Penyebab Benjolan pada Lidah

Benjolan pada lidah yang biasanya berwarna merah atau luka pada lidah pada umumnya disebabkan oleh trauma ringan atau juga karena cedera. Berbagai kemungkinan penyebab luka pada lidah dan tips mengobati kondisi ini akan dibahas dalam paragraf berikut.

Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda dan tetap tertutup dengan papila yang terlihat seperti nodul kecil. Luka pada lidah dan benjolan biasanya merupakan ulkus jinak atau lecet yang timbul karena berbagai penyebab.

Beberapa orang dapat cenderung untuk mengalami benjolan di lidah. Meskipun tidak berbahaya, luka pada lidah tersebut dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan sakit saat mengunyah makanan. Luka dan lecet di lidah dapat diwarnai dengan lidah yang berwarna merah atau putih. Bahkan luka tersebut dapat timbul banyak dan menyebabkan rasa sakit yang parah. Meski begitu, benjolan kecil pada lidah dapat hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan medis.

Penyebab benjolan pada lidah

Beberapa alasan yang dapat menjadi penyebab benjolan merah di lidah meliputi beberapa faktor di bawah ini.

Cedera
Cedera atau trauma pada lidah dapat menyebabkan timbulnya luka di lidah. Lidah dapat mengalami cedera saat mengonsumsi makanan yang memiliki yang bertepi tajam, atau makan dan minum cairan panas. Seringkali, kecelakaan karena menggigit dengan kuat juga dapat mengiritasi lidah, ini menyebabkan papila membengkak dan menjadi sakit.

Peradangan dan bengkak pada papila tersebut dapat terlihat seperti benjolan merah. Benjolan tersebut dapat berlangsung selama kurun waktu beberapa hari setelah cedera dialami. Selain itu, konsumsi makanan asam dan pedas dengan berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan pembesaran luka.

Sariawan
Sariawan adalah lepuh terbuka dan berwarna putih atau kuning. Cedera pada jaringan, stres, gigi palsu yang tidak pas, dan kekurangan gizi dapat memicu perkembangan sariawan.

Alergi
Penyebab lain dari luka di lidah dapat dikarenakan alergi, terutama alergi makanan. Alergi terhadap makanan dapat menyebabkan perkembangan benjolan pada setiap bagian dari lidah, termasuk bagian belakang lidah. Seringkali makanan asam seperti buah jeruk dapat  menyebabkan terjadinya luka di lidah.

Penyakit mulut
Ini adalah penyakit menular akibat virus yang sering menyerang bayi dan anak-anak muda dari usia 5 tahun. Kondisi ini menyebabkan demam ringan, yang kemudian diikuti dengan sakit tenggorokan. Luka lecet dapat berkembang di rongga mulut, termasuk lidah. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus usus seperti enterovirus ataupun coxsackievirus.

Sipilis
Hal ini adalah sangat jarang jika luka yang berkembang di dalam rongga mulut dapat berhubungan dengan sipilis. Rasa sakit biasanya berkembang di daerah genital dan rektum, akan tetapi kadang-kadang juga dapat menjadi penyebab luka dalam rongga mulut. Sipilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Penyakit ini dapat mempengaruhi beberapa bagian dari fungsi tubuh, termasuk organ-organ vital seperti jantung dan sistem saraf.

>>  Penyebab Benjolan di Kelopak Mata

Penyebab lainnya
Luka di lidah juga dianggap terkait dengan faktor kekurangan gizi terutama kekurangan vitamin B12, seng, asam folat, dan besi. Selain itu fluktuasi hormon dapat menyebabkan perkembangan luka pada lidah.

Tips mengobati

Mengetahui jenis tertentu dari benjolan merah di lidah sangat penting untuk meringankan kondisi ini. Jika terdapat benjolan yang cukup menyakitkan, maka dokter biasanya akan merekomendasikan obat kumur antimikroba dan salep kortikosteroid. Salep kortikosteroid ini biasanya diresepkan untuk mengobati peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi ini.

Benjolan pada lidah dapat diobati dengan beberapa pengobatan rumah yang cukup sederhana. Anda dapat mencoba saran berikut untuk mengobati lidah yang sakit.

  • Gunakan air garam air sebagai obat kumur. Hal ini dapat mempercepat penyembuhan lidah dan bisul pada mulut.
  • Pakailah es batu untuk mengurangi rasa sakit dan memastikan penyembuhan yang cepat.
  • Untuk sariawan, anda dapat membuat pasta dari baking soda. Tambahkan sedikit air pada baking soda untuk membuat pasta yang nantinya digunakan sebagai obat kumur.
  • Minyak cengkeh, minyak pohon teh, dan lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan.
  • Pepaya dapat membantu dalam mengobati luka di lidah. Hal ini juga mempercepat proses penyembuhan.
  • Gunakan gliserin secara teratur pada daerah yang terluka. Gliserin dapat menenangkan luka dan mempercepat penyembuhan.

Pengobatan yang tepat tergantung pada penyebab yang mendasari. Oleh karena itu jika benjolan pada lidah tidak juga sembuh dalam waktu beberapa hari dan semakin parah, atau bahkan jika benjolan menjadi keras keras, maka pertimbangkanlah untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan diagnosa dan pegobatan yang tepat.

 
  Incoming Keywords: benjolan di pangkal lidah dekat tenggorokan, penyebab papila lidah membesar, benjolan di lidah, benjolan dilidah, bentol di lidah, bentol pada lidah, benjolan di lidah bagian dalam, lidah bentol, kayak aya benjolan di lidah warna merah, lidah ada benjolan

, , ,

Comments are closed.