palpitasi dan nyeri dada selama kehamilan. Ini adalah sebagian besar gejala yang dapat terjadi selama kehamilan selain dari penyakit tertentu yang mendasarinya.

Tips mengobati

  • Sebagian besar dokter akan merekomendasikan terapi alami yang akan menenangkan sesak pada dada, terutama pada trimester pertama, karena organ-organ bayi sedang dalam tahap perkembangan.
  • Pengobatan yang paling efektif adalah dengan minum banyak cairan. Hal ini dapat termasuk air putih, jus buah, terutama dengan vitamin C, serta sup dan kaldu. Gunakan lemon dalam minuman karena sifat asam dari lemon membantu dalam mengeringkan lendir.
  • Gunakan bantal tambahan sewaktu tidur dalam posisi setengah duduk dengan kepala anda yang lebih tinggi. Hal ini dapat meringankan pernafasan tanpa menghalangi saluran hidung. Anda juga dapat menggunakan nasal strip untuk bernafas lebih lancar.
  • Masukkan makanan kaya akan seng, seperti telur, yogurt, daging sapi, tiram dalam menu makan. Ini akan membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, anda dapat menambahkan jeruk, kiwi, mangga, stroberi, paprika, tomat.
  • Olahraga ringan juga sangat membantu. Namun, hindari berolahraga di luar ruangan dan tempat yang kotor. Jauhilah asap, uap kimia, dan alkohol.

Selama kehamilan hindarilah obat-obatan, khususnya di trimester pertama. Sebelum menggunakan obat-obatan, selalu berkonsultasilah dengan dokter untuk menggunakan obat yang aman selama kehamilan. Di atas adalah beberapa solusi alami untuk mengatasi sesak dada selama kehamilan. Hampir semua wanita menderita hidung tersumbat dan dada sesak dalam periode ini. Setelah melahirkan, tubuh anda akan kembali pada fungsi normal dan ini akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

 
  Incoming Keywords: sesak nafas pada ibu hamil, dada sesak apakah efek dari hamil muda, kenapa orang hamil dadane sesak, ibu hamil sesak nafas, ibu hamil muda sesak nafas kenapa, hamil muda susah tidur dada luar biasa sakit, Hal hal apa saja kah yang dapat membuat janin sesak bernafas, faktor yang menyebabkan ibu hamil merasa sesak, cara mengatasi sesak nafas saat hamil besar, waktu hamil dada sesak

, , , ,

Comments are closed.