Punggung Sakit Seperti Ditusuk-tusuk

Pungung sakit seperti ditusuk-tusuk dapat dikarenakan oleh batu ginjal dan herniasi diskus. Melalui diagnosis dan metode pengobatan yang tepat, hal ini sangat mungkin untuk meredakan sakit pada punggung. Paragraf di bawah ini akan mengungkapkan informasi mengenai penyebab sakit punggung yang parah.

Sakit pada bagian punggung merupakan salah satu gangguan kesehatan paling menyakitkan yang dapat dialami oleh setiap orang. Hal ini dapat berkisar dari sakit pungung yang ringan sampai terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, sementara itu terasa menyiksa. Diagnosis dan pengobatan yang tepat dapat diketahui berdasarkan dari area dan tingkat keparahan dari rasa nyeri.

Penyebab yang mendasari

Batu ginjal
Batu ginjal dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu batu kalsium dan batu asam urat. Batuan ini dapat terbentuk ketika jumlah kalsium atau asam urat dalam tubuh mengalami peningkatan. Mengkonsumsi suplemen kalsium berlebih dan diet protein tinggi dapat menjadi penyebab pembentukan batu kalsium. Di lain sisi, tidak meminum air dalam jumlah cukup juga menyebabkan batu ginjal. Terlepas dari sakit pada punggung, gejala lain dari batu ginjal adalah sakit perut bagian bawah dan sakit saat buang air kecil.

Herniaasi diskus
Gangguan kesehatan ini terjadi karena cakram yang pecah atau meleset, yang terjadi di antara dua tulang belakang. Kondisi ini dapat dialami karena akibat dari kecelakaan, cedera atau akibat faktor usia. Linu pada bagian panggul juga merupakan salah satu penyebab punggung terasa seperti ditusuk-tusuk pada salah satu sisi bagian belakang yang berjalan turun sampai ke kaki.

Osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit degeneratif yang disebabkan oleh turunnya tingkat massa pada tulang. Penyebab osteoporosis secara pasti belum diketahui, namun dapat diyakini bahwa faktor usia, pola makan dan hormon, memainkan peranan besar dalam menyebabkan penyakit ini. Osteoporosis menjadi penyebab sakit punggung bagian atas yang seperti ditusuk-tusuk.

Cedera
Cedera pada bagian punggung merupakan salah satu penyebab yang umum dari sakit punggung. Trauma ataupun cedera karena kecelakaan atau jatuh dapat menyebabkan sakit punggung yang parah. Di sudut lain, membungkuk secara tiba-tiba, mengangkat benda berat, dan berbaring, keseleo pada ligamen juga dapat menjadi penyebab cedera pada otot-otot, sehingga menimbulkan rasa sakit pada punggung yang parah.

>>  Nyeri Punggung Atas Selama Hamil

Sakit pada punggung seperti ditusuk dapat disebabkan karena posisi tubuh yang tidak tepat saat duduk maupun tidur. Meski begitu, hal semacam ini dapat diobati secara mudah dengan menggunakan pengobatan sederhana seperti kompres.

Tips

Batu ginjal dapat diobati dengan bantuan obat-obatan, jika batu tersbut dalam ukuran yang kecil atau mungkin akan dilakukan operasi jika batuan tersebut membesar. Osteoporosis juga dapat diobati dengan obat-obatan, terapi fisik, dan terapi hormon. Sedangkan pada herniasi diskus juga dapat digunakan obat-obatan, terapi fisik, dan operasi.

Sementara itu terdapat adanya cara lain seperti akupunktur dan akupresur yang sama-sama akan dapat membantu dalam mengobati. Tetapi metode ini pada umumnya hanya membantu dalam mengobati rasa sakit yang disebabkan karena penyebab yang tidak parah. Perlu adanya konsultasi dengan dokter dan mendapatkan penyebab pasti melalui diagnosis sebelum memilih untuk metode ini. Selain itu, obat penghilang rasa sakit juga dikonsumsi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Sebagai tindakan pencegahan, anda harus mengikuti gaya hidup sehat dan melakukan olahraga secara teratur untuk dapat meningkatkan fleksibilitas otot. Posisi tubuh saat tidur, duduk, berjalan, dsb juga harus tepat.

 
  Incoming Keywords: punggung sebelah kiri sakit seperti ditusuk, penyebab punggung sakit seperti ditusuk, sakit punggung seperti ditusuk jarum, punggung sebelah kanan sakit seperti ditusuk, penyebab tulang terasa di tusuk, tanda2 ditusuk2 bagian punggung, punggung seperti ditusuk tusuk, sakit seperti di tusuk di belakang, penyebab punggung terasa di gigit semut, sakit punggung seperti ditusuk tusuk

,

Comments are closed.