Alergi Coklat Penyebab Gejala Tips Mengatasi

Alergi coklat bukanlah suatu kondisi yang umum. Namun, ada juga orang-orang yang mengalaminya. Artikel berikut ini mengekspos berbagai gejala dan penyebab alergi coklat serta tips untuk mengatasinya.

Hampir semua orang dari segala usia suka sekali makan coklat. Sebagian dari kita juga ada yang mengalami kecanduan coklat. Meski begitu, ada beberapa orang yang tidak bisa makan coklat hanya karena mereka cenderung untuk menderita alergi. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Anak-anak dengan orang tuanya yang memiliki alergi coklat berada pada resiko yang lebih besar untuk mengalami hal yang sama. Dalam arti lain, kondisi ini dapat terjadi secara turun-temurun. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah dapat dengan mudah mengalami alergi coklat.

Penyebab alergi coklat

Bahan utama adalah coklat diperoleh dari biji kakao. Kakao diolah melalui proses fermentasi. Kakao dapat menjadi penyebab alergi tetapi hal ini bukan satu-satunya penyebab. Ada bahan-bahan lain yang dapat memicu reaksi alergi seperti kedelai, susu, gluten, dan bahan kimia yang dipergunakan untuk menambahkan warna atau rasa khusus pada coklat.

Gejala alergi coklat

Gejala alergi coklat memiliki banyak kesamaan dengan jenis alergi makanan lain. Gejala umum yang dapat terjadi pada orang dewasa setelah makan coklat adalah sebagai berikut:

Kesulitan dalam bernafas
Hal ini terjadi ketika lebih dari salah satu bahan coklat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Terlepas dari sesak nafas, seseorang dalam kondisi ini dapat mengeluhkan pusing, dada sakit, palpitasi jantung, kram perut, mual, muntah, dan mengi. Jika reaksi alergi mempengaruhi lebih dari satu sistem tubuh, maka bahkan dapat memicu syok anafilaksis yang dapat berakibat fatal. Dalam kondisi seperti itu, penderita alergi coklat tidak diperbolehkan menyentuh sepotong coklatpun.

Ruam kulit
Mereka yang sangat alergi dapat menderita ruam kulit setelah memakan coklat meski haya satu gigitan saja. Pada mulanya muncul masalah pada kulit dan sekitar wajah atau leher yang kemudian dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti lengan, kaki dan perut.

Sakit kepala
Sakit kepala yang parah dapat dialami oleh beberapa orang. Kafein dalam coklat adalah akan menyebabkan munculnya gejala alergi ini. Meski begitu, hal ini kadang juga masih dirangukan, apakah cokat benar-benar menyebabkan sakit kepala.

>>  Radang Tenggorokan Karena Alergi

Kebingungan
Ketika pikiran kita merasa tertekan, mungkin kita suka makan coklat karena ini dapat membantu untuk menambah semangat. Namun, bagi mereka yang memiliki alergi coklat, hal ini dapat memiliki efek buruk pada emosi mereka. Theobromine dalam kakao bertindak sebagai stimulan untuk sistem saraf yang membuat jantung berdenyut lebih cepat.

Perut mulas dan kembung
Ini adalah gejala ringan dan tidak menimbulkan efek serius bagi kesehatan anda. Biasanya, hal ini tidak disebabkan oleh kakao coklat. Sebaliknya, beberapa bahan lain dapat memicu alergi. Kebanyakan orang merasa perutnya mulas setelah makan coklat.

Tips mengatasi

Jika salah satu gejala yang diberikan di atas terlihat setelah makan coklat, kunjungilah dokter segera. Para dokter dapat mengidentifikasi komponen yang memicu reaksi alergi dengan bantuan tes kulit, tes darah, dsb. Obat yang sesuai akan diresepkan kepada pasien sesuai dengan tingkat keparahan gejala yang terjadi. Antihistamin dapat digunakan untuk mengobati gejala seperti ruma kulit, kulit gatal, dan gangguan pencernaan. Kortikosteroid dan bronkodilator diberikan kepada mereka yang merasa sesak nafas ringan, mengi, dan batuk. Mereka yang memiliki tanda-tanda anafilaksis seperti kesulitan bernafas, palpitasi, dan dada sesak harus bergegas ke ruang gawat darurat di mana suntikan epinefrin akan diberikan untuk mengatasi gejala alergi yang lebih parah. Setelah gejala alergi coklat mereda, saran yang diberikan oleh dokter harus diikuti untuk mencegah terjadinya alergi coklat lebih lanjut.

Kemungkinan anda tidak harus berhenti makan coklat selamanya meski anda memiliki alergi coklat. Dokter mungkin menyarankan anda untuk makan coklat yang tidak mengandung bahan-bahan tertentu, yang dapat menyebabkan timbulnya alergi coklat.

 
  Incoming Keywords: tanda alergi coklat, coklat dapat menyebabkan sesak nafas?, coklat dan keju apa bisa menyebabkan alergi, ciri alergi coklat, cara mengobati alergi susu coklat, apakah cokelat bisa menyebabkan alergi?, anak alergi coklat, alergi kulit karena coklat, alergi coklat tanda, alergi coklat pada anak

Comments are closed.