Nutrisi Memperkuat Sistem Imun

Ada beberapa suplemen alami yang mendorong dan dapat meningkatkan kekebalan umum kita. Berikut adalah beberapa nutrisi terbaik yang akan membantu dalam memperkuat kekebalan tubuh baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa.

Sistem kekebalan tubuh kita memainkan peran penting yang bertugas untuk melindungi kita dari berbagai infeksi penyakit. Fungsi sistem pertahanan tubuh kita membantu dalam melawan sejumlah penyakit. Sistem ini terdiri dari sel-sel tertentu, jaringan, organ, dan produk sel yang berperang melawan berbagai patogen termasuk virus, bakteri, dan jamur. Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh memerlukan nutrisi tertentu agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Kekurangan nutrisi penting atau faktor-faktor lain seperti usia, stres, dan gangguan eksternal seperti polusi dapat menghambat sistem imun. Sistem kekebalan tubuh yang melemah dapat membuat seseorang rentan terhadap sejumlah penyakit. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar sehat dan tetap dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

Memperkuat sistem imun

Sistem kekebalan tubuh membutuhkan nutrisi yang spesifik untuk dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Nutrisi ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsinya, sehingga melindungi kita dari berbagai infeksi penyakit.

Vitamin
Beberapa vitamin memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit.

Vitamin A
Membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan sel maupun jaringan, serat memperkuatnya sehingga mampu untuk melawan virus, bakteri, dan jamur. Vitamin A juga membantu dalam menjaga selaput lendir tetap lembab sehingga dapat menyingkirkan kuman yang mencoba untuk masuk ke dalam tubuh.

Vitamin B
Studi menunjukkan bahwa asupan rutin vitamin B meningkatkan jumlah sel darah putih, yang merupakan unsur paling penting dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin B juga memberikan energi untuk tubuh dan mempertahankan efisiensi dari sistem imun.

Vitamin C
Vitamin C dianggap sebagai salah satu vitamin yang paling penting dari sistem kekebalan tubuh. Hal ini meningkatkan imunitas dengan membantu dalam pembuatan interferon, yaitu protein untuk kekebalan tubuh. Selain itu juga membantu dalam memproduksi beberapa hormon anti stres. Hal ini meningkatkan tingkat glutathione dalam tubuh, tripeptide yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh agar berjalan normal.

Vitamin E
Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari sejumlah infeksi dan penyakit. Peran utama vitamin E adalah untuk memberikan perlindungan terhadap radikal bebas berbahaya. Hal ini juga membantu dalam pembuatan sel-sel darah putih, yang merupakan komponen terpenting utama dari sistem kekebalan tubuh

>>  Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Obat herbal
Berbagai obat herbal berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Bagian terbaik dari obat herbal sebagai suplemen adalah bahwa sebagian besar dari ramuan ini bebas efek samping dan menunjukkan hasil akhir yang baik.

Bawang putih
Bawang putih dianggap sebagai pendorong kekebalan tubuh yang kuat. Ini memiliki antimikroba, anti inflamasi, dan sifat ekspektoran yang meningkatkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh, dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit termasuk batuk pilek, bronkitis, dan influenza.

Echinacea
Tanaman obat herbal ini berkhasiat untuk merangsang berbagai komponen dari sistem kekebalan tubuh seperti makrofag, limfokin, dan interferon. Echinacea mengandung anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, serta juga meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan.

Astragalus
Astragalus diketahui karena kemampuannya untuk meningkatkan aktivitas fagosit serta meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh. Hal pada ini umumnya digunakan untuk mengobati batuk pilek, influenza, penyakit autoimun, dan hepatitis.

Beberapa nutrisi tambahan yang memperkuat kekebalan tubuh adalah sebagai berikut:

Seng
Seng merupakan mineral yang meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membantu dalam memerangi berbagai patogen. Hal ini memainkan peran penting dalam merangsang produksi sel-sel pembunuh infeksi penyakit yang melawan sel-sel kanker.

SeleniumIni adalah mineral lain yang dapat meningkatkan produksi sel-sel yang membunuh sel-sel kanker. Anda dapat memperoleh selenium dari sumber makanan seperti ikan tuna, udang, lobster, kuning telur, dan biji-bijian.

Karotenoid
Beta karoten bermanfaat sebagai antioksidan kuat yang membantu dalam memerangi efek berbahaya dari radikal bebas.

Di atas merupakan beberapa vitamin dan obat herbal yang berfungsi sebagai suplemen penguat sistem kekebalan tubuh. Cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan melengkapinya dengan olahraga secara teratur.

 
  Incoming Keywords: meningkatkan fungsi sistem imun

,

Comments are closed.