Penyebab Rendah Diri + Ciri Orang yang Rendah Diri

Rendah diri dapat berdampak sangat negatif pada kehidupan seseorang dan dapat mempengaruhi semua aspek keberadaannya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor bahwa seseorang dipengaruhi oleh masa lalunya pada saat kecil. Selain itu terdapat beberapa penyebab rendah diri lainnya yang dapat terjadi pada seseorang.

Dalam istilah sederhana, harga diri adalah bagaimana seseorang menghakimi diri sendiri. Penilaian menarik tentang diri didasarkan pada beberapa faktor, dan dapat juga menyebabkan seseorang mengembangkan harga diri yang tinggi atau juga rendah diri. Seseorang memiliki perasaan tinggi atau rendah berdasarkan pada pengalaman seseorang melewati masa kanak-kanak mereka. Sementara itu harga diri tinggi atau positif memungkinkan seseorang untuk mengembangkan rasa realistis, di sisi lain rendah diri dapat menyebabkan seseorang mempunyai sikap negatif.

Rendah diri menyebabkan rasa ketidakmampuan, tidak berharga, dan kurangnya percaya diri. Oleh karena itu dapat menurunkan kualitas hidup seseorang dalam segala bentuknya. Hal ini juga membentuk dasar di mana seseorang menjadi tertekan, mempunyai kecenderungan bunuh diri, gangguan mental, dan perilaku merusak diri sendiri. Hasil akhir dari rendah diri biasanya menyebabkan degradasi diri, yang menghilangkan cara berpikir secara rasional. Karena rendah diri dapat berdampak besar pada kehidupan seseorang, maka sangat perlu untuk mengetahui penyebab rendah diri yang bervariasi, dimana seseorang bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan nilai yang lebih positif.

Penyebab rendah diri

Rendah diri disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, tergantung pada latar belakang dan status seseorang, usia, lingkungan, hubungan dengan dunia luar, dan beragam pengalaman di masa kecil dan waktu remaja.

Kelalaian
Setiap anak pasti membutuhkan perhatian, kasih sayang, dan pujian ketika tumbuh dewasa sehingga anak dapat mengembangkan nilai positif dalam diri mereka. Namun bila anak dibesarkan dalam kondisi di mana cinta dan kasih sayang yang kurang, sementara kebutuhan emosional atau fisik mereka tidak terpenuhi, maka mereka akan merasa ditinggalkan. Mereka akan merasa sangat sulit untuk mempercayai orang lain, takut bahwa mereka akan ditinggalkan lagi. Hal ini kemudian menghambat kemampuan mereka untuk bergaul dengan orang lain dan mengarah ke sifat asosial, yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa rendah diri.

Hukuman dan pelecehan
Kebanyakan orang dengan perasaan rendah diri mempunyai riwayat penyalahgunaan dari hukuman maupun pelecehan, secara fisik dan mental selama masa kanak-kanak mereka. Penyalahgunaan apapun memberikan kesan pada anak bahwa dia hanyalah sebuah hal yang akan digunakan dan dihukum. Dampak dari penyalahgunaan yang mengakar sangat sulit untuk disembuhkan.

Kritik secara berlebihan
Ketika seorang anak terus-menerus diingatkan bahwa sikapnya tidak baik, hal itu akan menghasilkan anak merasa tidak memadai dan membuat anak kehilangan rasa percaya diri. Situasi tersebut menciptakan perasaan yang tidak berharga, pada akhirnya ini akan membuat mereka pesimis dan ragu-ragu dalam melakukan sesuatu yang positif.

Membandingkan dengan yang lain
Menjadi perbadingan dengan orang lain terutama saudara kandung secara terus-menerus akan membuat anak kehilangan percaya diri akan kemampuannya.

Harapan
Beberapa orang tua terkadang mempunyai harapan tertentu dari anak mereka. Jika seorang anak tidak mampu memenuhi harapan tersebut, maka dia akan merasa dikecewakan oleh orang tuanya. Hal ini biasanya terjadi dalam kondisi orang tua yang cenderung mempengaruhi anak dengan harapan dan impian yang tak pernah terpenuhi oleh orang tua.

