Hubungan antara Sakit Punggung dan Pneumonia

Sakit punggung dapat menjadi salah satu gejala pneumonia. Artikel ini akan memberikan wawasan dengan rinci tentang hubungan antara sakit punggung dan pneumonia. Pneumonia dapat disebabkan karena berbagai faktor seperti bakteri, virus, jamur, organisme, menghirup makanan, gas dan debu.

Pneumonia merupakan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Pada beebrapa kasus yang sering terjadi, hal ini karena disebabkan oleh bakteri yang disebut degnan Streptococcus pneumoniae. Gejala dan tanda-tanda penyakit ini seperti pilek, demam tinggi, nyeri dada. Akan tetapi, tahukah anda bahwa pneumonia dapat menjadi salah satu penyebab dari sakit punggung?

Pneumonia dan sakit punggung

Tidak setiap orang menyadari, bahwa sakit punggung merupakan salah satu gejala yang kurang dikenal dari pneumonia. Oleh karena paru-paru terinfeksi, terjadi sakit dada dan punggung ketika mengalami penyakit ini. Mungin saja anda tidak menyadarinya bahwa gejala pneumonia dan bronkitis mempunyai gejala yang sangat mirip. Akan tetapi, perhatikan bahwa sesak dada dapat terlihat dalam kasus bronkitis, sedangkan pada pneumonia, anda akan mengalami sakit punggung dan sakit dada. Ini adalah perbedaan utama diantara keduanya.

Sakit punggung pada umumnya dapat terjadi pada kasus pneumonia karena serangan bakteri. Seringkali dapat diamati bahwa sakit dada dan punggung akan semakin memburuk. Ketika seseorang bernafas dalam-dalam, maka dia akan mengalami sakit pada punggung dan dada bagian bawah. Oleh sebab itu, jika seseorang mengeluh karena nyeri punggung yang makin memburuk ketika bernafas, ini kemungkinan menderita pneumonia.

Meski begitu, tidak semua masalah sakit punggung disebabkan karena pneumonia. Begitu pula tidak semua penyakit pneumonia menyebabkan sakit punggung. Jika menderita pneumonia, maka akan banyak gejala lain yang dapat diamati. Berikut di bawah ini merupakan wawasan tentang pneumonia yang dapat diketahui.

>>  Penyebab Sakit Punggung di antara Tulang Belikat & Bahu

Penyakit penumonia

Pneumonia merupakan infeksi saluran pernapasan. Hal ini dapat disebabkan karena polusi industri, asap rokok, dsb. Kemungkinan adanya bakteri di dalam mulut atau hidung, masuk ke paru-paru dan menyebabkan penyakit pneumonia. Demikian juga seseorang yang menderita tubuh lemah. Infeksi ini dapat terjadi pada orang dari setiap kelompok usia, dan bahkan dapat berakibat fatal pada kasus bayi dan orang tua.

Gejala yang dialami

Gejala dari pneumonia dapat termasuk flu, demam, menggigil, dan batuk, yang mirip dengan influenza. Selain itu juga dapat terjadi gejala-gejala sebagai berikut ini:

  1. Sakit punggung
  2. Sesak napas
  3. Nyeri dada
  4. Nafas pendek
  5. Detak jantung meningkat
  6. Mual
  7. Muntah
  8. Diare

Selain di atas ini, gejala lain yang dapat terjadi seperti halnya kurang nafsu makan. Pada orang tua dapat saja tidak memiliki beberapa gejala khas tersebut, tetapi mungkin dapat menunjukkan gejala lain seperti delirium. Jika seseorang yang sebelumnya telah menderita penyakit paru-paru, maka orang tersebut memiliki resiko tertinggi tertular penyakit pneumonia.

Pneumonia dapat disertai dengan komplikasi lain, yang bahkan dapat mengakibatkan kematian. Perlu dicatat bahwa infeksi hanya dapat disembuhkan sepenuhnya hanya jika diobati secepatnya. Memiliki pola makan yang sehat akan dapat mencegah penyakit pneumonia.

 
  Incoming Keywords: sakit punggung hingga menyebabkan sesak, sesak nafas punggung sakit

Comments are closed.