Cara Kerja Krim Pemutih Kulit

Krim pemutih kulit untuk tubuh dan wajah bertindak dengan cara menghambat pembentukan melanin kulit sehingga dapatmencerahkan warna kulit. Berikut adalah beberapa daftar bahan dan cara kerja krim pemutih kulit.

Krim pemutih dan pencerah kulit juga menjadi hal yang diperdebatkan terkait dengan pengaruh produk kosmetik pada kesehatan. krim pemutih kulitPenggunaan krim pemutih bukan untuk membuat kulit anda nampak lebih cerah seperti dalam iklan televisi. Bahkan krim ini tidak dapat secara dramatis mengubah warna kulit asli anda. Sebaliknya, krim dan lotion ini mencerahkan kulit dengan mengurangi bintik-bintik gelap dan noda yang disebabkan oleh hiperpigmentasi. Ini adalah akibat dari tubuh yang memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit melanin. Paparan sinar matahari berlebihan, produksi hormon yang meningkat, kerusakan kulit akibat bercak noda, bekas luka atau ruam, semuanya dapat menjadi penyebab hiperpigmentasi. Berikut di bawah ini adalah cara kerja bahan dari krim pemutih.

Cara kerja krim pemutih

Sebagian besar produk pemutih kulit wajah maupun tubuh yang digunakan cenderung menghambat dan mengurangi produksi melanin dengan menekan enzim tirosinase. Enzim ini sebenarnya bertanggung jawab terhadap warna kulit kita, mata, dan rambut. Dengan begitu, krim pemutih ini mencerahkan kulit kita dengan cara:

  • Mengendalikan dan menghambat produksi melanin.
  • Peluruhan dari penumpukan sel kulit mati.
  • Mempercepat peremajaan sel.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari.

Bahan pemutih kulit

Mercury
Krim pemutih kulit banyak yang menggunakan merkuri amoniasi atau merkuri klorida sebagai bahan aktif produk pemutih kulit. Hal ini cukup berbahaya dan dapat menyebabkan masalah neurotoksik seperti ataksia, gangguan bicara dan gangguan pendengaran, gangguan mental, dan bahkan masalah ginjal.

Hydroquinone
Salah satu bahan utama dalam berbagai krim pemutih kulit yang digunakan adalah hydroquinone, yang dikenal dengan sifatnya yang menghambat produksi melanin. Dengan menghambat produksi melanin, hal ini bekerja dengan baik sebagai pencerah kulit. Namun, ada kekhawatiran tentang keamanan dari bahan ini karena tidak hanya menyebabkan iritasi pada kulit, tetapi juga dapat menyebabkan ochronosis, perubahan warna biru hitam yang disebabkan oleh pigmen berwarna kuning tua. Di negara-negara seperti Perancis dan Jepang, penggunaan bahan ini dalam produk kosmetik telah dilarang.

>>  Menghilangkan Bercak Noda Pada Kulit

Kandungan kimia berbahaya yang lain termasuk dioksan, minyak mineral, parabens, alkohol dan wangi-wangian.

Cara alami memutihkan kulit

Jika anda bimbang mengenai efek samping dari krim pemutih kulit untuk tubuh, maka anda dapat mencoba untuk menggunakan beberapa obat pemutih kulit alami buatan sendiri yang sederhana.

  1. Campur satu sendok teh, madu, lemon, susu bubuk, dan setengah sendok teh minyak almond. Aplikasikan ini pada tubuh anda dan biarkan selama 15 menit sebelum anda membilasnya.
  2. Campur yogurt dengan jus tomat dan oatmeal, gunakan pada tubuh dan bilas dengan bersih setelah 20 menit. Hal ini dapat membantu melawan noda gelap yang disebabkan oleh sinar matahari.
  3. Parut kentang dan gunakan pada tubuh, ini membantu untuk mengurangi noda dan bercak di kulit.
  4. Kunyit halus dicampur dengan air jeruk nipis dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan menghilangkan noda hitam.

Daripada anda memilih krim pemutih kulit dari bahan kimia, anda dapat mencoba menggunakan produk-produk pemutih kulit alami yang dapat mencerahkan kulit.

 
  Incoming Keywords: cara kerja kosmetik memutihkan, cara kerja pemutih kulit, Bagaimana cara kerja produk pemutih kulit, cara kerja produk oemutih, mekanisme kerja produk krim pencerah, penyebab pemutih tidak bekerja, produk pemutih kulit dan cara kerjanya memutihkan kulit

Comments are closed.