Penyebab & Gejala Kekebalan Tubuh Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah meningkatkan terserang infeksi dan penyakit. Penyebab dan gejala disfungsi sistem kekebalan tubuh akan ndijelaskan dalam artikel ini. Untuk mengetahui lebih dalam memperkuat kekebalan tubuh, perubahan pola makan dan gaya hidup yang sederhana akan membuat tubuh anda lebih kuat.

Sistem kekebalan tubuh melindungi anda terhadap penyakit dan infeksi dengan mengenali dan menghancurkan patogen dan sel-sel tumor. Sistem kekebalan tubuh membuat tubuh anda sehat dan bebas penyakit. Sistem limfatik, limfosit, kelenjar getah bening, cairan getah bening, fagosit, dan sel-sel darah putih yang lain merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Penyebab sistem kekebalan tubuh yang lemah

Karena respon imun tubuh melibatkan berfungsinya semua sistem tubuh bersamaan dengan sistem kekebalan tubuh, disfungsi pada sistem apapun dapat melemahkan tingkat kekebalan tubuh. Konsumsi gula yang berlebihan sangat mempengaruhi kemampuan sistem imun tubuh untuk dapat menyingkirkan dan menhancurkan kuman penyebab penyakit. Penyakit seperti AIDS dan diabetes, bahkan alergi dapat menekan sistem kekebalan tubuh anda. Pasokan vitamin C yang tinggi akan dapat menjamin kekebalan tubuh, tetapi gula yang berlebihan dapat merusak vitamin C dan akan mempengaruhi kinerja sistem imun. Penyakit mematikan seperti kanker sumsum tulang, leukemia, atau kanker lainnya yang serius dapat juga mempengaruhi produksi sel darah merah dan putih. Setiap kerusakan pada bagian tertentu dari sistem tubuh, dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Gangguan pada sistem imun tubuh akibat cacat bawaan sel sistem imun atau karena faktor lingkungan eksternal dapat mempengaruhi kinerja sistem kekebalan tubuh. Penyakit autoimun seperti multipel sklerosis dan lupus menunjukkan tingkat kekebalan tubuh yang lemah. Konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok berlebihan, dan penyalahgunaan obat dapat menyebabkan kekurangan gizi, yang berakibat pada gangguan sistem kekebalan tubuh. Pola makan yang salah, kurangnya berolahraga dengan teratur, dan kebiasaan makan yang salah dapat menurunkan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin dan mineral, istirahat yang tidak memadai, gaya hidup stres dan melelahkan, terapi seperti kemoterapi dan terapi radiasi, penggunaan obat-obatan tertentu, juga dapat merusak fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

>>  Nutrisi Memperkuat Sistem Imun

Gejala kekebalan tubuh lemah

  1. Sering jatuh sakit dan sakit-sakitan
  2. Mudah terserang oleh virus dan flu
  3. Proses pemulihan diri yang sangat lambat
  4. Meningkatnya rasa lelah meskipun mendapatkan istirahat yang cukup
  5. Sakit kepala terus-menerus
  6. Mata berair dan sering terkena pilek
  7. Nyeri otot secara konstan

Tips memperkuat sistem imun

Vaksinasi akan membantu tubuh untuk memproduksi antibodi yang sesuai dan memberikan perlindungan yang lengkap terhadap penyakit. Vaksinasi menjadi salah satu cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak-anak. Kekebalan tubuh yang buruk dapat mempengaruhi pertumbuhan pada anak. Penyakit seperti gondok, polio, tetanus, dan difteri hampir tidak terlihat saat ini akibat dari vaksinasi. Mengikuti pola makan seimbang dan meningkatkan asupan vitamin dapat membantu meningkatkan sistem imun. Buah-buahan segar, sayuran, bawang putih, ginseng, lidah buaya, termasuk beberapa daftar makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh tubuh anda.

Dengan diet seimbang dan olahraga secara teratur, gaya hidup sehat bebas stres, dan istirahat yang cukup, anda dapat dengan mudah memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Untuk mencegah sistem kekebalan tubuh melemah, maka anda harus berhenti merokok dan menghindari konsumsi obat dan alkohol secara berlebihan. Gaya hidup sehat sangat penting jika anda ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tubuh lebih kuat, sehingga anda dapat menikmati hidup ini.

 
  Incoming Keywords: cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, Penyebab daya tahan tubuh lemah, daya tahan tubuh lemah, yg terjadi sistem imun terganggu atau berhenti, akibat daya tahan tubuh lemah, antibodi lemah, kenapa tubuh menjadi lemah, apa yg terjadi jika tubuh lemah, kekebalan tubuh lemah, mengapa daya tahan t

,

Comments are closed.