Gejala Nyeri Punggung Kronis

N yeri punggung adalah sesuatu yang cenderung kita semua pernah alami. Namun, bagaimanakah bedanya antara nyeri punggung yang normal dan nyeri punggung kronis? Artikel ini akan membantu anda mengetahui gejala nyeri punggung kronis, sehingga anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan lebih memahami.

Sakit punggung sebenarnya merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering kita alami. Rasa sakit yang terjadi di punggung dapat disebabkan karena terdapat gangguan dengan saraf, tulang, otot, dan sendi tulang belakang. Nyeri punggung dapat berupa akut atau kronis. Istilah akut digunakan untuk kondisi yang bersifat sementara, sementara sakit punggung kronis berarti sakit punggung tersebut adalah sesuatu yang dialami oleh seseorang selama hidupnya. Kemudian bagaimanakah anda dapat mengetahui sifat dari nyeri punggung anda? Bagaimana anda tahu jika sakit punggung yang anda alami merupakan jenis akut atau kronis?

Gejala nyeri punggung kronis

Terdapat berbagai penyebab mengapa anda dapat mengalami nyeri punggung. Ini bisa disebabkan karena posisi tidur atau duduk dalam posisi yang tidak benar, cedera ataupun karena kondisi kesehatan tertentu. Nyeri punggung normal dapat sembuh dengan cepat, akan tetapi nyeri punggung kronis adalah sesuatu yang tetap terjadi terus menerus, atau akan kembali terjadi lagi dan lagi. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat diamati.

  1. Nyeri punggung terjadi berkepanjangan.
  2. Rasa sakit akan tetap ada sewaktu-waktu.
  3. Rasa sakit dapat menyebar dari tengah atau punggung bagian bawah sampai ke pinggul, paha, dan bahkan pada otot kaki dan betis.
  4. Sakit punggung bagian atas yang juga dapat menjalar sampai ke leher.
  5. Punggung terasa kaku secara konstan dan mengalami kesulitan jika ingin duduk, berdiri tegak, atau mengangkat barang.
  6. Nyeri punggung kronis dapat disertai dengan gejala seperti mati rasa, kelemahan, dan kesemutan.
  7. Rasa terbakar yang parah diiringi rasa sakit.
>>  Penyebab Sakit Punggung di antara Tulang Belikat & Bahu

Tips mengobati sakit punggung kronis

Penyebab nyeri punggung kronis dapat dikarenakan oleh cedera punggung, peradangan dan kesehatan kondisi seperti linu panggul, infeksi saluran kemih, dan osteoarthritis. Oleh karena itu, jika anda dapat mengetahui gejala-gejala tersebut, hal ini menjadi sangat penting bagi anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis, agar kondisi tidak mengakibatkan komplikasi lebih lanjut. Meskipun cara mengobati dapat bervariasi berdasarkan penyebab sakit punggung, dokter biasanya akan mencakup obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit. Dan jika perlu, operasi juga akan diperlukan untuk mengatasi sakit punggung kronis yang dikarenakan oleh cedera punggung. Terapi alternatif seperti terapi bio elektrik, akupunktur, dan yoga juga terbukti menjadi pengobatan yang efektif.

Nyeri punggung dapat terjadi di mana saja, baik itu pada bagian tengah, atas, maupun punggung sebelah bawah. Semua pengobatan mempunyai pendekatan yang sama, dengan ditinjau dari penyebabnya. Meskipun nyeri punggung adalah hal yang wajar, hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja, apalagi jika terjadi nyeri punggung kronis.

 
  Incoming Keywords: kenapa punggung sakit ga kunjung sembuh, punggung nyeri normal, gejala sakit punggung yg kronis, nyeri punggung berkepanjangan, sakit punggung susah sembuh

Comments are closed.