Gejala Alergi Kacang

Gejala alergi kacang dapat bervariasi dari tiap orang ke orang lain. Reaksi alergi terjadi sewaktu sistem kekebalan tubuhalergi kacang bereaksi negatif terhadap alergen yang terdapat di dalam makanan, obat-obatan, racun serangga, dsb. Adakalanya seseorang juga alergi terhadap berbagai jenis makanan seperti susu, telur, kacang tanah, kedelai, kerang, dsb. Protein tertentu yang ditemukan dalam makanan ini mempunyai efek samping yang dipicu oleh sistem kekebalan tubuh, yang salah mengidentifikasinya sebagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Untuk melindungi tubuh, sistem imun tubuh menghasilkan imunoglobulin E (IgE) antibodi. Tugas antibodi ini menyebabkan pelepasan bahan kimia tertentu seperti histamin yang akhirnya menyebabkan gejala alergi. Sifat dan tingkat keparahan reaksi alergi dapat bervariasi dari tiap individu ke individu yang lain. Namun, seseorang dapat menunjukkan gejala yang berbeda di waktu yang berbeda pula.

Alergi kacang

Kacang merupakan bagian dari makanan yang biasanya juga diketahui menyebabkan alergi, terutama pada anak-anak. Alergi kacang biasanya diakibatkan oleh kacang yang berasal dari pohon seperti kacang mete, kacang hijau, dan kacang almond, selain itu juga kacang tanah. Reaksi alergi terhadap jenis kacang tersebut juga biasanya hampir sama.

Mereka yang alergi terhadap salah satu kacang pohon mungkin akan menunjukkan reaksi alergi terhadap jenis kacang lainnya. Meskipun alergi kacang dapat terjadi pada usia berapa pun, hal ini merupakan masalah yang sering terjadi pada anak-anak. Telah diamati bahwa sebagian besar anak yang terkena alergi menderita kondisi ini sebelum mencapai usia tiga tahun.

Selain terkena alergi akibat memakan kacang, menghirup juga dapat menyebabkan efek samping pada seseorang. Meski tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa mencium atau menyentuh kacang dapat menyebabkan gejala alergi kacang.

Gejala alergi kacang

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, tetapi kacang juga dapat membuktikan mempunyai dampak buruk bagi sebagian orang. Mereka mengembangkan reaksi alergi mulai dari yang ringan sampai parah jika mengkonsumsi kacang. Reaksi ini muncul segera setelah mengkonsumsi kacang dalam rentang waktu sekitar dua jam. Sebagaimana disebutkan di atas, bahan kimia seperti histamin dilepaskan dalam tubuh, setelah merasa terkena alergi. Bahan kimia ini mempengaruhi sistem tubuh, terutama saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular. Beberapa orang dapat menunjukkan bereaksi yang parah, namun yang lain hanya menunjukkan gejala ringan. Gejala alergi kacang tersebut dapat hilang dalam beberapa waktu, atau mungkin memburuk dan menyebabkan gejala alergi kacang yang lebih parah.

Gejala ringan

  1. Bersin-bersin
  2. Mata gatal dan berair
  3. Ruam kulit
  4. Batuk
  5. Hidung meler
  6. Sesak napas
  7. Bibir kesemutan
  8. Mual dan muntah
  9. Diare

Gejala parah
Sebagian individu yang alergi terhadap kacang dapat mengembangkan gejala seperti pembengkakan bibir, wajah, dan lidah. Orang yang terkena juga dapat menderita masalah pernafasan, seperti tenggorokan membengkak yang membuat saluran udara menyempit. Pusing berkepanjangan merupakan gejala lain dari alergi kacang. Gejala-gejala ini dapat menyebabkan kondisi yang lebih mengancam jiwa yang disebut dengan anafilaksis, dimana saluran udara mengalami pembengkakan dan menyebabkan gejala yang parah berikut ini:

  1. Kesulitan bernafas
  2. Tekanan darah menurun
  3. Denyut jantung meningkat
  4. Pingsan

Riwayat medis penderita berhubungan dengan diagnosis alergi kacang. Telah diamati bahwa jenis alergi yang tinggi terjadi pada mereka sesuai kondisi yang berhubungan dengan alergi, seperti asma dan eksim. Bahkan sampai saat ini tidak ada pengobatan kuratif untuk mengobati alergi kacang. Semua yang dapat anda lakukan adalah dengan menghindari paparan kacang yang dapat menyebabkan alergi. Bahkan produk makanan yang mengandung kacang juga wajib dihindari. Jika anda mengembangkan reaksi alergi terhadap kacang, segeralah menghubungi dokter. Hal ini sangat diperlukan dalam kasus alergi yang parah.

 
  Incoming Keywords: alergi kacang hijau, jenis kacang penyebab alergi, gejala busuq hitam kacang tanah, efek susu kedelai kacang ijo terhadap pernafasan, efek mengkonsumsi sari kacang hijau ber kepanjangan, dampak alergi kacang, bahayakah alergi kacang hijau, apakah kacang ijo menyebabkan alergi pada balita, alergi kacang panjang, penyebab seseorang alrrgi kacang panjang

,

Comments are closed.