Makanan Wajib dihindari Penderita Diabetes

D iabetes dapat dikendalikan dengan cara melakukan beberapa perubahan dalam gaya hidup, terutama pada kebiasaan makan. Berikut ini adalah daftar makanan yang wajib dihindari oleh penderita diabetes atau hanya makan secukupnya saja.

Sebagai penderita diabetes, anda diharapkan untuk mengikuti aturan-aturan tertentu yang terkait dengan gaya hidup dan kebiasaan makan. Ini sangat penting bagi seseorang dengan penyakit diabetes untuk mengetahui makanan apa sajakah yang wajib dijauhi. Mengkonsumsi makanan kaya lemak dan gula sebaiknya dihindari saja, karena komplikasi yang berhubungan dengan itu. Seiring dengan itu, pasien diabetes juga memiliki daftar banyak makanan yang harus dihindari.

Makanan pantangan penderita diabetes

Penderita diabetes seharusnya tidak hanya menjauhi unsur gula, tetapi juga harus tetap melakukan penelitian terhadap makanan-makanan lain, terutama yang kaya akan karbohidrat. Makanan tinggi kolesterol juga berakibat buruk bagi seseorang dengan penyakit diabetes, maka itu sebaiknya dihindari. Sebuah studi penelitian menyatakan bahwa beberapa buah-buahan dan sayuran tertentu dapat berbahaya bagi penderita diabetes. Demikian pula dengan makanan cepat saji dan minuman tertentu.

Makan kaya kandungan gula
Makanan kaya akan gula seperti es krim, kue, donat, coklat, dan pemanis buatan, sangat berbahaya bagi orang yang menderita diabetes. Daftar makanan mengandung karbohidrat tinggi didominasi oleh makanan yang kaya glukosa dan fruktosa seperti gula meja dan jus buah. Makanan semacam ini menyebabkan kadar gula darah meningkat, maka itu harus sangat dihindari oleh penderita diabetes. Jika menghindari gula tidak mungkin, maka hidangan tersebut dapat sedikit dikreasi untuk memastikan bahwa kandungan gulanya sedikit.

Jus buah
Minum segelas jus buah setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes. Akan lebih baik untuk makan buah saja daripada minum jus buah, karena memberikan serat yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, jus buah tinggi karbohidrat, oleh karena itu sebaiknya dijauhi.makanan yang harus dihindari penderita diabetes

Buah dan sayuran
Penderita diabetes juga perlu untuk menjauhi buah-buahan tertentu yang tinggi akan kandungan glukosa dan sukrosa. Buah-buahan seperti mangga, kurma, stroberi dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula darah yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Sayuran yang kaya akan kandungan pati seperti kentang dan labu juga harus dijauhi. Buah sarat gula dapat diganti dengan buah-buahan tinggi serat seperti apel dan pir.

>>  Minuman Detoks untuk Diet

Makanan kolesterol
Penelitian memberikan fakta bahwa diabetes dapat meningkatkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Hal ini membuat seseorang dengan penyakit diabetes rentan terhadap penyakit jantung. Karena kondisi yang seperti itu, makanan kolesterol tinggi seperti kuning telur, produk susu tinggi lemak, daging unggas, daging merah, keju, udang, dan mentega sebaiknya dijauhi.

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan beberapa masalah serius bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi alkohol di waktu perut sedang kosong dapat menjadi penyebab hipoglikemia. Kerusakan pada liver akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, juga dapat membuat seseorang tidak dapat menjaga tingkat glukosa dalam tubuh.

Gorengan
Gorengan cenderung meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Makanan yang digoreng juga sarat dengan lemak yang tidak sehat. Jika anda berencana untuk dapat menikmati beberapa makanan yang digoreng, anda harus beralih menggunakan minyak zaitun dalam menggoreng makanan. Pilihan memasak yang sehat bagi penderita diabetes adalah dengan direbus, dipanggang, atau dikukus.

Seperti yang telah dituliskan di atas, makanan cepat saji tidak dapat diterima oleh seseorang yang menderita diabetes. Hal terpenting yang perlu anda lakukan adalah tidak melebihi jumlah makanan yang direkomendasikan oleh dokter. Ikutilah gaya hidup sehat sejak awal, bukan hanya menunggu masalah kesehatan mendatangi anda.

,

Comments are closed.