Menjaga Tingkat Gula Darah Normal dan Sehat

Tingkat gula darah membantu anda mengetahui jumlah glukosa dalam darah anda. Artikel berikut akan memuat lebih banyak mengenai kadar gula darah normal dan sehat.

Jumlah glukosa atau zat gula yang terdapat dalam darah manusia disebut dengan tingkat gula darah atau kadar glukosa darah. Hal ini juga dikenal dengan tingkat glukosa plasma, yang dinyatakan dalam milimol per liter (mmol/ l). Tingkat gula darah pada mamalia biasanya berada pada kisaran 3,6-5,8 mm.

Tingkat gula darah yang tidak normal dapat menyebabkan kondisi seperti hiperglikemia yaitu tingkat gula darah yang tinggi dan hipoglikemia yaitu kadar gula darah rendah. Tingkat glukosa darah yang sangat tinggi merupakan indikasi bahwa orang tersebut menderita diabetes. Jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke, gangguan ginjal, dan penyakit jantung.

Gula darah

Tingkat glukosa darah pada seseorang yang sehat dikendalikan oleh dua hormon yang saling bertentangan, insulin dan glukagon. Pankreas mengekresi hormon endokrin untuk merespon kadar gula darah. Sekresi insulin akan meningkat seiring dengan peningkatan glukosa darah. Di sisi lain, glukagon disekresikan oleh pankreas ketika tingkat glukosa dalam darah menurun. Hormon ini menyebabkan liver untuk melepaskan glukosa yang disimpan ke dalam aliran darah.

Tingkat gula darah yang sehat dan normal

Kadar glukosa darah rata-rata pada manusia adalah antara 90-100 mg. Pada umumnya, kadar gula darah menjadi tinggi setelah makan dan menuju titik terendah di pagi hari. Dalam beberapa kondisi lain seperti kehamilan, menyusui, terluka, dsb juga mempengaruhi tingkat gula darah. Peningkatan juga dapat terjadi setelah aktivitas yang berat dan pada saat perawatan medis tertentu. Tes glukosa darah diperlukan untuk memastikan jumlah glukosa dalam darah. Hal ini juga digunakan untuk memantau kadar glukosa pada penderita diabetes, selain untuk menentukan apakah menderita hipoglikemia atau hiperglikemia.

Cara menjaga tingkat gula darah normal

Jika anda ternyata seorang penderita diabetes, di samping pengobatan untuk diabetes, anda juga harus mengikuti diet sehat untuk mengatur kadar glukosa plasma. Kunci untuk mengatur itu adalah dengan memahami jenis makanan yang baik untuk anda dan apa yang tidak baik.

Diet sehat
Makanan kaya karbohidrat seperti roti, gandum, dsb terurai menjadi glukosa, yang membantu dalam mengatur organ-organ internal tubuh. Akan tetapi konsumsi karbohidrat berlebihan juga dapat menyebabkan tingkat gula darah meningkat drastis. Makanan yang kaya protein dan diet serat tinggi membantu menjaga tingkat gula darah dalam batas normal. Batasi asupan protein untuk ikan, ayam, dan produk kedelai. Makanan kaya serat, bila dikonsumsi dengan diet tinggi karbohidrat, memperlambat kinerja tubuh dalam menyerap karbohidrat.

Olahraga
Olahraga merupakan bagian integral dari kehidupan dan olahraga ringan seperti bersepeda atau berjalan, jika dilakukan sehabis makan, akan membantu untuk mengalihkan glukosa dari aliran darah ke dalam otot. CObalah berjalan-jalan selama sekitar 15 menit saat istirahat makan siang. Latihan aerobik seperti jogging dan berenang meningkatkan respon tubuh terhadap insulin, yang selanjutnya membantu untuk mempertahankan kadar gula darah normal.

Pengobatan
Obat diabetes dan insulin dapat efektif menurunkan tingkat gula darah, tergantung pada waktu dan dosis. Meski demikian, anda harus berkonsultasi dengan dokter jika tingkat gula darah anda turun terlalu rendah disebabkan karena obat-obatan.

Gaya hidup sehat dan diet seimbang, olahraga, serta memantau tingkat gula darah dengan rutin akan membantu dalam menjaga tingkat gula darah normal dan sehat.

 
  Incoming Keywords: batas kadar gula darah o

Comments are closed.