Penyebab Sakit Punggung Kiri Setelah Makan

Banyak sekali penyebab sakit punggung kiri setelah makan. Pada umumnya, hal ini disebabkan karena sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, dan beberapa penyakit perut. Artikel kesehatan berikut ini memberikan informasi penyebab sakit punggung kiri setelah makan dengan ringkas.

Mengalami rasa sakit di punggung sebelah kiri setelah makan merupakan gejala yang tidak aneh dan dapat dialami oleh orang banyak. Biasanya rasa sakit ini akan menghilang setelah beberapa menit. Tetapi jika kondisi ini terus berulang, maka anda harus mewaspadainya. Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan rasa sakit, penyebab utamanya tercantum seperti di bawah ini.

Penyebab sakit punggung kiri setelah makan

  1. Punggung sebelah kiri merupakan rumah bagi organ ginjal kiri dan pankreas. Penyakit pada organ-organ ini tidak boleh dianggap remeh karena kedua organ ini, terutama ginjal, sangat penting untuk homeostasis. Karena dekat dengan saluran pencernaan, maka konsumsi makanan dapat memberikan tekanan pada salah satu dari organ-organ ini dan memperparah rasa sakit tersebut.
  2. Suatu kondisi yang disebut dengan divertikulitis melibatkan pembentukan kantong berisi cairan dalam dinding usus besar. Kantong ini disebut dengan divertikula. Peradangan yang terjadi pada divertikula disebut dengan divertikulitis. Hal ini menyebabkan nyeri pada bagian perut bagian bawah dan kadang juga menyebabkan rasa sakit di sisi kiri punggung bawah.
  3. Sindrom iritasi usus adalah gangguan pencernaan di mana makanan melewati saluran pencernaan baik sangat cepat atau sangat lambat. Kondisi ini dapat menyebabkan bentuk ketidaknyamanan perut seperti kembung, sakit perut, diare, kram perut, sembelit, dan nyeri punggung.

  4. Susu mengandung sejenis gula yang disebut dengan laktosa. Ketidakmampuan untuk memproses metabolisme gula disebut dengan intoleransi laktosa. Hal ini terjadi karena tidak adanya laktase atau enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa dalam sistem pencernaan. Intoleransi laktosa dapat menyebabkan kram perut, sehingga menyebabkan punggung sisi kiri menjadi sakit setelah mengkonsumsi sejumlah besar produk susu.
  5. Penyumbatan yang terjadi pada usus dapat menghalangi lewatnya produk pencernaan dalam berbagai bentuk seperti gas, cairan, dan padatan. Kondisi ini dikenal dengan istilah obstruksi usus, yang dapat terjadi pada setiap bagian dari usus seperti duodenum. Terkadang operasi akan diperlukan untuk mengobati kondisi tersebut. Obstruksi usus dapat menyebabkan nyeri ringan sampai nyeri punggung yang tajam di sisi kiri setelah makan.
  6. Penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi usus kecil dan merupakan  gangguan genetik. Hal ini terjadi pada orang dari segala umur. Pada penyakit celiac, terjadi reaksi pada protein yang disebut gliadin, yang sering ditemukan dalam gandum dan sereal. Gliadin ditindaklanjuti oleh enzim transglutaminase dan diubah menjadi protein yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk menyebabkan reaksi inflamasi. Hal ini dapat menyebabkan sakit punggung kiri atas dan bawah.
  7. Kondisi di mana cairan asam lambung naik ke kerongkongan disebut dengan asam reflux. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau peradangan pada lapisan esofagus. Asam reflux dapat menyebabkan perut terasa mulas dan juga dapat menyebabkan sakit pada punggung jika terlalu parah.

Tips

  • Dengan memakan pisang setiap hari akan memiliki pelindung dari keasaman dan membantu menghaluskan makanan dalam sistem pencernaan.
  • Minum jahe dengan teh atau makanan lain akan meningkatkan fungsi dan kinerja pencernaan.
  • Minum banyak air mebantu mengeluarkan racun dan membantu mengurangi kembung.
  • Mengunyah cengkeh setiap setelah makan dapat mengurangi masalah buang angin.
  • Berjalan selama setidaknya setengah jam setiap hari akan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain berbagai penyebab sakit punggung kiri setelah makan di atas, masih banyak juga penyebab lain yang mendasari sakit punggung kiri setelah makan. Seorang dokter biasanya melakukan berbagai tes diagnostik termasuk USG, X-ray, dan tes darah untuk mendiagnosis penyebab sakit punggung kiri setelah makan ini. Maka dari itu, selain mencoba pengobatan rumah, anda juga harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan, khususnya dalam bidang fisiologi untuk mendapatkan diagnosis yang benar dan pengobatan yang tepat untuk sakit pada punggung sebelah kiri setelah mengkonsumsi makanan.

 
  Incoming Keywords: sakit punggung saat makan, nyeri dipunggung setelah makan, sakit perut sebelah kiri setelah minum susu, sakit di punggung saat minum, sakit di dekat pinggang kiri setelah makan durian, punggung salit habis makan, punggung kiri terasa sakit setelah makan, pinggang kiri sakit setelah makan pisang, setelah makan sakit badan, nyeri punggung kiri makan

Comments are closed.