Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dengan Alami

H iperglikemia adalah tingginya kadar gula darah. Hal ini merupakan komplikasi umum dari diabetes. Bagaimana cara menurunkan gula darah dengan alami? Artikel berikut akan mengemas cara menurunkan gula darah dengan metode sederhana.

Keadaan di mana kadar gula darah tinggi adalah suatu hal yang mempengaruhi orang-orang dengan diabetes. Hal ini juga terjadi pada pradiabetes, meski tidak separah pada penderita diabetes. Secara medis, ini disebut dengan hiperglikemia. Apa yang terjadi adalah ketika makanan akan dicerna, karbohidrat dalam makanan dipecah menjadi molekul gula, glukosa menjadi salah satu di antaranya. Glukosa ini diserap langsung oleh aliran darah, dan ketika tingkat gula darah naik, maka pankreas melepaskan hormon insulin. Hormon ini menyebabkan sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa dan menggunakannya sebagai bahan bakar dan sumber energi tubuh. Apapun yang tersisa dari glukosa akan diserap oleh hati dan akan digunakan nantinya. Saat seseorang menderita diabetes, tubuh tidak dapat memproduksi insulin sesuai yang diperlukan, atau bahkan mengembangkan resistensi terhadap efek insulin. Pada akhirnya, kadar gula darah mulai berkembang dalam aliran darah dan seiring dengan waktu, peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang mengancam jiwa.

Cara menurunkan kadar gula darah

  • Salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi yang paling efektif adalah dengan menjadi lebih aktif. Lakukan beberapa jenis olahraga setiap hari. Anda dapat jogging selama sekitar 10-20 menit atau bersepeda. Glukosa darah yang terus meningkat maka akan menghasilkan asam beracun yang disebut keton dalam darah. Dan jika hal ini terjadi, maka dianjurkan untuk menghindari olahraga apapun.
  • Cara menurunkan gula darah tinggi yang lain adalah dengan meminum banyak air putih. Hal ini akan membuat anda menjadi beser dan membantu dalam membilas gula dari dalam darah.
  • Salah satu metode herbal untuk mengurangi kadar glukosa darah adalah dengan meminum teh hijau. Manfaat teh hijau mempunyai kualitas untuk mengatur glukosa dalam tubuh. Meminum teh hijau yang lebih baik adalah tanpa gula.
  • Makan dalam porsi kecil secara rutin juga membantu dalam regulasi gula darah. Metode ini akan membuat tekanan pada usus, pankreas, dan enzim pencernaan menjadi menurun.
  • Obesitas dapat memperburuk komplikasi diabetes. Lemak perut berlebih tidak hanya meningkatkan resistansi tubuh terhadap insulin, tetapi juga meningkatkan resiko penyakit jantung. Maka itu cobalah untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan.
  • Makanan dengan glikemik rendah membantu dalam menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Beberapa makanan ini dapat termasuk: asparagus, alpukat, brokoli, kol bunga, seledri, kacang kapri, bayam, ketimun, terong, kacang buncis, selada, dan yogurt rendah lemak.
  • Hal penting lainnya adalah dengan mengetahui makanan dan minuman yang harus dihindari seperti: tepung terigu, minuman berkarbonasi, sereal, buah kurma, buah ara, pisang, kesemek, mangga dan anggur.


Ini adalah beberapa cara menurunkan gula darah tinggi dengan alami. Selain itu ikutilah  petunjuk dari dokter. Jika dokter memberikan obat apapun untuk membantu menjaga menurunkan gula darah tinggi, ikutilah petunjuk dokter dengan rajin. Minum obat secara teratur dan seperti yang disarankan pada metode alami di atas, akan memberikan hasil yang menyehatkan untuk jangka panjang.

 
  Incoming Keywords: cara mengurangi kandungan keton

Comments are closed.