Dampak Buruk Kadar Gula Darah Tinggi

Dampak buruk kadar gula darah tinggi antara lain buang air terlalu sering, rasa haus yang meningkat, dan penurunan berat badan secara drastis. Memiliki kadar gula darah normal merupakan syarat mutlak untuk tetap sehat. Tubuh kita tergantung pada zat gula sebagai sumber energi, akan tetapi kadar gula darah tinggi untuk jangka waktu tertentu juga dapat merugikan kesehatan.

Dampak gula darah tinggi dalam jangka pendek

Ketika kadar gula darah tinggi dalam periode waktu yang singkat, hal ini tidak begitu merusak organ tubuh. Namun, jika pengobatan tidak segera dilakukan, hal ini dapat menyebabkan komplikasi lebih parah. Salah satu dampak buruk dari kadar gula darah yang tinggi adalah kelelahan. Penderita mudah sekali merasa lelah, lemah, dan mengantuk saat melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika tingkat gula darah meningkat, kondisi ini juga dapat menyebabkan seringnya buang air kecil. Peningkatan kapasitas buang air kecil terkait dengan dehidrasi dan mengarah pada rasa haus yang berlebihan. Penderita dapat merasa haus sepanjang hari, walaupun memiliki cukup cairan. Sakit kepala dan kesulitan dalam fokus biasanya dapat diamati pada pasien yang menderita gula darah tinggi. Terlalu banyak zat gula dalam darah juga dapat menyebabkan penurunan berat badan. Gula darah tinggi dalam jangka pendek juga dapat menyebabkan mulut kering dan kulit gatal-gatal.

Dampak gula darah tinggi dalam jangka panjang

Diabetes
Hormon insulin bertugas untuk menjaga tingkat zat gula dalam darah. Namun, ketika tubuh tidak merespon insulin atau pankreas yang mengeluarkan insulin dan tidak bekerja dengan baik, maka hal ini dapat menyebabkan tingginya tingkat gula darah. Dalam dunia kesehatan hal ini dikenal dengan istilah diabetes melitus.

Gangguan sistem imun
Kadar gula darah yang tinggi secara terus-menerus dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan seseorang untuk melawan infeksi jadi menurun jauh. Sebagai akibatya maka penderita mennjadi rentan terhadap infeksi seperti influenza.

Kerusakan saraf
Gula darah yang tidak terkontrol juga dapat merusak sistem saraf. Komplikasi kesehatan seperti neuropati perifer erat hubungannya dengan diabetes yang tidak terkontrol. Pada neuropati perifer, saraf yang terletak pada tangan dan kaki menjadi rusak. Adanya kerusakan pada saraf, maka penderita akan mengalami kesemutan di tangan dan kaki.

Penglihatan
Jika kadar gula darah tidak berada dalam kisaran normal dan tidak diobati selama bertahun-tahun maka akan dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Diabetes yang tidak terkontrol dapat merusak retina. Masalah penglihatan seperti bintik-bintik gelap dan kesulitan fokus juga dapat terjadi. Penglihatan kabur juga sering dianggap sebagai komplikasi diabetes yang dapat menyebabkan kebutaan.

>>  Intoleransi Glukosa Penyebab Gejala

Arteriosklerosis
Ini merupakan pengerasan arteri yang juga dapat terjadi karena kadar gula darah yang tinggi. Arteri adalah pembuluh darah yang memasok darah ke berbagai bagian tubuh termasuk jantung dan otak. Membawa darah yang mengandung gula berlebih dapat merusak arteri. Arteri kehilangan fleksibilitas kemudian menjadi keras dan menyempit. Dinding arteri menjadi tebal karena penumpukan gula yang berlebihan. Kerusakan arteri akan berakibat buruk terhadap kesehatan jantung.

Sakit ginjal
Kadar gula darah yang tinggi pasti akan menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Terlalu banyak zat gula dalam darah untuk jangka waktu yang lama menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya sakit ginjal. Fungsi terpenting dari ginjal adalah untuk menyaring racun dan kotoran lainnya dalam darah. Oleh karena itu, kadar gula darah yang berlebihan merupakan beban berat bagi ginjal. Ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring darah yang tinggi akan zat gula. Seiring dengan waktu, kerja paksa ini berdampak buruk terhadap ginjal dan akhirnya mengganggu kinerja ginjal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengabaikan pengobatan gula darah tinggi dapat mempunyai dampak buruk pada produksi hormon pertumbuhan. Suntikan insulin kadang-kadang dianjurkan untuk mengatasi diabetes. Olahraga menjadi faktor tambahan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tepat dan menjaga diet yang seimbang juga dapat meberikan dampak positif pada tingkat gula darah, sehingga dapat membantu untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan gula darah.

 
  Incoming Keywords: akibat gula darah tinggi, efek gula darah tinggi, gula darah tinggi saraf tidak merespon, efek samping gula darah tinggi, diabetes tinggi, efek kadar gula darah tinggi, dampak kadar gula tinggi, efek gula tinggi, bila gula darah tinggi, penyebab dan akibat gula darah tinggi

Comments are closed.