Penampilan
Wajah seseorang menjadi hal pertama yang mengarah pada kesan, banyak orang dengan penampilan fisik yang tidak begitu menarik mungkin cenderung merasa rendah diri bila dibandingkan dengan orang yang lebih baik darinya. Beberapa orang menjadi mengisolasi diri mereka dari kehidupan sosial yang aktif dan akhirnya menjadi mundur.

>>  Cara Menjadi Pribadi yang Menarik

Prestasi
Orang-orang yang bekerja untuk mencapai kesuksesan dalam hidup mereka dan gagal setelah bekerja keras, hal ini dapat menyebabkan putus asa dan hilangnya harga diri.

Tekanan dari rekan
Tekanan dari teman sebaya dapat menyebabkan banyak pergolakan di dalam seseorang.

Ekonomi
Strata kalangan bawah dalam hal posisi keuangan atau sosial dapat menyebabkan rasa rendah diri dalam diri seseorang. Hal ini dapat berlaku jika rekan-rekannya mempunyai nasib yang lebih baik daripada mereka. Dengan demikian kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengembangkan citra diri yang rendah.

Ciri-ciri orang yang rendah diri

Berikut di bawah ini merupakan karakteristik seseorang yang rendah diri:

  1. Mereka yang rendah diri tidak memiliki keterampilan sosial dan rasa percaya diri. Hal ini membuat mereka menghindari sosialisasi.
  2. Harga diri rendah sangat sensitif terhadap kritik dan tidak memiliki kemampuan untuk mengambil kritik konstruktif.
  3. Orang rendah diri cenderung sangat bermusuhan dan defensif setiap kali menghadapi situasi negatif.
  4. Seseorang yang rendah diri membuat dirinya sibuk dengan masalahnya sendiri.
  5. Orang rendah diri menunjukkan gejala fisik seperti sakit kepala, kelelahan, dan insomnia.
  6. Cenderung memendam sifat-sifat negatif tentang diri mereka sendiri seperti rasa tidak berharga, tidak dicintai, dan tidak kompeten.
  7. Tertarik pada hubungan yang buruk yang pasti akan gagal.
  8. Tidak suka akan perubahan dalam bentuk apa saja.
  9. Rentan terhadap pikiran negatif dan menjadi pesimis.
  10. Selalu cemas dan takut, merasa sensitif.
  11. Cenderung marah sangat cepat tentang hal-hal biasa.
  12. Memiliki kecenderungan mencoba untuk menyenangkan orang lain.
  13. Tidak bisa menerima pujian dan selalu mencoba untuk menemukan kesalahannya sendiri.
  14. Menderita gangguan makan seperti anoreksia.
  15. Memiliki citra tubuh yang buruk dari diri mereka sendiri.
  16. Takut untuk memikul tanggung jawab.

Tips mengatasi rendah diri

  1. Jauhilah situasi negatif bila memungkinkan.
  2. Catat hal-hal positif yang terjadi di sekitar anda.
  3. Berolahraga tidak hanya membantu dalam menjaga tubuh jadi sehat tetapi juga membantu dalam melepaskan racun negatif dari dalam tubuh dan dengan demikian menyebabkan kesehatan mental menjadi lebih baik.
  4. Mengikuti kegiatan positif akan membantu anda untuk dapat sukses sehingga mendapatkan rasa percaya diri.
  5. Mengikuti gaya hidup sehat yang meliputi istirahat yang cukup dan diet seimbang.
  6. Selalu dianjurkan untuk mencari bantuan pakar ketika muncuk hal-hal yang di luar jangkauan.

Rendah diri dapat memiliki dampak buruk pada kehidupan seseorang dalam wujud bermacam-macam. Setelah kita mengetahui sumber dari masalah tersebut, ada kemungkinan untuk dapat mengambil langkah-langkah demi meningkatkan rasa percaya diri.

 
  Incoming Keywords: apa yang melatarbelakangi manusia rendah diri, ciri orang rendah diri dan faktor penyebab, pesimis dan rendah diri, ksrakteridtik anak rendah diri, faktor2 kurang keyakinan diri, Dampak bruk sikap rendah diri, ciri orang mempunyai percaya diri buruk, apa yg membuat kita jadi merendah, apa yang terjadi juka seseorang selalu merasa pesimis dan takut melangkah maju, Apa yang akan terjadi apabila seseorang kehilangan kepercayaan

,

Comments are closed.