Makanan Menurunkan Kadar Gula Darah

Makanan yang dapat menurunkan gula darah wajib diketahui bagi mereka yang rentan terhadap meningkatnya kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh mereka. Artikel di bawah ini memberikan informasi tentang daftar makanan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar glukosa.

Permen, gula, dan sesuatu yang serba manis tidak bagus untuk kesehatan anda jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Ini dapat mengganggu kadar gula darah normal dalam tubuh dan dapat menyebabkan hiperglikemia, dan bahkan diabetes. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kadar gula darah kita dan pemeriksaan secara rutin. Ada bergitu banyak makanan alami dan suplemen, yang jika dimasukkan dalam menu makan harian anda dapat membantu dalam menurunkan tingkat gula darah secara alami. Berikut di bawah ini adalah daftar makanan yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Makanan untuk menurunkan kadar gula darah

Sayuran
Sayuran adalah bahan makanan terbaik bagi orang-orang dengan kadar gula darah tinggi, karena mengandung kalori yang rendah. Beberapa sayuran yang terbaik untuk dimasukkan dalam diet seperti kembal kol, brokoli, dan kubis.

Ubi Jalar
Manfaat ubi jalar untuk kesehatan termasuk untuk menurunkan kadar gula darah. Ubi jalar mengandung serat larut dan beta karoten, yang mengatur dan meningkatkan respon tubuh anda terhadap insulin dan menstabilkan kadar gula darah.

Tomat
Salah satu sayuran yang mudah ditemukan adalah tomat. Tomat tidak hanya rendah kandungan karbohidrat, tetapi juga membantu dalam menjaga kadar glukosa dalam urin.

Kayu manis
Kayu manis memiliki tingkat magnesium dan serat yang tinggi. Selain itu ada sebuah zat yang disebut polifenol, yang bertindak sama dengan insulin. Insulin membantu dalam menurunkan gula darah secara signifikan. Berdasarkan penelitian, satu sendok teh kayu manis setiap hari akan membantu dalam menurunkan kadar gula darah sekitar 20%. Disamping itu, dampaknya akan dapat terlihat dalam jangka waktu 3 minggu. Ini adalah alasan mengapa menggunakan kayu manis sebagai obat penurun kadar gula darah sangat disarankan. Tidak hanya itu saja, kayu manis juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Alpukat
Alpukat mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin tubuh kita dan membalikkan resistensi insulin. Alpukat mengandung nutrisi seperti kalium dan berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, C, dan E. Alpukat  juga mengandung fosfor, magnesium, thiamin, asam folat, besi dan tembaga. Buah alpukat secara alami memiliki kadar gula yang rendah.

>>  Intoleransi Glukosa Penyebab Gejala

Biji rami
Biji rami diperkaya oleh phytochemical dengan alami, asam lemak omega 3, kadar serat rendah dan mineral penting lainnya. Selain itu biji rami juga rendah karbohidrat, sehingga membantu dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini juga menurunkan tingkat kolesterol. Ini adalah beberapa alasan mengapa biji rami merupakan konstituen penting dari diet ala diabetes.

Kacang-kacangan
Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari, ini akan berdampak pada resistensi insulin. Studi penelitian telah membuktikan bahwa ancaman diabetes tipe 2 menurun hingga 20%, hanya dengan konsumsi kacang-kacangan.

Bawang putih
Bawang putih mentah setiap hari dapat membantu tingkat glukosa menurun. Bawang putih mentah dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan produksi insulin, dan berpengaruh terhadap sensitivitas insulin. Bawang putih juga memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Maka itu, jangan pernah lupa untuk menambahkan bawang putih sebagai bahan dasar dalam makanan anda.

Bawang merah
Bawang merupakan sumber flavonoid dan sulfur yang sangat baik. Dengan demikian, Ini merupakan salah satu makanan penting untuk menurunkan tingkat gula darah.

Lemon
Lemon benar-benar bagus untuk mengendalikan kadar gula darah. Kualitas asam dari lemon akan mengurangi indeks glisemik makanan. Seiring dengan itu, lemon juga memiliki banyak antioksidan yang baik untuk menjaga kebugaran secara keseluruhan.

Ceri
Ceri mengandung antioksidan dan serat larut. Tidak hanya itu, ceri sangat rendah kalori, yang memberikan dorongan untuk memproduksi insulin.

Selain di atas, makanan penurun gula darah yang dapat dikonsumsi adalah kedelai, susu skim, pasta gandum, jeruk bali, kacang almond, kacang mete. Dengan menjaga pola makan dan pengecekan kesehatan secara rutin, anda akan bebas dari penyakit.

 
  Incoming Keywords: Apakah deabets makan bwng putih hitam bisa nurunin gula darah

Comments are closed.