Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Kapasitas paru-paru dapat diartikan sebagai total volume udara di dalam paru-paru, setelah mengambil napas dalam-dalam. Sedangkan volume paru-paru adalah dimensi fisik dari paru-paru itu sendiri. Kapasitas paru-paru dihitung dengan volume paru-paru yang berbeda selama menarik dan menghembuskan napas. Kapasitas paru-paru diukur dengan spirometer dan rata-rata manusia dapat menyimpan sekitar lima sampai enam liter udara dalam paru-parunya. Pada pernafasan normal, kapasitas ini tidak sepenuhnya digunakan. Jika anda pernah mendengar mengenai kapasitas paru-paru yang tinggi pada atlet, penyanyi, ataupun musisi yang memainkan alat musik tiup, hal ini sangat penting bagi mereka, karena mereka harus selalu dapat mengontrol nafas mereka. Akan tetapi, meningkatkan kapasitas paru-paru tidak terbatas pada orang-orang ini saja. Hal ini juga bermanfaat bagi setiap orang, karena kapasitas paru-paru yang meningkat tidak hanya akan meningkatkan stamina, tapi juga baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Cara meningkatkan kapasitas paru-paru

Kegiatan kardiovaskular
Olahraga adalah salah satu cara meningkatkan kapasitas paru-paru yang terbaik. Olahraga juga baik bagi sistem kardiovaskular, hal ini berhubungan dengan jantung, paru-paru, dan bagian lain dari sistem peredaran darah, untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Maka itu olahraga sangat sempurna untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan juga untuk memperkuat fungsi kardiovaskular. Berjalan, berlari, mendayung, berenang, bersepeda, dan senam aerobik harus dilakukan secara teratur. Namun, jangan berlebihan pada salah satu kegiatan untuk menghindari ketegangan pada otot yang dapat menyebabkan cedera. Mulailah secara bertahap dan meningkatkan batas waktu.

Latihan pernafasan
Latihan pernafasan merupakan cara efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Berlatih teknik pernafasan adalah salah satu dari cara sederhana untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Yang harus anda lakukan adalah dengan berbaring dan rileks. Ambil nafas secara perlahan-lahan dan tahan selama sekitar 10 detik, setelah itu hembuskan nafas perlahan-lahan. Ulangi proses ini selama dua puluh sampai tiga puluh menit secara teratur untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Anda juga dapat melakukan teknik pernafasan dasar seperti pranayama atau vipassana seperti yang dilakukan dalam latihan yoga. Pranayama membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengendalikan nafas. Selain meningkatkan kapasitas paru-paru, teknik pernapasan ini juga baik untuk melatih konsentrasi, menenangkan sistem saraf, menghilangkan stres, mengatur detak jantung dengan teratur dan untuk mencegah insomnia. Adalah selalu lebih baik untuk mempelajari teknik pernafasan dari seorang pelatih yang berkualitas, sehingga anda dapat melakukannya dengan cara yang benar.

>>  Gejala Pleuritis Radang Selaput Dada Paru-paru

Alat tiup
Instrumen alat tiup dapat membantu dalam usaha anda untuk meningkatkan kekuatan pada paru-paru. Instrumen seperti klarinet, flute, saxophone, tuba, dan oboe membutuhkan kapasitas paru-paru yang baik untuk dapat dimainkan. Ketika anda menguasai seni bermain instrumen ini, kapasitas paru-paru anda juga akan meningkat dan anda akan belajar bagaimana mengendalikan pernafasan.

Olahraga di tempat yang tinggi
Mungkin anda pernah mengetahui tentang beberapa atlet yang tinggal di dataran tinggi lebih mudah untuk mengembangkan kapasitas paru-paru. Hal ini disebabkan karena tingkat oksigen di dataran yang lebih tinggi adalah lebih rendah dari oksigen yang ada di daerah dekat permukaan laut. Tubuh beradaptasi dengan kondisi ini dan kapasitas paru-paru juga meningkat secara substansial. Oleh karena itu, orang-orang dari dataran yang lebih tinggi memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar.

Gaya hidup
Faktor yang sangat penting adalah diet sehat dan gaya hidup yang baik. Makan makanan yang kaya antioksidan, selenium, vitamin C dan E serta beta karoten, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Untuk hasil yang terbaik, anda dapat mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, minyak sayur, gandum, dan sayuran lain secara teratur. Pola makan seperti ini dapat melindungi paru-paru dari kerusakan, terutama bagi perokok. Menurut beberapa penelitian, beta karoten sangat bermanfaat dalam melindungi dan memperkuat paru-paru. Ini dapat dijumpai dengan berlimpah dalam wortel, mangga, aprikot, ubi jalar, paprika, dan melon.

 
  Incoming Keywords: biji yang kekuatan nafas, mengapa renang dapat meningkatkan kapasitas vital paru-paru, cara meningkatkan kapasitas paru paru, cara meningkatkan fernafasan, cara menguatkan paru paru, cara menambah volume paru paru, cara memperkuat pernapasan, cara memperkuat paru2, untuk mengembangkan kapasitas paru paru latihan yg efektif, cara melatih otot paru2

,

Comments are closed.